Logo Lintasterkini

Pemkot Makassar Target Kapal Isolasi Apung Beroperasi Pekan Depan

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Sabtu, 17 Juli 2021 14:22

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dan wakilnya, Fatmawati Rusdi meninjau lokasi berlabuh kapal isolasi apung, di Pelabuhan Makassar, Selasa (13/7/2021).
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dan wakilnya, Fatmawati Rusdi meninjau lokasi berlabuh kapal isolasi apung, di Pelabuhan Makassar, Selasa (13/7/2021).

MAKASSAR — Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menyatakan Kapal Pelni KM Umsini ditargetkan beroperasi sebagai tempat isolasi apung mulai pekan depan.

Danny—sapaan Moh Ramdhan Pomanto— mengatakan pihaknya saat ini sedang mengerjakan recover capsul sebanyak 900 unit, sebagai tempat istirahat pasien isolasi.

“Yah sudah mulai, kan saya minta satu minggu. Tapi saya berharap lima harilah bisa diproduksi,” ujar Danny, Sabtu (17/7/2021).

“Ini designnya adalah hasil rapat tadi malam, itu insyaallah lima hari ini sudah selesai semuanya, dan kita langsung jalan,” lanjutnya.

Ia juga telah membagi tugas tiap organisasi perangkat daerah (OPD) di dalam kapal isolasi apung teraebut, yang dibahas bersama pihak otoritas pelabuhan.

“Termasuk tadi malam kita bahas bagi tugasnya, jadi BPBD yang urus semua barang non-manusia ke kapal, yang mengurus manusia, itu Damkar itu kita sudah bahas. Termasuk siapa yang urus konten kreasinya di dalam,” katanya.

Danny juga melibatkan konten kreator untuk yang bertujuan membuat kreasi agar pasien di dalam kapal bisa tetap nyaman.

“Kreasinya lagi disiapkan oleh teman-teman konten kreator makassar. Apa isinya, itu motivator, besok saya ketemu teman teman dari alumni unhas, sudah lebih 20 orang yang mau jadi motiviator,” jelasnya.

Jadi nantinya kata Danny, isolasi apung ini akan memiliki tiga kegiatan utama. Pertama, isolasi kesehatan, kedua training center, dan terakhir rekreasi.

“Pertama itu isolasi kesehatan, jadi orang yang OTG, atau bergejala ringan, keluarnya harus sehat,” katanya.

Kedua terkait training center, yaitu pasien akan dibekali ilmu tentang Covid-19 dan bagaiaman cara sembuh.

“Ini sifatnya motivasi, hasilnya adalah fighter influencer. Dia jadi pahlawan covid dan menginfluence masyarakat. Ketiga rekreasi, ada mancingnya, ada olahraganya seperti senam, dan yoga,” terangnya.

Terkait Standar Opersional Prosedur (SOP)nya, Danny masih akan membicarakan hal tersebut dengan para ahli kesehatan

“Inilah yang saya kira menarik sekali, nanti saya bersama ahli kesehatan, bakal membahas SOPnya. Jadi semua orang terlibat,” tutupnya.(*)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal26 Juli 2021 23:52
Dalam Sepekan, Satuan ResNarkoba Polres Pinrang Ungkap Empat Kasus
PINRANG – Dalam sepekan, Satuan ResNarkoba Polres Pinrang berhasil mengungkap 4 kasus penyalahgunaan narkoba di wilayahnya. Dari pengungkapan te...
News26 Juli 2021 23:36
Gempa Bumi Susulan Kembali Guncang Sulteng, BMKG: Tak Berpotensi Tsunami
TOJO UNA-UNA– Gempa bumi kembali mengguncang wilayah Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah (Sulteng) dengan berkekuatan magnitudo 6,5 pada h...
Hukum & Kriminal26 Juli 2021 20:40
Tak Terima Diputuskan, Dua Pemuda di Makassar Bakar Mobil Milik Mantan Pacarnya
MAKASSAR– Seorang pria berinisial MA (25) terpaksa harus meringkuk dibalik jeruji besi Mapolrestabes Makassar lantaran nekat membakar mobil mili...
News26 Juli 2021 20:18
PPKM Level 4 di Makassar: Kegiatan di Rumah Ibadah Tidak Dibolehkan
MAKASSAR — Aturan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kota Makassar sudah dikeluarkan. Rumah ibadah belum dibolehkan berk...