Logo Lintasterkini

500 Aset Pemkot Tidak Bersertifikat

Muh Syukri
Muh Syukri

Selasa, 18 September 2012 23:13

Kantor Balaikota Makassar
Kantor Balaikota Makassar

Kantor Balaikota Makassar

MAKASSAR – Sebanyak 500 lebih aset Pemerintah Kota Makassar tidak memiliki sertifikat atau alas hak yang menjadi dasar kepemilikan lahan sehingga rawan terjadi pengklaiman oleh masyarakat.

Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin di Makassar, Selasa (18/9/2012), mengakui banyaknya aset Pemkot Makassar yang belum memiliki alas hak, bahkan kantor sekretariat daerah juga dianggapnya masih belum bersertifikat.

“Memang benar banyak aset pemkot yang tersebar itu tidak memiliki alas hak, makanya kami masih melakukan pendataan ulang sebelum semuanya disertifikatkan,” ujarnya.

Beberapa aset diantaranya yang belum bersertifikat yakni rumah jabatan (Rujab) Wali Kota, Wakil Walikota, Ketua DPRD Makassar, serta kantor Setda Balaikota Makassar juga tidak memiliki sertifikat alas tanah.

Ia mengungkapkan pendataan sementara yang dilakukan oleh badan aset sudah lebih dari 500 aset yang belum mempunyai sertifikat dan dimungkinkan masih ada banyak lagi aset yang belum terdata.

Pendataan dilakukan untuk mengantisipasi adanya warga yang mengklaim lokasi bangunan atau tanah yang ditempati pemerintah tersebut yang memiliki sertifikat resmi.

Ia mengakui, banyaknya aset Pemkot Makassar yang tidak bersertifikat karena pemerintah sebelumnya tidak terlalu membutuhkan sertifikat untuk semua aset yang dimilikinya itu.

“Dahulu itu kan orang-orang tidak terlalu membutuhkan sertifikat, bahkan banyak lahan kosong yang dimiliki seseorang hanya berdasarkan pengakuan saja, tetapi zaman itu sudah berubah karena saat ini setiap lahan membutuhkan alas hak sebagai legitimasi hukum,” katanya.

Menurutnya, pendataan yang sudah dianggap selesai akan langsung dibuatkan sertifikat untuk antisipasi pengklaiman warga atas aset yang dimiliki pemerintah.

Ilham juga menyatakan jika dirinya sudah melakukan koordinasi dengan Badan Pertanahan Negara (BPN) untuk mendata semua tanah yang belum bersertifikat agar segera dibuatkan sertifikat tanah. (ant)

 Komentar

 Terbaru

Pendidikan20 April 2024 08:43
Semangat Kebersamaan, TK Islam Athirah Bukit Baruga Gelar Halal Bi Halal 
MAKASSAR – Semarak silaturahmi terasa di TK Islam Athirah Bukit Baruga hari Jumat 18/4 pasca libur lebaran dengan mengadakan kegiatan Halal Bi H...
Pendidikan19 April 2024 20:15
Program Beasiswa KALLA Dibuka Hingga 30 April 2024 untuk Mahasiswa Sulsel, Sulbar, Sulteng dan Sultra
MAKASSAR – Melihat presentasi putus kuliah di Indonesia Timur yang semakin tinggi, LAZ Hadji Kalla kembali menghadirkan program pemberian bantua...
News19 April 2024 18:10
Hati-hati! Akun Facebook Catut Nama Wali Kota Makassar Berkedok Donatur
MAKASSAR – Sebuah akun Facebook yang mencatut nama Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto, beredar di Facebook. Akun yang ...
News19 April 2024 17:33
Jumat Sehat, GMTD Gelar Senam Sehat Bersama di Green River View 
MAKASSAR – PT Gowa Makassar Tourism Development,Tbk (GMTD) mengajak warga bersama karyawan PT GMTD melakukan kegiatan senam bersama setelah lebi...