Logo Lintasterkini

Jokowi Berpesan Agar Kualitas UMKM di Sulsel Ditingkatkan

Budi S
Budi S

Senin, 18 Januari 2021 18:55

Istimewa
Istimewa

MAKASSAR – Di kantor Gubernur Sulsel, Makassar, kerjasama kemitraan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), berlangsung secara virtual.

Pada kesempatan ini, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) turut memberi sambutan. Dia berharap ada peningkatan kualitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Itu disaksikan langsung Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Sulsel, Jayadi Nas, Senin (18/01/2021).

Dalam keterangan resminya, Jokowi menegaskan, jika kerjasama kemitraan itu harus bisa memberi kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan dan inklusif, khususnya di Sulsel.

Dengan begitu, UMKM diharap tumbuh kompetitif. Dan terus belajar agar memperbaiki manajemen dan meningkatkan kualitas produk sesuai keinginan pasar.

“Kemitraan UMKM dengan usaha besar ini sangat penting agar UMKM bisa masuk dalam rantai produksi global, meningkatkan peluang UMKM untuk naik kelas. Dan meningkatkan kualitas usaha UMKM menjadi lebih kompetitif,” jelas Jokowi.

Orang nomor satu di Indonesia ini pun ingin memastikan jika kerjasama itu dapat berlangsung secara berkelanjutan.

“(Kerjasama) tidak hanya sekali, tapi terus-menerus. Kemudian terus meningkat nilainya serta meningkat pula luas cakupannya. Sehingga secara signifikan meningkatkan kelas dan daya saing UMKM kita di pasar global,” harap Jokowi.

Dia juga mengingatkan kepada perusahaan besar untuk melibatkan pelaku UMKM dalam setiap kegiatan. Tidak mementingkan diri sendiri.

Juga kepada pemerintah daerah, terus berupaya dalam membangun ekosistem yang kondusif. Sehingga kolaborasi usaha besar dan UMKM menguntungkan kedua belah pihak.

“Saya menghargai upaya BKPM yang berupaya keras melakukan percepatan proses investasi. Mulai dari mempermudah perizinan dan memfasilitasi investor sebaik mungkin agar investasi dari dalam dan luar negeri bisa tumbuh pesat, membuka lapangan kerja, hingga berkontribusi besar untuk meningkatkan kelas UMKM Indonesia,” ujar Jokowi.

Sementara itu, Kepala BPM-PTSP Sulsel, Jayadi Nas bilang, Presiden memang berpesan kepada pemerintah daerah untuk dapat meyakinkan para pengusaha melalui layanan perizinan yang cepat. Dan memfasilitasi investor.

“Itu hal mendasar yang disampaikan oleh Bapak Presiden kepada kita kerjasama ini. Dan itu apa yang dilakukan sebenarnya bukan hal baru. Kami di Sulsel sudah melakukan kerjasama dengan para pengusaha besar mendatangkan para pengusaha, para investor apa yang menjadi kebijakan Pak Gubernur,” jelasnya.

Untuk diketahui, program kemitraan ini merupakan tindak lanjut BKPM terhadap sejumlah arahan Presiden Joko Widodo. Yang menginginkan adanya kolaborasi atau keterlibatan UMKM dengan usaha-usaha besar demi peningkatan kualitas UMKM dan pemerataan ekonomi.

Dalam acara penandatanganan yang berlangsung di Ruang Nusantara, Gedung Suhartoyo Kantor BKPM, ada sebanyak 56 perusahaan besar ikut serta. Baik perusahaan luar mau pun dalam negeri.

Perusahaan itu menandatangani komitmen kemitraan dengan 196 UMKM lokal yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan potensi nilai kontrak sebesar Rp1,5 triliun.

 Komentar

 Terbaru

KPK Tetapkan Gubernur Sulsel Tersangka Kasus Suap
Hukum & Kriminal28 Februari 2021 02:39
KPK Tetapkan Gubernur Sulsel Tersangka Kasus Suap
Firli lalu bilang, KPK akan mengusut kasus dugaan korupsi lainnya atas informasi yang diterima dari masyarakat....
Kontraktor yang Terjaring OTT Disebut Dekat dengan Nurdin Abdullah
News28 Februari 2021 01:18
Kontraktor yang Terjaring OTT Disebut Dekat dengan Nurdin Abdullah
Hal itu diungkap Kadir Halid, yang saat itu menjadi Ketua Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket 2019....
Belum Ada Kabar Kepulangan Nurdin Abdullah, ini Kata Jubirnya
Hukum & Kriminal27 Februari 2021 23:52
Belum Ada Kabar Kepulangan Nurdin Abdullah, ini Kata Jubirnya
Nurdin Abdullah hingga saat ini masih dalam pemeriksaan bersama Edy dan empat orang lainnya....
Beli HP Curian, Pria di Makassar Ikut Diringkus
Hukum & Kriminal27 Februari 2021 23:29
Beli HP Curian, Pria di Makassar Ikut Diringkus
HD (Penadah) dijerat dengan pasal 480 KUHPidana tentang penadahan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara....