Logo Lintasterkini

NA Serahkan 10 SK Plh Bupati, Terkecuali Makassar dan Toraja Utara

Budi S
Budi S

Rabu, 17 Februari 2021 14:04

Gubernur Sulsel bersama Plh Bupati
Gubernur Sulsel bersama Plh Bupati

MAKASSAR – Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah (NA) menerbitkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan Pelaksana Harian (Plh) Bupati, menindaklanjuti surat edaran yang diterbitkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) belum lama ini.

SK itu ditujukan kepada 10 kabupaten penyelenggara Pilkada 2020. Dan telah diserahkan langsung Nurdin Abdullah di kantornya, Rabu (17/02/2021).

Dalam arahannya, Nurdin Abdullah berpesan kepada para Plh Bupati agar bisa bekerja dengan baik hingga menyiapkan proses pelantikan bupati definitif nantinya.

“Meski cukup singkat, tapi kami berharap bapak ibu sebagai pelaksana tugas harian bupati ini bekerja dengan baik, untuk menyiapkan pelantikan bupati defenitif,” pesan dia dalam keterangannya yang diterima LINTASTERKINI.

Berdasarkan surat edaran Kemendagri, yang diangkat menjadi Plh Bupati yakni Sekretaris Daerah (Sekda). Masing-masing Sekda Barru, Luwu Timur, Luwu Utara, Tana Toraja, Maros, Pangkep, Gowa, Soppeng, Bulukumba dan Kepulauan Selayar.

Untuk Makassar dan Toraja Utara?

Belum ada penjelasan resmi dari Gubernur Sulsel belum menunjuk Plh Wali Kota Makassar dan Plh Bupati Toraja Utara. Meski kedua daerah itu juga menyelenggarakan Pilkada 2020.

Namun sebelumnya Nurdin Abdullah memang pernah menyampaikan, jika jabatan Plt Wali Kota Makassar berakhir pada Juni mendatang. Toraja Utara?

Di lain sisi, Kemendagri juga telah mengeluarkan surat edaran terkait pelantikan kepala daerah terpilih melalui Dirjen Otda. Memerintahkan kepada Gubernur Sulsel untuk segera melantik seluruh kepala daerah terpilih di Sulsel pada akhir Februari mendatang.

Terkecuali Luwu Timur dan Barru.Karena putusan perkara Pilkadanya baru diputuskan oleh MK pada Rabu hari ini (17/02/2021).

Sementara Kemendagri dalam suratnya tegas menyebut, hanya memperbolehkan Gubernur melantik kepala daerah yang hasil perkara Pilkadanya telah diputuskan di tanggal 15 dan 16 Februari ini. (*)

 Komentar

 Terbaru

Presiden Jokowi Ingin Vaksinasi Terhadap Jurnalis Dilaksanakan di Seluruh Daerah
Bersama Melawan Covid-1925 Februari 2021 23:25
Presiden Jokowi Ingin Vaksinasi Terhadap Jurnalis Dilaksanakan di Seluruh Daerah
Dia menilai, wartawan sangat rentan terpapar covid-19 kerena memiliki mobilitas dan interaksi yang cukup tinggi....
Danny-Fatma Kumpul Bersama 300 Komunitas Jelang Pelantikan
News25 Februari 2021 22:31
Danny-Fatma Kumpul Bersama 300 Komunitas Jelang Pelantikan
Melalui Meeting Zoom, Danny-Fatma menyapa ratusan pendukungnya. Keduanya berpesan agar mereka tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) jelang pelant...
Ini Klarifikasi Pemprov Soal Insiden Pengusiran Wartawan di Rujab Gubernur Sulsel
News25 Februari 2021 21:13
Ini Klarifikasi Pemprov Soal Insiden Pengusiran Wartawan di Rujab Gubernur Sulsel
Gubernur Sulsel melalui juru bicaranya, Veronica Moniaga memberi klarifikasi sekaligus permohonan maaf atas insiden tersebut....
Buron Setahun, Pria ini Ditangkap Tipu Tukang Bengkel “Gelapkan Motor”
Hukum & Kriminal25 Februari 2021 20:40
Buron Setahun, Pria ini Ditangkap Tipu Tukang Bengkel “Gelapkan Motor”
Dia ditangkap di Jalan Diponegoro, Kecamatan Watang Sawitto, Pinrang, Kamis siang (25/02/2021)....