Logo Lintasterkini

Dua Pencuri Kopi Jual Kopi Hasil Curiannya ke Korban, Akhirnya Tertangkap

Muh Syukri
Muh Syukri

Senin, 19 Maret 2018 23:55

Dua pelaku pencurian saat diamankan pihak kepolisian
Dua pelaku pencurian saat diamankan pihak kepolisian

MEDAN – Jajaran Polsek Sunggal Polrestabes Medan berhasil menciduk pelaku pencurian tiga karung sedang berisi biji kopi yang terjadi pada hari Kamis (15/3/2018), sekira pukul 06.30 Wib, di jalan Sentosa No 55 Desa Pujimulio Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang.

Pelaku yang bernama Riki Rinalsi alias Kiok (33), sopir, warga jalan Perjuangan Desa Sei Semayang Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang dan Wira Dana (32), buruh bangunan, warga jalan Binjai km 19 Sei Mencirim Banjaran, Desa Sei Mencirim Kecamatan Sunggal Deli Serdang.

Keduanya diringkus pada hari Minggu (18/3/2018), sekira pukul 11.00 Wib, dimana kedua pelaku membawa biji kopi hasil curiannya ke jalan Tandem pasar 4 Binjai tepatnya ke pabrik pengolahan biji kopi milik korban untuk menjualnya.

Alhasil berdasarkan rekaman CCTV dan laporan korban bernama Mulyadi (47), warga jalan Danau Poso gg Amal, Kelurahan Sumber Karya Kecamatan Binjai Timur Kota Binjai, kedua pelaku beserta barang barang bukti di amankan oleh Tim Opsnal Reskrim Polsek Sunggal yang sudah bekerjasama dengan korban.

Setelah menginterogasi pelaku, Tim Opsnal pun langsung melakukan pengembangan karena pelaku pencurian ada 4 orang tetapi setelah dilakukan pencarian kedua pelaku lainya tidak ditemukan sehingga Tim Opsnal Polsek Sunggal pun memboyong kedua pelaku dan barang buktinya ke Polsek Sunggal.Sedangkan dua orang pelaku masuk DPO, masing-masing berinisial E dan A.

Menurut korban, yang saat itu berada di rumahnya di telepon oleh karyawanya dan mengatakan biji kopi yang sebelumnya di jemur di pabrik pengolahan kopi tepatnya di jalan Sentosa No 55 Desa Pujimulio Sunggal Deli Serdang milik korban telah hilang.

Mengetahui hal itu korban langsung menuju ke Tkp karena diketahui di dalam Pabrik pengolahan biji kopi terdapat CCTV, setelah di lihat maka terlihat dua orang pelaku yang masuk ke dalan pabrik pengolahan biji tersebut dan akibat kejadian itu korban mengalami kerugian sekitar Rp 12. 000.000 (dua belas juta rupiah).

Keesokan harinya salah seorang pekerja pabrik yang telah di mintai keterangan berinisial D mengetahui ciri ciri pelaku dan di kuatkan dengan pelaku atas nama Riki Rinaldi alias Kiok yang saksi kenal bekerja sebagai supir. Dimana pelaku meminta tolong kepada saksi untuk mencarikan orang yang mau membeli biji kopinya.

Selanjutnya saksi mengarahkan pelaku untuk menjual biji kopi tersebut ke daerah Binjai (dalam hal ini ke pabrik pengolahan biji kopi milik korban juga) dan kemudian korban berkordinasi dengan petugas Polsek Sunggal untuk menangkap pelaku.
“Akhirnya pada hari Minggu tanggal 18 maret 2018 sekitar pukul 11.00 Wib, kedua orang yang mencuri kopi saya membawa biji kopi tersebut ke jalan tandem pasar 4 binjai tepatnya ke pabrik pengolahan biji kopi untuk menjualnya dan saat itu juga pelaku beserta barang barang bukti di amankan oleh Tim Opsnal Reskrim Polsek Sunggal” ujar korban.

Akibat perbuatan tersebut, kedua pelaku dikenakan Pasal 363 ayat (2) KUHPidana dengan ancaman hukuman minimal 9 Tahun Penjara. (*)

Penulis : Slamet

 Komentar

 Terbaru

Bersama Melawan Covid-1902 Agustus 2021 10:53
Jaga Prokes, Petugas Gabungan Razia di Perbatasan Makassar-Gowa
Setiap pengendara yang tidak memakai masker diberhentikan petugas. Mereka diminta untuk memakai masker yang benar. Tidak hanya itu, petugas juga menge...
News01 Agustus 2021 21:52
Yusran Jusuf Bangun Yayasan TernaKita Satu Kambing untuk Satu Anak Yatim
MAROS — Mantan Pj Wali Kota Makassar, Yusran Jusuf rupanya tidak hanya kembali ke dunia akademisi untuk mengabdikan dirinya kepada mahasiswa. Tetapi...
Gaya Hidup01 Agustus 2021 19:20
Pola Makan dan Gaya Hidup Sehat Bisa Cegah Kanker
“Didasari dengan prinsip-prinsip hidup sehat kita bisa mencegah terjadinya kasus baru," kata Cut. "Ini perlu ditekankan karena gaya hidup dan pola m...
Hukum & Kriminal01 Agustus 2021 17:45
Diduga Dianiaya Oknum Polisi, Warga Gowa Ini Melapor ke Propam Polres Gowa
Untuk diketahui, oknum polisi yang bertugas di Polres Gowa berinisial Gun dilaporkan ke Propam Polres Gowa. Oknum polisi berpangkat Briptu itu dilapor...