Logo Lintasterkini

PMI Kecamatan Diminta Bentuk Relawan Siaga Bencana

Muh Syukri
Muh Syukri

Selasa, 18 Oktober 2022 11:41

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gowa, Abd Rauf Malaganni meminta PMI kecamatan membentuk Relawan Siaga Bencana Masyarakat (Sibat).
Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gowa, Abd Rauf Malaganni meminta PMI kecamatan membentuk Relawan Siaga Bencana Masyarakat (Sibat).

GOWA – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gowa, Abd Rauf Malaganni meminta PMI kecamatan membentuk Relawan Siaga Bencana Masyarakat (Sibat).

Hal ini diungkapkan saat dirinya melantik Ketua dan Pengurus PMI Kecamatan Pallangga di SMPN 1 Pallangga serta Ketua dan Pengurus PMI Kecamatan Barombong di Al Fityan Barombong, Senin (17/10/2022).

“Kepada pengurus kecamatan yang telah dilantik saya minta bisa bersama-sama membesarkan organisasi PMI, sehingga diharapkan untuk merekrut relawan Sibat di masing-masing desa atau kelurahan sebanyak 25 orang,” ungkapnya.

Selain itu, Abd Rauf yang juga Wabup Gowa mengatakan, PMI merupakan organisasi kemanusiaan yang bergerak dengan tulus dan ikhlas namun ketika terjadi musibah atau permasalahan PMI menjadi garda terdepan melalui relawan-relawannya.

“PMI berbicara suka dan rela karena tidak ada gaji. Mari kita bekerja untuk kemanusiaan dengan penuh keikhlasan, dan ketulusan agar ketika ada masalah yang terjadi relawan dan pengurus PMI menjadi garda terdepan,” lanjutnya.

Sementara Ketua PMI Kecamatan Pallangga, Tri Octaviyani mengaku siap berkontribusi dan menjalankan tugas-tugas kemanusiaan khususnya di Kecamatan Pallangga sebagai Relawan Siaga Bencana.

“Insya Allah kami PMI Kecamatan Pallangga akan senantiasa berupaya meningkatkan kapasitas dan kinerja serta menjunjung profesionalitas dalam memberikan pelayanan di bidang kemanusiaan terhadap seluruh masyarakat kecamatan Pallangga,” ungkapnya.

Dirinya menyebut akan bersinergi dan berkolaborasi bersama seluruh stakeholder seperi pelaksanaan donor darah, membentuk relawan dan kegiatan kemanusiaan lainnya.

“Kami bersama seluruh lintas sektor Pallangga akan berupaya berkolaborasi dan bekerjasama, bahu membahu melaksanakan kegiatan kemasyarakatan yaitu kegiatan kepalangmerahan, pengurangan risiko bencana berbasis masyarakat, pertolongan pertama berbasis masyarakat, donor darah dan kegiatan kemanusiaan lainnya,” sebutnya.

Sementara Ketua PMI Kecamatan Barombong, Hj Nurbaya menyampaikan rasa bangganya karena diberikan amanah sebagi Ketua PMI di wilayahnya. Menurutnya ia dan pengurus lainnya akan bekerjasama untuk menggiatkan pendidikan kepalangmerahan.

“Kami mohon dukungannya dalam perjuangan kemanusiaan. Bantu kami pengurus PMI Kecamatan Barombong dan mari kita menjadi partner utama dalam mendidik generasi bangsa melalui pendidikan kepalangmerahan baik dari tingkat Mula, madya dan wira sampai menjadi korps Sukarela PMI,” harapnya. (Sam)

Penulis : Yan

 Komentar

 Terbaru

News30 November 2022 14:31
Wakapolda Sulbar dan Forkopimda Sulbar Hadiri Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2022
MAMUJU – Wakapolda Sulbar Brigjen R Umar Faroq menghadiri pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2022 bersama segenap Forkopimda Provinsi Sulawesi Bar...
News30 November 2022 14:08
Hati-hati, Pinjam ‘Bendera’ Perusahaan Ikut Tender Bisa Kena Pidana
MAKASSAR – Sebelumnya praktek pinjam ‘bendera’ untuk mengikuti proses tender proyek pemerintah pengadaan Barang dan Jasa milik pemer...
News30 November 2022 13:02
Tingkatkan Kemampuan Menembak, Polda Sulbar Gelar Latihan
MAMUJU – Melatih kemahiran dalam hal menembak, menjadi hal yang perlu dimiliki setiap anggota kepolisian. Terlebih lagi hal tersebut bertujuan g...
News30 November 2022 12:30
Masyarakat Butuh “Vaksinasi” agar Tak Terjebak Hoaks Pemilu 2024
JAKARTA — Menjelang Pemilu 2024, hoaks politik semakin meningkat. Temuan Mafindo sejak Januari hingga September 2022 (1.290 hoaks), hoaks politik pa...