Logo Lintasterkini

Modus Pasang Foto Polwan untuk Minta Sumbangan, Tiga Pemuda di Makassar Diamankan Polisi

Maulana Karim
Maulana Karim

Sabtu, 19 Juni 2021 18:58

Modus Pasang Foto Polwan untuk Minta Sumbangan, Tiga Pemuda di Makassar Diamankan Polisi

MAKASSAR– Aksi terlarang tiga sekawan pemuda di Makassar bernama Rijal (28), Yuda (24), dan Dedi (29) akhirnya terbongkar.

Mereka ditangkap oleh Tim Thunder dan Tim Patmor Polda Sulsel lantaran ketahuan telah memungut uang sumbangan dengan cara menyodorkan proposal dan memasang foto seorang polwan, yang sedang bertugas di jajaran Polda Sulsel.

Akal licik para pemuda ini akhirnya terbongkar dan berhasil ditangkap oleh Tim Thunder dan Tim Patmor di rumah mereka masing-masing, tanpa perlawanan sedikit pun kepada petugas.

“Ada tiga preman yang kerap minta sumbangan, dengan cara memasang foto anggota kami (polwan), di proposal lalu minta sumbangan ke pedagang kaki lima, mereka sudah kami amankan,” kata Danru 2 Tim Thunder, Aipda Asrin Aziz kepada awak media, Sabtu (19/6/2021).

Aziz menerangkan, awalnya penangkapan terhadap pelaku Rijal dilakukan di sebuah rumah rumah makan di Jalan Sungai Saddang, Kota Makassar. Di sana, ditemukan proposal yang kerap gunakan minta sumbangan.

Kemudian, pelaku lainnya bernama Yuda yang tertangkap di rumahnya di Jalan Pelita 3, saat sedang terlelap. Polisi pun membangunkan pemuda itu dan langsung diamankan oleh petugas.

“Barang bukti berupa foto polwan dan proposal yang ia gunakan beraksi itu ditemukan terpisah. Foto itu ditemukan di bagasi motor milik Rijal. Lalu saat kami tangkap dua pelaku lainnya, proposal itu ditemukan di sebuah tumpukan besi di Jalan Pelita,” urai Aziz.

Aziz menyebut, penangkapan terhadap semua pemuda ini tak berlangsung lama, sebab mereka semua kooperatif saat dilakukan pencarian barang bukti. Setelah itu, para pemuda itu pun dibawa ke posko untuk interogasi awal.

Kepada polisi, mereka mengaku kerap memungut sumbangan dengan cara memasang foto dan mengatasnamakan polwan itu, di sekitaran wilayah Kecamatan Panakkukang, Makassar.

“Usai kami amankan mereka, lalu dilakukan interogasi, kemudian para pelaku dibawa ke kantor polisi setempat untuk proses hukum lebih lanjut,” tandasnya.(*)

Penulis : Mul

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal25 Juli 2021 21:23
Tak Diberi Uang Saat Mau Gadai Barang, Penjual Ikan di Pinrang Tikam Korbannya Pakai Badik
PINRANG– Seorang pria berinisial NA 34 tahun di Kabupaten Pinrang diringkus polisi usai melakukan penganiayaan dengan menikam korbannya mengguna...
Hukum & Kriminal25 Juli 2021 20:12
Gara-gara Tersinggung, Dua Pria di Pinrang Aniaya Tiga Pemuda Pakai Celurit
PINRANG– Dua pria di Kabupaten Pinrang diamankan jajaran Resmob Satreskrim Polres Pinrang lantaran telah melakukan pengeroyokan. Kedua pria itu ...
Hukum & Kriminal25 Juli 2021 16:24
Kenalan Lewat Game Online, Pemuda Sidrap Setubuhi dan Bawa Lari Gadis di Bawah Umur
MAKASSAR– Unit Jatanras Kepolisian Resor Kota Besar Makassar berhasil mengamankan seorang pemuda yang melarikan anak di bawah umur. Pelaku adala...
News25 Juli 2021 13:27
Besok, Makassar Sudah Terapkan PPKM Level IV, Apa Saja yang Dibatasi?
Dalam rapat tersebut terungkap penerapan PPKM level IV juga akan diberlakukan di Sulawesi Selatan ( Sulsel ). Untuk di Makassar, pemberlakuan dilaksan...