Cegah Gagal Ginjal Sejak Dini, SD Islam Athirah Racing Centre Ajak Anak Bijak Konsumsi Manis

Cegah Gagal Ginjal Sejak Dini, SD Islam Athirah Racing Centre Ajak Anak Bijak Konsumsi Manis

MAKASSAR – SD Islam Athirah Racing Centre menyelenggarakan program edukasi yang bertemakan Bahaya Makanan dan Minuman Manis terhadap Kesehatan Ginjal, Jumat 16 Agustus 2024 di Mushollah SD Islam Athirah Racing Centre.

Kegiatan yang melibatkan seluruh siswa SD Islam Athirah Racing Centre, guru, dan karyawan ini bertujuan untuk memberikan edukasi terutama kepada siswa agar tidak berlebihan mengonsumsi makanan dan minuman manis.

Selain itu, siswa juga belajar tentang cara menjaga ginjal agar tetap sehat dengan memilih makanan dan minuman yang baik untuk tubuh.

Wakasek Kurikulum dan SDM SD Islam Athirah Racing Centre, Syahriyanti, S.Pd., M.Pd., mengungkapkan, beberapa tahun terakhir terdapat kasus gangguan kesehatan anak yang disebabkan oleh mengonsumsi makanan dan minuman yang kurang sehat. Sehingga, perlu perhatian khusus memahamkan para siswa.

“Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak anak-anak yang harus menjalani cuci darah karena kerusakan ginjal yang disebabkan oleh seringnya mengonsumsi makanan berlemak, minuman manis, dan makanan-makanan lain yang tidak sehat. Sehingga, kami mengundang siswa-siswi SD Islam Athirah Racing Centre untuk mengikuti sesi edukasi ini,” ungkapnya.

Diketahui bahwa sesi edukasi ini bekerjasama dengan orang tua siswa yaitu Ermawati, S.Farm., M.Si., Apt.orang tua dari Diffa Azkayra Taufiq siswi kelas I selaku pemateri pada sesi edukasi kali ini. Ia menyampaikan materi yang sangat menarik kepada para siswa setelah mendengarkan sambutan dari Wakasek Kurikulum dan SDM.

“Materinya sangat bagus dan menarik. Berisi gambar-gambar dan video edukasi yang lebih mudah untuk difahami oleh para siswa,” jelas Syahriyanti.

Setelah penyampaian materi, beberapa siswa juga diberikan kesempatan untuk bertanya.

Di samping itu, salah satu orang tua siswa kelas V merasa senang dengan adanya program edukasi ini.

“Programnya masih berlangsung yah. Sangat bagus ini. Supaya anak-anak juga faham dan bisa atur makanan yang perlu mereka konsumsi termasuk anak saya,” ucapnya saat mendapati program edukasi yang sementara berlangsung di sekolah.(***)