Logo Lintasterkini

Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Serbuan Vaksinasi di Semarang

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Jumat, 19 Maret 2021 15:37

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, SI.P dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meninjau serbuan vaksinasi di Semarang.
Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, SI.P dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meninjau serbuan vaksinasi di Semarang.

SEMARANG — Pandemi Covid-19 hingga saat ini belum berakhir, sehingga perlu penanganan ekstra dan strategi tepat oleh Pemerintah dan instansi lainnya yang tergabung dalam Satgas penanganan Covid-19. Akselerasi penanganan Covid -19 merupakan tanggung jawab bersama terutama TNI, Polri dan Aparat Pemerintah sebagai pilar utama dalam memberikan perlindungan terhadap kesehatan masyarakat.

Untuk penanganan pandemi ini, Kamis (18/3/2021) Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P bersama Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si memimpin Serbuan Vaksinasi bagi Prajurit TNI, Anggota Polri serta masyarakat usia lanjut (lansia) di kota Semarang. Kedatangan dua petinggi TNI dan Polri ini disambut Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Begitu tiba di lokasi, baik Panglima TNI dan Kapolri langsung meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi Prajurit TNI dan anggota Polri. Pelaksanaan vaksinasi bertempat di Hanggar Apache Skadron 11/Serbu Puspenerbad (Pusat Penerbangan Angkatan Darat).

Adapun jumlah personel yang melaksanakan vaksinasi sebanyak 1.767 orang. Sebanyak 883 orang anggota TNI dan Polri 884 orang, dengan melibatkan tenaga medis sebagai vaksinator sejumlah 89 orang.

“Meskipun kalian telah divaksin, namun tetap menggunakan masker dan harus tetap menjaga protokol kesehatan, karena itulah senjata utama dalam menghadapi pandemi Covid-19 saat ini,” pesan Panglima TNI, Marsekal TNI, Hadi Tjahjanto, S.I.P.

Saat ini vaksinasi memasuki jadwal tahap-2 untuk prajurit TNI dan anggota Polri. Vaksinasi telah dimulai di beberapa tempat sejak tanggal 1 Maret 2021, dan diharapkan pada akhir April 2021 seluruh prajurit TNI dan anggota Polri telah memperoleh vaksinasi.

Panglima TNI dan Kapolri kemudian melanjutkan kegiatan menuju Puskesmas Pandanaran untuk meninjau langsung vaksinasi bagi lansia. Di puskesmas ini 75 lansia yang akan menjadi target vaksinasi secara bertahap dengan melibatkan 10 orang vaksinator.

Ditegaskan Hadi Tjahjanto, program vaksinasi Nasional harus didukung untuk membentuk kekebalan komunitas yang dibutuhkan dalam upaya menekan pandemi. Kata dia, TNI-Polri akan terus membantu Pemerintah mempercepat pelaksanaan program vaksinasi nasional dengan mengerahkan tenaga vaksinator TNI untuk membantu pelaksanaan vaksinasi di puskesmas.

Panglima TNI dan Kapolri mengapresiasi antusiasme para lansia untuk melaksanakan vaksinasi yang ditunjukkan melalui semangat mereka untuk bersama mengalahkan virus Covid-19. Ditambahkan Panglima TNI, partisipasi aktif masyarakat dalam program vaksinasi sangat dibutuhkan agar dapat mempercepat pemulihan perekonomian nasional.

“Kita berharap semoga upaya ini dapat membantu pencapaian target 1 juta orang divaksin setiap harinya agar segera terbentuk herd immunity,” ujar Hadi Tjahjanto. (*)

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis18 April 2024 17:56
Yuk Ikuti Fun Run PHRI Sulsel Berhadiah Umroh, Biaya Pendaftaran Rp175 Ribu
MAKASSAR – Perhimpunan Hotel Dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulsel menggelar Fun Run sepanjang 5,5 kilo meter 2024. Fun Run 2024 PHRI ini berlang...
News18 April 2024 17:28
Astra Motor Sulsel Ajak Masyarakat Pahami Fungsi Marka Jalan Agar #Cari_Aman Selama Berkendara
MAKASSAR – Marka jalan yang merupakan rambu-rambu lalu lintas berupa garis melintang, membujur, dan menyerong, memiliki peran penting di jalur l...
Ekonomi & Bisnis18 April 2024 11:29
Kalla Toyota Luncurkan Emergency Support di Aplikasi Kallafriends, Dapat Diakses Dimana Saja
MAKASSAR – Untuk memberi kemudahan kepada pelanggan dalam kondisi darurat, Kalla Toyota luncurkan emergency support di aplikasi Kallafriends. Me...
Pendidikan18 April 2024 10:50
Ide Gagasan paling Rasional, Ivan Kalalembang Didukung Sejumlah Angkatan 
MAKASSAR – Calon Ketua IKA SMA Negeri 8 Makassar (Smandel) Ivan Kalalembang telah mendapatkan dukungan sejumlah angkatan. Dengan demikian dipast...