Logo Lintasterkini

Disnakertrans Sulsel Gelar FGD Penerapan Norma 100 di Perusahaan

Fakra
Fakra

Sabtu, 18 Mei 2024 13:06

Disnakertrans Sulsel Gelar FGD Penerapan Norma 100 di Perusahaan

MAKASSAR – Dalam upaya memperluas layanan ketenagakerjaan bagi perusahaan dan meningkatkan perlindungan ketenagakerjaan bagi pekerja/buruh, Kementerian Ketenagakerjaan telah meluncurkan Fitur Norma 100 pada 27 Juni 2023.

Fitur ini merupakan sarana pemeriksaan norma ketenagakerjaan secara mandiri (Self Assessment) oleh perusahaan terhadap kepatuhan mereka terhadap norma ketenagakerjaan.

Kegiatan ini adalah bagian dari upaya bersama Pemerintah Pusat melalui Kementerian Ketenagakerjaan RI dan Pemerintah Provinsi melalui Disnakertrans Sulsel dalam mensosialisasikan dan memfinalisasikan Uji Norma 100. Inovasi layanan pengawasan ketenagakerjaan ini diharapkan dapat segera diaplikasikan secara penuh, utuh, dan berkelanjutan pada tahun 2024.

Norma 100 dirancang untuk memberikan layanan pengawasan ketenagakerjaan yang mudah, murah, dan menjangkau lebih banyak perusahaan melalui inovasi digital berbasis formulir elektronik (e-form) dan metode penilaian secara mandiri (self-assessment) dalam pembinaan dan pemeriksaan norma ketenagakerjaan.

Kepala Dinas Nakertrans Provinsi Sulsel, Ardiles Saggaf, menyatakan bahwa hingga saat ini, jumlah perusahaan yang terdaftar melalui data Wajib Lapor Ketenagakerjaan online di Sulsel mencapai 40.429 perusahaan. Rinciannya adalah usaha mikro sebanyak 37.292 perusahaan, usaha kecil 1.507 perusahaan, usaha menengah 1.204 perusahaan, dan usaha besar 426 perusahaan. Jumlah tenaga kerja di perusahaan-perusahaan tersebut mencapai 199.926 orang, terdiri dari 147.900 tenaga kerja laki-laki dan 52.026 tenaga kerja perempuan.

Dengan jumlah perusahaan yang ada, Disnakertrans Sulsel menghadapi keterbatasan dalam menjangkau semua perusahaan tersebut, terutama karena jumlah pegawai pengawas ketenagakerjaan hanya 54 orang di Sulsel. Pengawasan konvensional yang dilakukan dengan mendatangi satu per satu perusahaan memerlukan waktu, tenaga, dan biaya yang besar.

Oleh karena itu, dengan adanya fitur Norma 100, perusahaan dapat melakukan pengisian kepatuhan secara mandiri dengan menjawab Daftar Periksa yang ada di fitur tersebut. Hasil pengisian ini kemudian diverifikasi oleh Pengawas Ketenagakerjaan, sehingga proses pembinaan dan pemeriksaan dapat berjalan maksimal meski dengan jumlah pegawai pengawas yang terbatas.

Hasil pengisian Norma 100 ini akan dituangkan dalam Laporan Hasil Verifikasi (LHV), yang menunjukkan skor tingkat kepatuhan perusahaan terhadap pemenuhan norma ketenagakerjaan. Skor 91-100 menunjukkan tingkat kepatuhan tinggi (HIJAU), skor 71-90 tingkat kepatuhan sedang (KUNING), dan skor di bawah 70 tingkat kepatuhan rendah (MERAH).

“Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif, khususnya dalam mengetahui sejauh mana tingkat kepatuhan perusahaan terhadap penerapan norma ketenagakerjaan di perusahaan, serta meningkatkan kesadaran pelaku usaha dalam mewujudkan tempat kerja yang layak dan berkeadilan. Ke depannya, Pemerintah Daerah, khususnya Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dapat memanfaatkan Norma 100 ini dalam penyusunan perencanaan, strategi, dan target kinerja di bidang ketenagakerjaan,” ujar Ardiles Saggaf saat Focus Group Discussion (FGD) Penerapan Norma 100 di Perusahaan yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulsel, Kamis, 16 Mei 2024 di Hotel Kenari Tower.

Menutup sambutannya, Ardiles Saggaf mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak dari Kementerian Ketenagakerjaan RI, perwakilan Apindo Sulsel, perwakilan Kadin Sulsel, dan perwakilan perusahaan yang hadir baik secara offline maupun online pada hari ini. “Semoga tingkat kepatuhan penerapan norma ketenagakerjaan di Sulsel semakin baik,” jelasnya. (***)

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis15 Juli 2024 18:40
Ekspansi ke IKN, Kalla Beton Turut Berkontribusi Dalam Pembangunan Infrastruktur
PENAJAM – Kalla Beton terus melakukan ekspansi bisnis di berbagai wilayah. Selain di wilayah Sulawesi, kini perusahaan manufaktur milik KALLA in...
Pemerintahan15 Juli 2024 17:21
Pembangunan Gedung Makassar Government Center Siap Dilanjutkan ke Tahap Kedua
MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan pembangunan gedung Makassar Government Center atau MGC siap dilanjutkan ke tahap ke...
Pemerintahan15 Juli 2024 13:52
Dorong Kreatifitas Program Kerja Remaja Masjid, Kesra Makassar Beri Pelatihan
MAKASSAR – Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Makassar memberi pelatihan kepada 1.500 remaja masjid di Kota Makassa...
Pemerintahan15 Juli 2024 11:11
Sukses Terselenggara, Event Beautiful Malino 2024 Berhasil Tarik Minat Pengunjung
GOWA – Pelaksanaan Beautiful Malino 2024 yang digelar sejak tanggal 12-14 Juli 2024 berjalan lancar dan meriah. Kegiatan yang dipusatkan di Huta...