Logo Lintasterkini

SMP Islam Athirah 1 Makassar Gelar Islamic Leadership Camp Selama Dua Hari

Muh Syukri
Muh Syukri

Selasa, 15 November 2022 06:29

SMP Islam Athirah 1 Makassar Gelar Islamic Leadership Camp Selama Dua Hari
SMP Islam Athirah 1 Makassar Gelar Islamic Leadership Camp Selama Dua Hari

MAKASSAR – Siswa SMP Islam Athirah 1 Makassar mengikuti Islamic Leadership Camp Level 1 selama dua hari. Kegiatan berlangsung Jumat hingga Sabtu 12 November 2022 di Sekolah Islam Athirah Jalan Kajaolalido.

Pelatihan ini diikuti siswa sebanyak 127 siswa yakni 84 peserta kelas 7 dan 43 peserta kelas 8. Kegiatan ILC ini mengangkat tema “Born to be islamic leader”.

Agenda kegiatan selama dua hari menurut Rini Budiarti ada beberapa hal. Pada hari pertama peserta ILC disuguhi materi Public Speaking, Self Potential, Islamic Leadership, dan Dinamika Kelompok. Dan pada hari kedua dilaksanakan Outbond dan post test sebelum penutupan.

Menurut Wakil Kepala Sekolah bagian Kesiswaan Musawwir Mus,Lc., menyampaikan bahwa Islamic Ledership Camp-Level 1 ini merupakan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan skill siswa dalam memimpin. Di samping itu, ILC juga diharapkan menjadi wadah bagi siswa untuk mengasah kemampuan organisasi serta internalisasi nilai-nilai islam di dalamnya.

Pada hari pertama panitia menghadirkan pemateri Hilman Wirawan dengan membawakan materi”Self Potential”. Hilman panggilan akrabnya adalah praktisi muda di bidang industri dan organisai yang mempunyai beberapa wejangan positif dan keyakinan untuk dirinya. Salah satunya adalah bahwa menjadi baik dan penyampai kebaikan jauh lebih penting dari menjadi sukses.

Pada kesempatan ini pula Hilman mengupas materi tentang “Self Potential”. Menurut Hilman, Allah memberikan kita modal tetapi tidak semua mengetahui, memahami, dan mau menggunakan modal tersebut. Banyak yang justru merusak modal tersebut, lalu berkata bahwa dia tidak punya apa-apa untuk diandalkan.

Lebih lanjut Hilman menjelaskan bahwa Allah SWT memberikan kelebihan yang berbeda kepada setiap Nabi dan Rasul sesuai dengan tantangan yang harus mereka hadapi. Dan meski mereka telah memiliki potensi, Allah mengasah potensi mereka dengan berbagai kesulitan hidup. Namun mereka tetap meminta petunjuk pada Allah dan tetap berusaha. Begitu pun pada kita sebagai manusia biasa Allah menitipkan fitrahnya. Dengan bakat yang kita bawa sejak lahir, namun manusia terkadang tidak mengetahui dan diasa sebagai modal dasar. Fitrah pada manusia adalah sesuatu yang dapat membantu keberhasilan jika digunakan dengan tepat. Karena dapat mendukung keberhasilan, tetapi tidak menjamin keberhasilan.

“Kalian akan memasuki masa depan yang tidak pasti tetapi kalian dapat memastikan tetap bergerak ke depan. Kenali dan gunakan potensimu dan usahakan membuat pilihan yang tepat, namun selalu berinovasi dalam perubahan yang tidak menentu. Gagal bisa saja dan itu berkali-kali, namun anggap itu hal biasa dalam belajar. Jangan berhenti sampai di situ, namun terus belajar dan berusaha untuk mencapai mimpi kita.” ujarnya

Menurut ketua panitia Hilma Yusuf, ILC adalah perwajahan baru dari LDK dengan lebih menitikberatkan pada pembinaan karakter dan kepemimpinan islami. Pelatihan berbasis problem solving ini untuk pertama kalinya tidak hanya diisi dengan beberapa materi di siang hari, namun juga ditambahkan diskusi malam dengan mengangkat masalah-masalah yang terjadi di lingkungan sekolah. Hal ini dilakukan untuk mencari solusi bersama seperti bagaimana meningkatkan rasa kepedulian yang mulai berkurang di kalangan siswa, memilih terlambat sholat atau bolos, pilih-pilih dalam berteman dan masalah yang lainnya.

“Untuk tata tertib tahun ini, panitia menerabkan peserta LDK tidak menggunakan handphone mulai hari jum’at pagi sampai penutupan di hari sabtu. Dan ini menjadi tantangan tersendiri sebab banyak siswa yang mati gaya jika tidak memegang handphone. Harapan kami juga ini bisa mengurangi gadget addict yang marak terjadi.” tuturnya

Hilma menuturkan bahwa kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan sikap kedisiplinan bagi seluruh siswa dan calon Pengurus OSIS/MPK SMP Islam Athirah 1 Makassar. Selanjutnya dapat mempertinggi budi pekerti yang baik bagi seluruh siswa, serta dapar mendididik dan mencetak siswa dan seluruh siswa serta pengurus OSIS/MPK SMP Islam Athirah menjadi pribadi disiplin dan berdedikasi yang tinggi. (*)

Penulis : Azho

 Komentar

 Terbaru

News30 November 2022 14:31
Wakapolda Sulbar dan Forkopimda Sulbar Hadiri Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2022
MAMUJU – Wakapolda Sulbar Brigjen R Umar Faroq menghadiri pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2022 bersama segenap Forkopimda Provinsi Sulawesi Bar...
News30 November 2022 14:08
Hati-hati, Pinjam ‘Bendera’ Perusahaan Ikut Tender Bisa Kena Pidana
MAKASSAR – Sebelumnya praktek pinjam ‘bendera’ untuk mengikuti proses tender proyek pemerintah pengadaan Barang dan Jasa milik pemer...
News30 November 2022 13:02
Tingkatkan Kemampuan Menembak, Polda Sulbar Gelar Latihan
MAMUJU – Melatih kemahiran dalam hal menembak, menjadi hal yang perlu dimiliki setiap anggota kepolisian. Terlebih lagi hal tersebut bertujuan g...
News30 November 2022 12:30
Masyarakat Butuh “Vaksinasi” agar Tak Terjebak Hoaks Pemilu 2024
JAKARTA — Menjelang Pemilu 2024, hoaks politik semakin meningkat. Temuan Mafindo sejak Januari hingga September 2022 (1.290 hoaks), hoaks politik pa...