Logo Lintasterkini

MK Tolak Perkara Pilkada Lutim, Harapan Ibas-Rio Kandas

Budi S
Budi S

Rabu, 17 Februari 2021 14:47

istimewa
istimewa

MAKASSAR – Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan menolak menindaklanjuti perkara Pilkada Luwu Timur (Lutim) 2020, pada putusan sela Rabu (17/02/2021) secara virtual.

Banyak pertimbangan yang dibacakan Hakim MK untuk menyudahi perkara Pemilu tersebut.

Hasil dari putusan tersebut akan segera ditindaklanjuti oleh KPU untuk melaksanakan Rapat Pleno Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Lutim terpilih.

“Iya ditolak MK. Setahu saya, semua yang masuk daftar sidang pendahuluan oleh MK, kasusnya tidak lanjut alias Dismissal,” kata Komisioner KPU Sulsel, Uslimin kepada LINTASTERKINI usai MK membacakan putusan sela.

Dengan begitu, harapan dari calon Bupati dan Wakil Bupati Irwan Bachri Syam (Ibas)-Andi Muh Rio Patiwiri sebagai pihak pemohon (penggugat) harus kandas.

Dipastikan, pasangan Thorig Husler-Budiman yang akan ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih sebagai pemilik suara terbanyak pada Pilkada 2020 lalu.

Mereka memperoleh 86.175 suara (52,8 persen). Sedangkan Ibas-Rio hanya meraih 76.937 suara (47,2 persen).

Kendati demikian, Thorig Husler tidak dapat dilantik setelah ditetapkan sebagai bupati terpilih nanti. Sebab, Thorig Husler telah meninggal dunia pada Desember 2020 lalu.

Lalu siapa sosok pengganti Thorig Husler?

Uslimin lalu bilang, itu merupakan kewenangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dan tentu juga menjadi wewenang dari Parpol pengusung mengajukan usulan pergantian.

“Tapi apakah Pak Budiman langsung dilantik sebagai bupati atau dilantik sebagai wakil bupati dulu?, belakangan baru naik kelas sebagai bupati, bukan kewenangan KPU lagi. Itu otoritas dan sudah masuk ranah Kemendagri,” terang Uslimin.

 Komentar

 Terbaru

Peristiwa18 September 2021 08:57
Rumah Sekaligus Bengkel Terbakar di Paccerakkang, Kerugian Capai Rp 200 Juta
Satu unit rumah yang juga merupakan bengkel hangus terbakar di BTN Mangga Tiga, Kelurahan Paccerakkang, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Jumat (17/9/...
News17 September 2021 19:23
Ini Harapan Ketua PMI Makassar di HUT PMI Ke-76 Tahun
MAKASSAR – Memperingati hari palang merah Indonesia (PMI) ke-76, PMI Makassar mengikuti upacara bersama PMI pusat yang dilaksanakan secara virtu...
Nasional17 September 2021 16:57
Kompolnas Dorong Polri Terapkan Layanan Berbasis Online di Bidang Lalu Lintas
MAKASSAR– Demi memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan polisi Lalu Lintas secara online, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mendorong ...
News17 September 2021 16:38
Jelang HUT Lantas Ke-66 Tahun, Satuan Lantas Polrestabes Makassar Kunjungi Rumah Kumuh
MAKASSAR – Dalam rangka menyambut HUT Lantas yang ke 66 Tahun, Kasat Lantas Polrestabes Makassar, AKBP Andi Kumara mengandeng komunitas Vespa un...