Logo Lintasterkini

MK Tolak Perkara Pilkada Lutim, Harapan Ibas-Rio Kandas

Budi S
Budi S

Rabu, 17 Februari 2021 14:47

istimewa
istimewa

MAKASSAR – Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan menolak menindaklanjuti perkara Pilkada Luwu Timur (Lutim) 2020, pada putusan sela Rabu (17/02/2021) secara virtual.

Banyak pertimbangan yang dibacakan Hakim MK untuk menyudahi perkara Pemilu tersebut.

Hasil dari putusan tersebut akan segera ditindaklanjuti oleh KPU untuk melaksanakan Rapat Pleno Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Lutim terpilih.

“Iya ditolak MK. Setahu saya, semua yang masuk daftar sidang pendahuluan oleh MK, kasusnya tidak lanjut alias Dismissal,” kata Komisioner KPU Sulsel, Uslimin kepada LINTASTERKINI usai MK membacakan putusan sela.

Dengan begitu, harapan dari calon Bupati dan Wakil Bupati Irwan Bachri Syam (Ibas)-Andi Muh Rio Patiwiri sebagai pihak pemohon (penggugat) harus kandas.

Dipastikan, pasangan Thorig Husler-Budiman yang akan ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih sebagai pemilik suara terbanyak pada Pilkada 2020 lalu.

Mereka memperoleh 86.175 suara (52,8 persen). Sedangkan Ibas-Rio hanya meraih 76.937 suara (47,2 persen).

Kendati demikian, Thorig Husler tidak dapat dilantik setelah ditetapkan sebagai bupati terpilih nanti. Sebab, Thorig Husler telah meninggal dunia pada Desember 2020 lalu.

Lalu siapa sosok pengganti Thorig Husler?

Uslimin lalu bilang, itu merupakan kewenangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dan tentu juga menjadi wewenang dari Parpol pengusung mengajukan usulan pergantian.

“Tapi apakah Pak Budiman langsung dilantik sebagai bupati atau dilantik sebagai wakil bupati dulu?, belakangan baru naik kelas sebagai bupati, bukan kewenangan KPU lagi. Itu otoritas dan sudah masuk ranah Kemendagri,” terang Uslimin.

 Komentar

 Terbaru

Danny Pomanto Minta Masyarakat Doakan yang Terbaik untuk Nurdin Abdullah
News01 Maret 2021 23:09
Danny Pomanto Minta Masyarakat Doakan yang Terbaik untuk Nurdin Abdullah
Dia bahkan berharap, agar tidak ada lagi sikap saling menghujat, mengejek atau merundung mantan Bupati Bantaeng dua periode itu....
Kuasai Sabu 4,01 Gram, Warga Barombong Dibekuk Polisi
Hukum & Kriminal01 Maret 2021 21:55
Kuasai Sabu 4,01 Gram, Warga Barombong Dibekuk Polisi
Pria berusia 47 tahun itu ditangkap menyusul banyaknya laporan masyarakat. Kerap terjadi transaksi narkoba di lingkungan tempat mereka tinggal....
Mobil Pick Up Bermuatan Telur Terbalik di Barru
Peristiwa01 Maret 2021 21:26
Mobil Pick Up Bermuatan Telur Terbalik di Barru
Beruntung tidak ada korban jiwa pada peristiwa ini. Namun kerugian material ditaksir berjumlah hingga Rp50 juta....
Fatmawati ke Pimpinan OPD: Tak Komitmen Siap Diganti
Pemerintahan01 Maret 2021 20:27
Fatmawati ke Pimpinan OPD: Tak Komitmen Siap Diganti
Sebab, di awal pemerintahannya bersama Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan "Danny" Pomanto, akan memaksimalkan pelayanan publik....