Logo Lintasterkini

Kadispen AU: Anggota Pukul Wartawan karena Labil

Muh Syukri
Muh Syukri

Selasa, 16 Oktober 2012 22:30

Anggota TNI AU mencekik wartawan
Anggota TNI AU mencekik wartawan

Anggota TNI AU mencekik wartawan

PEKANBARU – Sejumlah jurnalis yang melakukan peliputan jatuhnya Pesawat Hawk 200 di pemukiman warga di Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar mendapat tindak kekerasan dari oknum TNI Angkatan Udara. Terkait tindakan represif itu, TNI AU meminta maaf.

Melalui Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama TNI, Azman Yunus atas nama Mabes TNI AU meminta maaf terkait tindakan anggotanya yang melakukan kekerasan terhadap sejumlah jurnalis saat melakukan peliputan jatuhnya Pesawat Hawk 200.

“Saya atas nama Mabes TNI AU meminta maaf sebesar-besarnya terkait insiden tersebut,” kata Kadispenau saat dihubungi, Selasa 16 Oktober 2012.

Kekerasan itu, kata Azman, karena anggotanya hendak menyelamatkan pilot pesawat yang ditengarai masih berada di dalam pesawat. “Bukan ingin menghalang-halangi kerja jurnalis untuk melakukan peliputan,” ujarnya.

Akibat anggota yang hendak menyelamatkan pilot itu merasa dihalang-halangi, dia melanjutkan sehingga mereka mengamankan jurnalis tersebut. “Mereka juga merasa labil dengan adanya peristiwa tersebut, sehingga melakukan tindakan seperti itu (kekerasan). Kendati demikian, tindakannya tidak dibenarkan. Kami akan mengirim teguuran kepada yang bersangkutan,” kata Azman.

Di sisi lain, lanjut Azman, oknum TNI AU itu juga untuk mengamankan jurnalis dari bahaya yang bisa terjadi. Sebab, pesawat tempur taktis saat jatuh itu terdapat rudal.

“Ini membahayakan bagi jurnalis dan warga sekitar yang menonton jatuhnya pesawat tersebut. Jarak aman (radiusnya) mencapai 100 meter. Ini harus ‘clear’,” katanya.

Azman juga meminta kepada Komandan Lanud Rusmin Nurjadin, Pekanbaru untuk menemui rekan-rekan wartawan yang mendapatkan tindakan kekerasan oknum anggotanya.

“Kalau ada kamera yang diambil diminta untuk segera dikembalikan. Intinya kami meminta maaf terkait insiden ini,” tegasnya. (viva)

 Komentar

 Terbaru

Pendidikan20 April 2024 08:43
Semangat Kebersamaan, TK Islam Athirah Bukit Baruga Gelar Halal Bi Halal 
MAKASSAR – Semarak silaturahmi terasa di TK Islam Athirah Bukit Baruga hari Jumat 18/4 pasca libur lebaran dengan mengadakan kegiatan Halal Bi H...
Pendidikan19 April 2024 20:15
Program Beasiswa KALLA Dibuka Hingga 30 April 2024 untuk Mahasiswa Sulsel, Sulbar, Sulteng dan Sultra
MAKASSAR – Melihat presentasi putus kuliah di Indonesia Timur yang semakin tinggi, LAZ Hadji Kalla kembali menghadirkan program pemberian bantua...
News19 April 2024 18:10
Hati-hati! Akun Facebook Catut Nama Wali Kota Makassar Berkedok Donatur
MAKASSAR – Sebuah akun Facebook yang mencatut nama Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto, beredar di Facebook. Akun yang ...
News19 April 2024 17:33
Jumat Sehat, GMTD Gelar Senam Sehat Bersama di Green River View 
MAKASSAR – PT Gowa Makassar Tourism Development,Tbk (GMTD) mengajak warga bersama karyawan PT GMTD melakukan kegiatan senam bersama setelah lebi...