Logo Lintasterkini

Sepanjang 2021, Dishub Makassar Gembok 70 Mobil Parkir Tepi Jalan

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Jumat, 18 Juni 2021 22:33

Sepanjang 2021, Dishub Makassar Gembok 70 Mobil Parkir Tepi Jalan

MAKASSAR — Pelanggaran parkir tepi jalan masih banyak ditemui di Makassar. Khusus di jalan-jalan strategis Kota Makassar, sudah 70 kendaraan yang digembok oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Makassar.

Kendaraan-kendaraan tersebut dianggap mempersempit lajur kendaraan. Bahkan tak jarang membuat arus lalu lintas tersendat atau macet.

“Selama 2021 ini jumlah kendaraan yang kami gembok sudah ada sebanyak 70 unit kendaraan roda empat,” ujar Kepala Seksi Penindakan Dishub Kota Makassar Darwis, Jumat (18/6/2021).

Rinciannya Januari sebanyak 9 unit, Februari sebanyak 10 unit, Maret 13 unit, April sebanyak 20 unit, Mei 0 dan Juni sementara ini sebanyak 19 unit.

Darwis mengatakan Dishub sempat absen di bulan Mei lantaran adanya penugasan khusus di batas kota.

“Untuk sementara itu jumlahnya, kemarin kan kita sempat ditugaskan di perbatasan jadi untuk penindakan kita tiadakan dulu,” lanjutnya.

Khusus roda dua, Darwis mengatakan juga melakukan penindakan. Hanya saja pendataan tidak dilakukan lantaran kendaraan roda dua biasanya langsung ditangani oleh pemiliknya. Sementara jika tidak disingkirkan pihaknya langsung menyerahkannya ke pihak kepolisian untuk ditilang.

“Jadi r2 (roda dua) kita suruh bergeser saja de, dan kalau ada yang parkir, kita biasanya langung serahkan ke Kepolisian untuk di tilang,” tuturnya.

Sementara itu beberapa titik yang sudah ditinjau bulan ini diantaranya di depan RS Labuan Baji, Jalan Pengayoman, Jalan Veteran dan Jalan Balaikota.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar Mario Said pun meminta seluruh masyarakat tetap tertib utamanya persoalan parkir.

“Ini perlu, bagaimana mengubah perilaku masyarakat sehingga bisa lebih taat terhadap aturan dan hukum,” ujarnya.

Dia memastikan tim akan terus berpatroli di jalan-jalan strategis utamanya lokasi-lokasi yang rawan sesuai dengan Perwali 64 tahun 2011 tentang Larangan Parkir.

“Kita akan rutin lakukan pengawaaan dan penindakan,” ujarnya singkat.(*)

 Komentar

 Terbaru

Nasional27 Juli 2021 12:45
Mendagri : Jika Kepala Daerah Turun Langsung salurkan Bansos, Masyarakat Jadi Lebih Tenang
"Daerah memiliki kapasitas untuk itu dan daerah memiliki tanggung jawab juga untuk itu, tidak hanya pemerintah pusat. Kenapa? Karena ada anggaran," uj...
Bersama Melawan Covid-1927 Juli 2021 12:03
Vaksinasi Lintas Agama Digelar Muhammadiyah dan Polda Sulsel
Vaksinasi ini menargetkan sebanyak 2.500 warga disuntik dan berdasarkan data dari pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, vaksinasi di Sulsel baru menca...
Hukum & Kriminal27 Juli 2021 11:26
Mengaku Digilir di Hotel, Wanita di Makassar Polisikan 2 Oknum Pegawai Bank BUMN
MAKASSAR– Sungguh malang nasib yang dialami seorang wanita berinisial N di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Wanita 22 tahun itu diduga ...
Hukum & Kriminal26 Juli 2021 23:52
Dalam Sepekan, Satuan ResNarkoba Polres Pinrang Ungkap Empat Kasus
PINRANG – Dalam sepekan, Satuan ResNarkoba Polres Pinrang berhasil mengungkap 4 kasus penyalahgunaan narkoba di wilayahnya. Dari pengungkapan te...