Logo Lintasterkini

Tarik 20 Penyidik, Aksi Balas Dendam Polri ke KPK

Muh Syukri
Muh Syukri

Minggu, 16 September 2012 14:42

Kantor KPK
Kantor KPK

Kantor KPK

JAKARTA – Rencana penarikan 20 penyidik Polri dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebenarnya telah muncul sehari setelah penggeledaan kantor Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri di Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur.
Namun demikian, rencana tersebut tidak berkembang. Demikian disampaikan Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane.

“Akhirnya, penarikan baru dilakukan setelah KPK bekerjasama dengan TNI untuk memakai Rutan Guntur,” ujar Neta kepada Okezone, Sabtu (15/9/2012).

Rupanya, lanjut Neta, gagasan penggunaan Rutan Guntur ini amat mencemaskan elit Polri. Mereka khawatir perwira tinggi (Pati) Polri yang ditangkap KPK akan ditempatkan di Rutan Guntur.

“Jadi bisa dikatakan penarikan 20 penyidik dari KPK adalah untuk melakukan aksi balasan dan sekaligus melumpuhkan KPK,” kata neta.

Dari kacamata Polri, menurut Neta, langkah penarikan itu sangat tepat karena pasti akan melumpuhkan KPK hingga akhirnya dugaan kasus korupsi di Polri tidak tersentuh.

“Tapi dari sisi kepentingan pemberantasan korupsi, penarikan ini menunjukkan arogansi Polri dan menunjukkan Polri tidak mendukung upaya pemberantasan korupsi, terutama korupsi di internal Polri. Belajar dari kasus ini, sudah saatnya KPK punya penyidik sendiri,” jelasnya. (okezone)

 Komentar

 Terbaru

News25 Mei 2024 22:36
SAR Gabungan Evakuasi Pendaki Hipotermia di Gunung Bawakaraeng
MAKASSAR – Satu dari empat orang yang tengah mendaki gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa telah dievakuasi pada Sabtu (25/5) oleh tim sar gabungan...
News25 Mei 2024 21:50
Personel Sat Lantas Polres Sidrap Beri Teguran ke Pengendara yang Tidak Tertib Berlalu Lintas dengan Humanis
SIDRAP – Personel Satuan Lalu Lintas Polres Sidrap memberikan teguran dengan cara humanis saat mendapati pengemudi mobil yang melanggar aturan l...
News25 Mei 2024 10:10
KJS Gelar Workshop dan Apresiasi Jurnalis
MAKASSAR – Komunitas Jurnalis Sulsel (KJS) kembali menggelar “Workshop dan Apresiasi Jurnalis” minggu 26 Mei 2024. Dalam kegiatan in...
News25 Mei 2024 08:15
Pj Gubernur Zudan Dukung Festival Anak Sholeh Indonesia di Bantaeng
MAKASSAR – Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) XII Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan tema Santri Hebat: Hebat Prestasi, Hebat Mengaji, dan Bera...