Logo Lintasterkini

Beredar Wacana Jokowi-Prabowo di 2024, Jubir: Pak Jokowi Tak Mau 3 Periode

Maulana Karim
Maulana Karim

Sabtu, 19 Juni 2021 19:28

Presiden Jokowi. (Antara Foto).
Presiden Jokowi. (Antara Foto).

JAKARTA– Beredarnya wacana Presiden Jokowi Widodo akan menjabat tiga periode membuat Juru bicara Presiden, Fadjroel Rachman angkat bicara. Ia menegaskan bahwa Jokowi setia terhadap konstitusi dan tak berniat menjabat tiga periode.

Hal ini, kata dia, kembali ditegaskannya setelah muncul wacana relawan yang mendukung Jokowi-Prabowo atau JakPro pada 2024 mendatang.

“Mengingatkan kembali, Presiden Joko Widodo tegak lurus konstitusi UUD 1945 dan setia terhadap reformasi 1998,” kata Fadjroel, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (19/6/2021).

“Adapun bunyi Pasal 7 UUD 1945 amandemen ke-1 yakni, Presiden dan Wakil Presiden memegang jabatannya selama masa lima tahun, dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama, hanya untuk satu kali masa jabatan,” imbuhnya.

Fadjroel melanjutkan, bahwa Jokowi beberapa kali menolak wacana presiden tiga periode. Ia membeberkan, alasan kuat Jokowi menolak keras tawaran tersebut.

“Penegasan Presiden Jokowi menolak wacana presiden 3 periode, yang pertama pada 12/2/2019, “Ada yang ngomong presiden dipilih 3 periode itu, ada 3 (motif) menurut saya. Satu, ingin menampar muka saya, yang kedua ingin cari muka, padahal saya sudah punya muka, yang ketiga ingin menjerumuskan. Itu saja,” kata Jokowi seperti disampaikan Fadjroel.

Ia juga mengatakan bahwa Jokowi tak punya niat untuk menjabat tiga periode.

“Yang kedua, pada 15/3/2021, ‘saya tidak ada niat, tidak ada juga berminat menjadi presiden 3 periode. Konstitusi mengamanahkan 2 periode, itu yang harus kita jaga bersama. Janganlah membuat gaduh baru, kita sekarang fokus pada penanganan pandemi’,” kata Jokowi seperti disampaikan Fadjroel.

Sebelumnya diberitakan, relawan JokPro 2024 akan membentuk sekretariat pada Sabtu (19/6/2021) bertempat di kawasan Mampang, Jakarta Selatan. M Qodari, pelantang gagasan Jokowi 3 periode, mengatakan organisasi itu merupakan wadah dari beberapa pihak yang menyambut baik gagasan tersebut.(*)

Penulis : Mul

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal25 Juli 2021 21:23
Tak Diberi Uang Saat Mau Gadai Barang, Penjual Ikan di Pinrang Tikam Korbannya Pakai Badik
PINRANG– Seorang pria berinisial NA 34 tahun di Kabupaten Pinrang diringkus polisi usai melakukan penganiayaan dengan menikam korbannya mengguna...
Hukum & Kriminal25 Juli 2021 20:12
Gara-gara Tersinggung, Dua Pria di Pinrang Aniaya Tiga Pemuda Pakai Celurit
PINRANG– Dua pria di Kabupaten Pinrang diamankan jajaran Resmob Satreskrim Polres Pinrang lantaran telah melakukan pengeroyokan. Kedua pria itu ...
Hukum & Kriminal25 Juli 2021 16:24
Kenalan Lewat Game Online, Pemuda Sidrap Setubuhi dan Bawa Lari Gadis di Bawah Umur
MAKASSAR– Unit Jatanras Kepolisian Resor Kota Besar Makassar berhasil mengamankan seorang pemuda yang melarikan anak di bawah umur. Pelaku adala...
News25 Juli 2021 13:27
Besok, Makassar Sudah Terapkan PPKM Level IV, Apa Saja yang Dibatasi?
Dalam rapat tersebut terungkap penerapan PPKM level IV juga akan diberlakukan di Sulawesi Selatan ( Sulsel ). Untuk di Makassar, pemberlakuan dilaksan...