Logo Lintasterkini

Dampak Perubahan Teknologi, Warga Kota Dominan Pilih Ojek Online

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Jumat, 17 November 2017 04:08

Nur Hikmah (Mahasiswi Komunikasi UMI Makassar).
Nur Hikmah (Mahasiswi Komunikasi UMI Makassar).

MAKASSAR – Ojek merupakan salah satu sarana transportasi konvesional yang dengan mudah ditemukan di Kota Metropolitan Makassar. Kehadiran ojek ini turut membantu masyarakat yang hendak bepergian di suatu tempat dengan mudah dan cepat, meskipun di tengah-tengah kemacetan arus lalul intas yang cukup parah di Makassar.

Walau demikian tak jarang juga terjadi keluhan dari pengguna transportasi ojek ini, yang sering kali terjadi kesalahpahaman terkait tarif yang tidak jelas dan kadang tidak bisa diterima dengan akal. Akibatnya, penumpang dan pengojek seringkali salah paham soal tarif yang memberatkan itu.

Perubahan teknologi dalam transportasi kemudian membawa dampak luar biasa pada sarana angkutan umum sejenis ojek dengan berlakunya ojek menggunakan system online yang popluer disebut Go-jek atau Grab bike dan sejenisnya. Kehadiran sarana angkutan berbasis online ini serta-merta membawa lompatan percepatan dalam penggunaan angkutan ojek di Makassar.

Dari segi tarif terjangkau dan penuh dengan kepastian. Sebelum diantar ke tujuan sudah jelas berapa tarif yang harus dibayar. Dua tahun belakangan ini Go-jek dan Grab bike cukup dikenal oleh masyarakat, terkhusus warga Kota Makassar.

Kehadiran ojek modern yang bisa diakses mudah lewat aplikasi ponsel ini membuat masalah baru. Ojek konvensional yang biasanya berkumpul menunggu calon penumpang di pangkalan-[angkalan memprotes keberadaan ojek sistem online tersebut.

Mereka menganggap ojek “baru gede” itu menjadi kompetitor mereka menjaring penumpang diam-diam, atau bahkan dituduh mencuri penumpang. Walau tidak semua masyarakat mudah mengakses Go-jek, tetapi kehadirannya mengakibatkan tetap dituding menjadi salah satu penyebab utama sehingga ojek konvensional semakin tersingkir dan ditinggalkan penumpang.

Pilihan konsumen ke Go-jek online karena memiliki kecepatan, tepat waktu dan kepastian harga. Di era digital masyarakat lebih memilih Go-jek online sebab sudah bisa mengetahui kisaran harga ketika ingin bepergian ke suatu tempat yang dituju.

Sisi lain Go-jek online juga memberikan pelayanan yang baik terhadap setiap penumpang. Selain itu Go-jek selalu memberikan potongan harga terhadap penumpang.

Persoalannya, kehadiran Go-jek online mengakibatkan ojek konvensional merasa mata pencariannya berkurang akibat bermunculannya Go-jek online. Pengaruh lainnya sering terjadi perselisihan antara pengendara ojek dan driver Go-jek.

Penolakan dan penentangan kehadiran Go-jek di Makassar sudah sering terjadi. Beberapa waktu lalu, terjadi aksi demonstrasi besar-besaran para pengendara ojek konvensional menolak kehadiran Go-jek dan sejenisnya. Bahkan tak jarang terjadi aksi sweeping jalanan terhadap ojek online ini yang kadang mengarah pada tindakan-tindakan anarkis.

Melarang dan menghapus operasional Go-jek di Makassar, bahkan juga di daerah lainnya di Indonesia ini merupakan persoalan yang sulit dilakukan. Pasalnya, Go-jek atau Grab-bike ini merupakan pekerjaan baru guna mendapatkan rejeki dalam mempertahankan kehidupan.

Kedua profesi tersebut, baik ojek konvensional dan Go-jek sama-sama mencari hidup dengan alat yang sama, namun dengan aplikasi sistem yang berbeda. Satunya masih menggunakan cara-cara tradisional, sedang lainnya sudah memanfaatkan teknologi IT.

Ojek dengan pola konvensional, klasik dan monoton, sementara Go-jek sangat tinggi mobilitas dengan tarif relatif mudah dan sangat cepat, karena menggunakan sistem aplikasi. Realitas sosial kekinian, faktor inovasi dan perubahan menjadi hal yang sangat menentukan dalam konflik antara ojek konvensional dan Go-jek.

Sepanjang ojek konvensional tidak mampu berubah dan meneriman inovasi, maka perlahan tentu akan dilibas oleh perubahan itu. Digitalisasi proses kehidupan, memaksa ojek harus melakukan adaptasi dan penyesuaian alat transportasi yang digunakan mencari penghidupan. Aplikasi digital sudah menjadi keharusan.

Kecepatan informasi di masa kini, beriringan pula dengan proses percepatan perubahan sosial dan kehidupan. Pemenuhan kebutuhan primer dan sekunder yang semuanya serba digital, sehingga boleh dikata pemenuhan kebutuhan itu dilakukan serba digital termasuk sarana ojek dengan sistem aplikasi seperti Go-jek, Grab bike dan semacamnya. (*)

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis18 April 2024 17:56
Yuk Ikuti Fun Run PHRI Sulsel Berhadiah Umroh, Biaya Pendaftaran Rp175 Ribu
MAKASSAR – Perhimpunan Hotel Dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulsel menggelar Fun Run sepanjang 5,5 kilo meter 2024. Fun Run 2024 PHRI ini berlang...
News18 April 2024 17:28
Astra Motor Sulsel Ajak Masyarakat Pahami Fungsi Marka Jalan Agar #Cari_Aman Selama Berkendara
MAKASSAR – Marka jalan yang merupakan rambu-rambu lalu lintas berupa garis melintang, membujur, dan menyerong, memiliki peran penting di jalur l...
Ekonomi & Bisnis18 April 2024 11:29
Kalla Toyota Luncurkan Emergency Support di Aplikasi Kallafriends, Dapat Diakses Dimana Saja
MAKASSAR – Untuk memberi kemudahan kepada pelanggan dalam kondisi darurat, Kalla Toyota luncurkan emergency support di aplikasi Kallafriends. Me...
Pendidikan18 April 2024 10:50
Ide Gagasan paling Rasional, Ivan Kalalembang Didukung Sejumlah Angkatan 
MAKASSAR – Calon Ketua IKA SMA Negeri 8 Makassar (Smandel) Ivan Kalalembang telah mendapatkan dukungan sejumlah angkatan. Dengan demikian dipast...