Logo Lintasterkini

Kebocoran Pipa Gas Hotel Swiss-Belinn Panakkukang Makassar, Penghuni Dievakuasi

Muh Syukri
Muh Syukri

Rabu, 18 September 2024 06:11

Garis polisi dipasang di sekitar area hotel yang mengalami kebocoran pipa gas. (Foto: Lintasterkini.com)
Garis polisi dipasang di sekitar area hotel yang mengalami kebocoran pipa gas. (Foto: Lintasterkini.com)

MAKASSAR – Kebocoran pipa gas terjadi di Hotel Swiss-Belinn Panakkukang, Makassar, pada Rabu (18/9/2024)  dini hari. Gas bocor hingga keluar ke jalan raya, tepatnya di Jalan Boulevard, Kecamatan Panakkukang, yang memicu evakuasi penghuni hotel untuk menghindari potensi kebakaran.

Kejadian ini membuat pihak manajemen hotel bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk segera mengevakuasi tamu dan staf yang berada di dalam hotel. Lampu-lampu di area hotel juga dipadamkan untuk mencegah risiko ledakan akibat kebocoran gas.

Tim Damkar dan Gegana Polda Sulsel Diturunkan

Tidak hanya penghuni hotel yang dievakuasi, pihak berwajib bersama tim Damkar Kota Makassar dan tim Gegana Brimob Polda Sulsel langsung turun ke lokasi kejadian. Langkah ini dilakukan untuk mengamankan area sekitar hotel, sekaligus menghimbau warga agar menjauhi lokasi dan tidak menggunakan alat pemicu api seperti korek api atau ponsel.

Petugas pemadam kebakaran berupaya mengurai gas yang bocor dengan menyemprotkan air, sedangkan tim Gegana menggunakan alat explosimeter untuk mendeteksi kandungan gas yang mudah terbakar. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya ledakan yang berpotensi terjadi akibat gas yang sudah menyebar hingga ke jalan raya.

Kebocoran Gas Berasal dari Tabung Kapasitas 8 Ton

Dari informasi yang dihimpun, kebocoran ini terjadi pada pipa gas yang terhubung dengan tabung gas berkapasitas delapan ton. Tabung gas tersebut berada di luar hotel dan tersambung ke dapur serta ruang laundry.

Menurut keterangan pihak hotel, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, aktivitas operasional hotel akan dihentikan sementara selama satu hari untuk penanganan lebih lanjut.

Kebocoran pipa gas

Tim Gegana diturunkan untuk membantu mengidentifikasi dan memperbaiki. (Foto : Lintasterkini.com)

Marcom Eksekutif Hotel Swiss-Belinn Panakkukang, Ikhtiara Mahreta, menyampaikan bahwa pihak hotel sudah melakukan tindakan cepat dalam evakuasi penghuni dan akan melakukan investigasi menyeluruh untuk memastikan kejadian serupa tidak terulang. “Secara SOP kami sudah melakukan evakuasi seluruh tamu. Total kamar yang terisi 97 kamar,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Panakkukang, AKP Akhmad Alfian, menyatakan bahwa pihaknya akan terus mengawasi situasi di lokasi kejadian hingga gas benar-benar aman dan tidak ada ancaman ledakan. “Kami bekerja sama dengan tim pemadam kebakaran dan Gegana untuk memastikan keselamatan warga dan penghuni hotel,” ujarnya.

Mengenai penyebab pasti, Kapolsek mengaku masih menunggu hasil dari tim Labfor. “Kita tunggu penyelidikan,” terangnya.

Dengan adanya insiden kebocoran pipa gas ini, langkah evakuasi dan penanganan cepat yang dilakukan oleh pihak hotel, kepolisian, dan tim pemadam kebakaran berhasil mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Pihak hotel juga menegaskan bahwa operasional akan dihentikan selama satu hari ke depan untuk memastikan situasi benar-benar aman. (*)

 Komentar

 Terbaru

News23 Oktober 2024 22:03
Pelayanan SIM di Makassar Semakin Baik, Kapolrestabes: Cepat dan Tidak Ribet
Pelayanan pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Kota Makassar semakin mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Hal ini tak lepas dari...
Peristiwa23 Oktober 2024 20:42
Lansia Meregang Nyawa Usai Kecelakaan di Jalan Talasalapang
Sebuah kecelakaan tragis menimpa seorang lansia terjadi di wilayah Polrestabes Makassar pada Rabu (23/10/2024). Kecelakaan yang melibatkan sepeda moto...
Hukum & Kriminal23 Oktober 2024 20:26
Pelaku Penganiayaan Tukang Parkir di Makassar Ditangkap di Enrekang
Seorang pelaku penganiayaan terhadap tukang parkir di Jalan Pendidikan, Makassar, berhasil ditangkap oleh pihak kepolisian di Kabupaten Enrekang pada ...
Nasional23 Oktober 2024 20:04
Peringatan Pertama Sekkab Mayor Teddy kepada Para Menteri Melalui Grup WhatsApp
Belum cukup seminggu menjabat sebagai Sekretaris Kabinet (Sekkab), Mayor Teddy Indra Wijaya telah mengambil langkah berani dengan memberikan peringata...