Logo Lintasterkini

Pelaku Hipnotis yang Kerap Beraksi di Sulbar Ditangkap di Makassar

Maulana Karim
Maulana Karim

Senin, 16 Agustus 2021 10:52

Pelaku Hipnotis Ditangkap Resmob Polda Sulsel di Makassar.
Pelaku Hipnotis Ditangkap Resmob Polda Sulsel di Makassar.

MAKASSAR– Pelarian Ian Ibrahim akhirnya terhenti ditangan polisi. Pria pengangguran ini akhirnya tak bisa berkutik saat diringkus jajaran Resmob Polda Sulsel bersama Resmob Polda Sulbar.

Pria berusia 40 tahun itu ditangkap polisi lantaran mampu melakukan tipu daya dengan cara menghipnotis warga di sekitarnya. Keahliannya itu pun dipakai dalam hal tindak pidana.

berdomisili Jalan Pangeran Diponegoro, Kabupaten Pinrang itu kerap beraksi di Sulawesi Barat (Sulbar) dengan menghipnotis seseorang dan mengambil sejumlah barang berharga milik korbannya.

“Jajaran Resmob Polda Sulsel bersama dengan Resmob Polda Sulbar mengamankan pelaku tipu gelap dengan modus hipnotis yang kerap beraksi di Sulbar,” ujar Kanit Resmob Polda Sulsel, AKP Dharma Praditya Negara, dalam keterangannya pada Minggu (15/8/2021).

Dharma mengatakan, bahwa pelaku (Ian) ditangkap saat sedang berada di Kota Makassar. Dia menjelaskan bahwa penangkapan ini berawal setelah Resmob Polda Sulsel mendapatkan informasi dari Polda Sulbar bahwa salah satu pelaku hipnotis yang telah menjadi target operasi mereka tengah berada di Kota Makassar.

“Usai kami menerima informasi, akhirnya anggota yang melakukan penyelidikan kemudian berhasil membekuk pelaku yang tengah berada di Jalan Abdul Kadir, Makassar,” kata Dharma dalam rilisnya.

Dari hasil interogasi, pelaku (Ian) mengskui perbuatannya, ia menjelaskan bahwa kejadian itu berawal saat korbannya yang baru pulang kerja meminta tumpangan mobil yang di dalamnya terdapat pelaku bersama dua rekannya.

Darisitu, peaku kemudian mengajak korban bercerita hingga, tanpa disadari, korban memberikan barang berharga miliknya.

“Di dalam mobil terdapat tiga orang laki-laki. Lalu dalam perjalanan, korban diajak cerita dan tanpa ia sadari, ternyata dirinya memberikan sejumlah barangnya ke pelaku,” kata Dharma menjelaskan.

Setibanya di tujuan, korbannya baru sadar. Ternyata dirinya baru saja dihipnotis oleh orang yang memberinya tumpangan tadi.

“Uang tunai Rp1,5 juta, empat buah cincin emas, dan kartu ATM milik korban diambil pelaku. Korban pun melapor dan kami selidiki,” terang perwira polisi tiga balok ini.

Selain membekuk pelaku, polisi turut menyita sejumlah barang bukti. Beberapa barang bukti seperti mobil yang diduga menjadi tempat pelaku menghipnotis korban. Kartu ATM yang diduga milik korban turut diamankan.

“Barang bukti yang diamankan itu satu buah HP milik pelaku, mobil, dompet, 1 buah STNK, dan enam ATM milik korban,” terang Dharma.

Hingga kini, pelaku Ian diserahkan ke Resmob Sulbar untuk mencari rekan pelaku dan barang bukti lainnya. Mereka dijerat Pasal 378 KUHP. Ancaman hukuman empat tahun penjara.

Penulis : Mul

 Komentar

 Terbaru

Nasional17 September 2021 16:57
Kompolnas Dorong Polri Terapkan Layanan Berbasis Online di Bidang Lalu Lintas
MAKASSAR– Demi memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan polisi Lalu Lintas secara online, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mendorong ...
News17 September 2021 16:38
Jelang HUT Lantas Ke-66 Tahun, Satuan Lantas Polrestabes Makassar Kunjungi Rumah Kumuh
MAKASSAR – Dalam rangka menyambut HUT Lantas yang ke 66 Tahun, Kasat Lantas Polrestabes Makassar, AKBP Andi Kumara mengandeng komunitas Vespa un...
Bersama Melawan Covid-1917 September 2021 11:43
Ratusan Pekerja THM di Makassar Divaksinasi, Berharap Segera Bekerja Kembali
Ketua AUHM, Zulkarnain Ali Naru menyampaikan vaksinasi kali ini dimaksudkan untuk menyasar lebih kurang 700 pekerja yang belum divaksin. Dosis vaksin...
News17 September 2021 09:42
Agung Sucipto Bersaksi Jika Nurdin Abdullah Tak Terlibat Dalam OTT
Terdakwa Agung Sucipto (AS) membeberkan sejumlah fakta persidangan. Ia bersaksi, jika Nurdin Abdullah (NA) sama sekali tidak terlibat dalam penyerahan...