Logo Lintasterkini

Ma’ruf Meminta Vaksinasi Covid-19 di Banten Ditingkatkan

Muh Syukri
Muh Syukri

Kamis, 15 Juli 2021 11:35

Wakil Presiden RI, K.H. Ma'ruf Amin.
Wakil Presiden RI, K.H. Ma'ruf Amin.

JAKARTA – Wakil Presiden Ma’ruf Amin angkat bicara mengenai vaksinasi. Ia menyebut vaksinasi virus corona (Covid-19) bagi tenaga kesehatan dan lansia masih rendah. Ma’ruf meminta vaksinasi Covid-19 di Banten ditingkatkan.

Hal itu ia katakan saat membuka Rapat Koordinasi terkait penanganan Covid-19 dengan Gubernur Banten dan seluruh Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Banten, Rabu (14/7/2021) dikutip cnnindonesia.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan per 14 Juli 2021, total penduduk Banten yang sudah vaksinasi tahap 1 sekitar 1,2 juta. Sementara tahap II sekitar 509 ribu orang.

Penduduk Banten berjumlah sekitar 11,9 juta jiwa. Ma’ruf menyebut butuh sekitar 8 juta orang yang divaksinasi dengan target 50 ribu orang per hari untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity).

“Dengan mempertimbangkan masih rendahnya cakupan, vaksinasi lansia juga masih jauh dari target sasaran. Ini juga perlu mendapat perhatian,” kata Ma’ruf dalam keterangan resminya.

Tak hanya itu, Ma’ruf juga menyoroti rendahnya penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak di Banten.

Di sisi lain, kata Ma’aruf, pelaksanaan testing, tracing, dan treatment juga masih tergolong rendah. Menurutunya, kondisi ini yang membuat kasus positif Covid-19 di Banten masih tinggi.

“Testing ini, kalau testing-nya itu sedikit, itu berarti yang bisa diketahui juga sedikit, ya. Ini karena itu juga menjadi perhatian. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan saya melihat bahwa di Banten juga masih agak rendah,” ujarnya.

“Saya kira di Banten juga masih cukup tinggi hingga mungkin memerlukan suatu penanganan yang lebih,” kata mantan ketua MUI itu.

Hingga kemarin, Rabu (14/7), total kasus positif Covid-19 di Banten mencapai 73.481 kasus. Dari jumlah itu, sebanyak 52.918 dinyatakan sembuh, 1.504 meninggal dunia, dan sisanya masih dalam perawatan dan isolasi mandiri. (*)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal26 Juli 2021 23:52
Dalam Sepekan, Satuan ResNarkoba Polres Pinrang Ungkap Empat Kasus
PINRANG – Dalam sepekan, Satuan ResNarkoba Polres Pinrang berhasil mengungkap 4 kasus penyalahgunaan narkoba di wilayahnya. Dari pengungkapan te...
News26 Juli 2021 23:36
Gempa Bumi Susulan Kembali Guncang Sulteng, BMKG: Tak Berpotensi Tsunami
TOJO UNA-UNA– Gempa bumi kembali mengguncang wilayah Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah (Sulteng) dengan berkekuatan magnitudo 6,5 pada h...
Hukum & Kriminal26 Juli 2021 20:40
Tak Terima Diputuskan, Dua Pemuda di Makassar Bakar Mobil Milik Mantan Pacarnya
MAKASSAR– Seorang pria berinisial MA (25) terpaksa harus meringkuk dibalik jeruji besi Mapolrestabes Makassar lantaran nekat membakar mobil mili...
News26 Juli 2021 20:18
PPKM Level 4 di Makassar: Kegiatan di Rumah Ibadah Tidak Dibolehkan
MAKASSAR — Aturan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kota Makassar sudah dikeluarkan. Rumah ibadah belum dibolehkan berk...