Logo Lintasterkini

Beda Posisi Tidur Bisa Beda Pula Jenis Bantalnya

Muh Syukri
Muh Syukri

Sabtu, 15 September 2012 13:51

ilustrasi
ilustrasi

ilustrasi

JAKARTA – Saat tidur tidak hanya kasur yang memegang peranan penting, tapi juga bantal. Ternyata jenis bantal yang baik digunakan ini tergantung dari posisi tidur yang dimiliki seseorang.

Jenis dan posisi bantal yang tidak tepat atau tidak bisa memberikan dukungan yang baik dapat menyebabkan seseorang bangun pagi dengan kondisi leher atau badan yang sakit-sakit.

Jeffrey Goldstein, MD seorang profesor bedag ortopedi dan spesialis tulang belakang dari New York University Hospital for Joint Diseases melakukan studi dengan menguji sekitar 20 jenis bantal.

Bantal-bantal yang diuji ini ada yang berbulu, datar, bantal angin, bantal yang berisi air dan juga busa untuk menemukan dan mengetahui mana yang cocok untuk gaya tidur tertentu.

“Apakah seseorang tidur menyamping, tengkurap atau terlentang, tapi yang paling penting adalah memberikan dukungan pada leher dengan posisi yang paling alami,” ujar Dr Goldstein, seperti dikutip dari Health.com, Sabtu (15/9/2012).

Jika seseorang tidur terlentang maka ia butuh bantal yang datar, sedangkan jika tidur menyamping dan tengkurap maka perhatikan bantal yang bisa memberi dukungan yang baik untuk leher.

Pastikan seseorang memiliki bantal tidur yang nyaman untuk beristirahat, karena seseorang bisa menghabiskan sekitar sepertiga waktunya dalam satu hari dengan beristirahat di tempat tidur.

Jika pemilihan bantal tepat maka bisa membantu seseorang mendapatkan tidur yang nyaman sehingga membuatnya terlelap. Pada dasarnya bantal berfungsi menjaga leher agar tidak kaku dan sakit ketika tidur.(dth)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal16 Mei 2022 19:19
13 Kawanan Geng Motor di Makassar Dibekuk, Bawa Panah dan Parang
Sebanyak 13 orang yang diduga anggota geng motor di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang diduga hendak melakukan tawuran diciduk aparat Polda Suls...
Hukum & Kriminal16 Mei 2022 18:40
Kasat Narkoba Sebut Arfandi Bandar, Kapolrestabes Makassar Bilang Bukan
MAKASSAR – Hanya berselang beberapa jam aparat Polrestabes Makassar kembali mengklarifikasi terkait pria bernama Muh Arfandi Ardiansyah (18) yan...
Peristiwa16 Mei 2022 18:13
Korban Lakalantas Ditemukan Meninggal di Dalam Got di Ma’rang, Pangkep
PANGKEP– Nasib malamg menimpa Amir, warga asal Desa Tabo-Tabo, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep. Ia ditemukan terbujur kaku dalam got pinggir ja...
News16 Mei 2022 07:49
40 Tahun Wafatnya Hadji Kalla dan Hj. Athirah, Masyarakat Mengenang Berbagai Keteladanan Beliau
Rangkaian acara haul ini diantaranya terdiri dari, khataman Quran, pembacaan Ayat Suci AlQuran, pembacaan surat yasin & tahlil, sambutan keluarga oleh...