Logo Lintasterkini

Seluruh Potensi TNI Disiapkan Tangani Covid-19 dan PEN

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Jumat, 19 Februari 2021 00:12

Kapuspen TNI, Mayjen TNI Achmad Riad memberi arahan.
Kapuspen TNI, Mayjen TNI Achmad Riad memberi arahan.

JAKARTA — TNI akan menyiapkan seluruh potensi dan kemampuan yang dimiliki. Baik dari segi kemampuan personel, Alutsista maupun peralatan-peralatan yang dibutuhkan untuk mendukung pelaksanaan visi penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Diantaranya TNI telah menyiapkan personel yang terlibat untuk mendukung 3T yaitu Testing, Tracing, Treatment. Keterlibatannya dengan menyiapkan personel sebagai tracer maupun vaksinator

Hal tersebut disampaikan Kapuspen TNI Mayjen TNI Achmad Riad, S.I.P di hadapan awak media disela-sela acara rapat pimpinan (rapim) TNI tahun 2021.

Rapim TNI ini mengambil tema “TNI Kuat, Solid, Profesional, Dicintai Rakyat Siap Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi serta Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa Demi Keutuhan NKRI”, Kegiatan tersebut bertempat di GOR A. Yani Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (16/2/2021).

Kapuspen TNI, Mayjen TNI Achmad Riad òmengatakan bahwa Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P menyampaikan apresiasi, penghormatan pada seluruh prajurit TNI yang saat ini sedang melaksanakan tugas di berbagai medan tugas baik di dalam maupun luar negeri.

“Beliau hormat dan salut atas pelaksanaan tugas yang selama ini telah ditunjukkan secara profesional oleh seluruh prajurit TNI,” ujarnya.

Lebih lanjut Achmad Riad menjelaskan bahwa pada pembukaan Rapim TNI tahun 2021, Panglima TNI menyampaikan tentang bagaimana menjaga stabilitas nasional dengan tujuan agar pemulihan ekonomi dapat segera pulih dihadapkan dengan kondisi saat ini.

Dia meneruskan apa yang disampaikan Panglima TNI tentang refleksi tugas pokok TNI yang telah dilaksanakan selama ini dengan melihat kembali mengevaluasi terkait dengan perkembangan Alutsista dihadapkan dengan kondisi global, regional maupun nasional saat ini.

“Fokus kedepan dalam hal peningkatan Alutsista dan peningkatan kemampuan profesional prajurit TNI diharapkan bisa mengikuti perkembangan, sehingga modernisasi maupun pengembangan Alutsista sesuai dengan tantangan yang akan kita hadapi kedepan,” ungkap Kapuspen TNI, Mayjen TNI Achmad Riad.

Selain itu, Kapuspen TNI menyampaikan tiga hal terkait peraturan perundangan yang berkaitan dengan tugas pokok TNI, yaitu: pertama, Peraturan Pemerintah Nomor 3 tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara.

Kedua, Peraturan Presiden Nomor 7 tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstrimisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme tahun 2020-2024.

Ketiga, Peraturan Presiden Nomor 8 tahun 2021 tentang Kebijakan Umum Pertahanan Negara tahun 2020-2021. (*)

 Komentar

 Terbaru

Penerimaan Pegawai Kontrak di Disdamkar Makassar Akan Dibuka Via Online
News07 Maret 2021 18:27
Penerimaan Pegawai Kontrak di Disdamkar Makassar Akan Dibuka Via Online
Hanya saja kata Muncu, untuk proses pemberkasan tetap dilakukan tatap muka. Sebab, pelamar harus memasukkan berkasnya....
Empat Bocah Terseret Arus Sungai Pajalesang, Dua Ditemukan Selamat
Peristiwa07 Maret 2021 18:21
Empat Bocah Terseret Arus Sungai Pajalesang, Dua Ditemukan Selamat
"Ada empat orang anak yang terseret arus sungai, dua anak selamat dan dua anak lainnya dalam pencarian," kata Nuansa, Kasi Kesiapsiagaan BPBD Kota Pal...
Polemik Dana BMS di Pinrang, Nasabah Tuntut Sekolah Bertanggung Jawab
News07 Maret 2021 18:03
Polemik Dana BMS di Pinrang, Nasabah Tuntut Sekolah Bertanggung Jawab
"Saya terdaftar menjadi nasabah BMS pada tahun 2015, uangku belum saya ambil itu Rp20 juta di sana," kata Hamdani, Minggu (7/3/2021)...
Komisi D Sepakat Disdamkar Batalkan dan Buka Penerimaan Pegawai Kontrak Baru
Pemerintahan07 Maret 2021 17:58
Komisi D Sepakat Disdamkar Batalkan dan Buka Penerimaan Pegawai Kontrak Baru
Pada RDP tersebut, semua pihak sepakat untuk kembali membuka pendaftaran dengan membentuk tim kepanitiaan....