Logo Lintasterkini

Dr. Andi Ernie Zaenab, SS, M.Si, Dosen yang Peduli Perempuan Miskin

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Minggu, 16 April 2017 23:26

Dr. Andi Ernie Zaenab, SS, M.Si, Dosen yang Peduli Perempuan Miskin.
Dr. Andi Ernie Zaenab, SS, M.Si, Dosen yang Peduli Perempuan Miskin.

LINTASTERKINI.COM – Andi Ernie Zaenab, kelahiran Parepare, 28 Desember 1969. Dia adalah lulusan S3 Unhas Administrasi Publik. Kini, aktif mengajar di Kampus Politeknik Maritim (Polimarim) Makassar yang sebelum ada perubahan kampus ini dikenal dengan nama AMI Veteran. Ernie adalah salah seorang Dosen Dipekerjakan Kopertis (DPK) sejak tahun 2000 di kampus itu.

Andi Ernie selain aktif di dunia kampus sebagai tenaga pendidik. Juga disela waktu luang dimanfaatkan untuk kegiatan sosial kemasyarakatan. Dia aktif di berbagai organisasi sosial yang umumnya untuk membina, sekaligus mendampingi masyarakat miskin agar mereka berdaya.

“Inilah salah satu yang menjadi impiannya sejak lama. Selain menjadi pendidik atau dosen juga bisa membantu masyarakat miskin khususnya bagi kaum perempuan lewat pendampingan,” ujar magister komunikasi PPs-Unhas ini.

Ada pandangan hidup atau karakter yang menarik dimiliki Andi Ernie. Menurut pandangannya, kalau kita tidak ingin rugi di dalam hidup ini, maka belajarlah berbagi kepada orang lain. Berbagi bisa berupa harta, bisa berupa ilmu, waktu luang dan lain sebagainya.

Inilah salah satu prinsip hidup yang dipegang, sehingga seluruh kegiatan sosial yang dilakukan itu dengan ikhlas dan tanpa pamrih. Seperti membina penjual ikan ‘Pa’dodo’, Desa Siddo, Kecamatan Soppengriaja, Kabupaten Barru. Ada sekitar 40 orang yang dibina di kelompok ini semuanya adalah perempuan.

Selain itu, dia juga mendampingi kelompok wanita kurang lebih 40 orang di Desa Bone, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa. Mereka ini didampingi untuk belajar keterampilan membuat kue. Dia melakukan semuanya tidak digaji, mengerjakan semua kegiatan sosial yang dilaksanakan. Dia hanya berharap apa yang dilakukan itu bisa bermanfaat untuk orang lain.

Dari kelompok penjual ikan yang dibina, sudah pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah melalui PMD Provinsi Sulsel tahun 2010. Bantuan tersebut berupa pembuatan abon ikan, pengemasan ikan kering dan lainnya.

Sekarang ini, dia juga sedang merintis kelompok bina desa di Desa Paccekke, Kecamatan Soppengriaja, Kabupaten Barru. Kegiatan bina desa ini, berupa sanitasi lingkungan, perlindungan konsumen, pembuatan MCK, pembuatan pagar seragam, renovasi rumah ibadah, penyuluhan, pembuatan kerajinan bambu dan pembuatan telur asin.

Dikatakan, kegiatan sosial yang dilakukan selama ini dimulai sejak masih aktif kuliah S1 di Unhas. Aktif di yayasan di lembaga konsumen Sulsel yang membidangi masalah perlindungan hak anak dan ibu.

Semua ini dilakukan karena panggilan hati, dan sudah terbentuk dalam lingkungan keluarga. Dan dia berpikir kalau kegiatan ini dilakukan dengan ikhlas maka akan bernilai ibadah.

Adapun aktifitas lainnya di organisasi sebagai pengurus Purnacaraka Muda Indonesia (PMI), pengurus Ikatan Masyarakat Parepare Periode 2016-2017 sebagai Wakil Ketua, anggota Perhimpunan Sastra Inggris Seluruh Indonesia, Ikatan Alumni Administrasi Publik serta anggota APTISI Kopertis IX-A Sulawesi. (*)

 Komentar

 Terbaru

KPU Batasi Undangan Penetapan Wali Kota Makassar Terpilih
News22 Januari 2021 16:29
KPU Batasi Undangan Penetapan Wali Kota Makassar Terpilih
Seluruh pasangan calon yang ikut berkontestasi ikut diundang. Termasuk Danny-Fatma....
Listyo Jabat Kapolri, IPW: Akan ada Mutasi Besar-besaran
Lintas Info22 Januari 2021 15:27
Listyo Jabat Kapolri, IPW: Akan ada Mutasi Besar-besaran
Tidak hanya itu, Neta juga meyakini bakal ada pergantian Kapolda di sejumlah daerah....
526 CPNS di Makassar Terima SK, Rudy Berpesan untuk jadi Edukator Penanganan Covid-19
Pemerintahan22 Januari 2021 15:01
526 CPNS di Makassar Terima SK, Rudy Berpesan untuk jadi Edukator Penanganan Covid-19
Ratusan CPNS itu diketahui menyingkirkan 18.026 pelamar CPNS di Pemkot Makassar....
Penyidik Polda Metro Jaya Hentikan Kasus Dugaan Pelanggaran Prokes Raffi Ahmad
Nasional22 Januari 2021 10:14
Penyidik Polda Metro Jaya Hentikan Kasus Dugaan Pelanggaran Prokes Raffi Ahmad
Acara itu dilakukan di hall basket yang luasnya sekitar 30x20 meter persegi. Memang sebenarnya tuan rumah ini setiap tahun melaksanakan acara kegiatan...