Logo Lintasterkini

Satgas: Protokol Kesehatan dan Vaksinasi Sama Pentingnya

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Selasa, 19 Januari 2021 23:29

ilustrasi.
ilustrasi.

JAKARTA Upaya yang paling ampuh memutus penyebaran pandemi Covid-19 yakni memasifkan protol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Protokol kesehatan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun dan Menjaga jarak fisik/tidak berkerumun menjadi solusi tepat saat ini.

Tentunya protokol kesehatan 3M harus pula dibarengi secara bersamaan, pemerintah pusat dan daerah fokus dalam pelaksanaan 3T (Testing, Tracing, Treatment). Dan upaya terakhir mendukung program vaksinasi Covid-19, yang kini tengah dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia.

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Dr Sonny Harry B Harmadi di Jakarta, Senin (17/1/2021) mengatakan, begitu pentingnya masyarakat mematuhi protokol.kesehatan dan mendukung.program vaksinasi. Upaya yang dilakukan Satgas Penanganan Covid-19 bersama lebih dari 63.000 duta perubahan perilaku saat ini yakni mencoba mendorong lebih kuat lagi mengingatkan masyarakat bahwa vaksinasi dan 3M sama pentingnya.

“Satgas Penanganan Covid-19 mencoba mendorong lebih kuat lagi mengingatkan masyarakat bahwa vaksinasi dan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan tidak bisa dipisahkan,” papar Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Dr. Sonny Harry B Harmadi di Jakarta, Senin (17/1/2021)

Walaupun ada vaksinasi, ia menegaskan bahwa kepatuhan terhadap protokol kesehatan 3M untuk mencegah meluasnya penularan Covid-19 juga sangat penting. Selain itu sesuai arahan Ketua Satgas Penganganan Covid-19, Doni Monardo, yang mengatakan perlu mendorong pemda untuk mengaktifkan lagi posko-posko komunitas yang bertujuan menguatkan pengawasan untuk tingkat kepatuhan.

“Sebenarnya pemahaman terhadap 3M sudah tinggi, bahkan beberapa survei sudah mendekati 100 persen, tetapi kepatuhannya belum maksimal,” tandasnya.

Menurut Sonny, biasanya pada masyarakat yang ada kecenderungan senang berkumpul dan kekerabatan cukup tinggi cenderung sulit menerapkan protokol kesehatan. Namun demikian hal itu bukan menjadi alasan karena kesadaran bersama itu sangat penting. (*)

 Komentar

 Terbaru

Presiden Jokowi Ingin Vaksinasi Terhadap Jurnalis Dilaksanakan di Seluruh Daerah
Bersama Melawan Covid-1925 Februari 2021 23:25
Presiden Jokowi Ingin Vaksinasi Terhadap Jurnalis Dilaksanakan di Seluruh Daerah
Dia menilai, wartawan sangat rentan terpapar covid-19 kerena memiliki mobilitas dan interaksi yang cukup tinggi....
Danny-Fatma Kumpul Bersama 300 Komunitas Jelang Pelantikan
News25 Februari 2021 22:31
Danny-Fatma Kumpul Bersama 300 Komunitas Jelang Pelantikan
Melalui Meeting Zoom, Danny-Fatma menyapa ratusan pendukungnya. Keduanya berpesan agar mereka tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) jelang pelant...
Ini Klarifikasi Pemprov Soal Insiden Pengusiran Wartawan di Rujab Gubernur Sulsel
News25 Februari 2021 21:13
Ini Klarifikasi Pemprov Soal Insiden Pengusiran Wartawan di Rujab Gubernur Sulsel
Gubernur Sulsel melalui juru bicaranya, Veronica Moniaga memberi klarifikasi sekaligus permohonan maaf atas insiden tersebut....
Buron Setahun, Pria ini Ditangkap Tipu Tukang Bengkel “Gelapkan Motor”
Hukum & Kriminal25 Februari 2021 20:40
Buron Setahun, Pria ini Ditangkap Tipu Tukang Bengkel “Gelapkan Motor”
Dia ditangkap di Jalan Diponegoro, Kecamatan Watang Sawitto, Pinrang, Kamis siang (25/02/2021)....