Logo Lintasterkini

Pemkot Makassar Bakal Siapkan Laboratorium Khusus Deteksi Mutasi Covid-19

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Sabtu, 19 Juni 2021 17:32

Swab test yang dilakukan Dinkes Kota Makassar beberapa waktu lalu
Swab test yang dilakukan Dinkes Kota Makassar beberapa waktu lalu

MAKASSAR — Laboratorium khusus untuk mendeteksi mutasi Covid-19 atau varian baru tengah disiapkan Pemkot Makassar. Akan ditempatkan di RSUD Daya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, Andi Hadijah Iriani mengatakan saat ini pihaknya sementara menunggu alat tersebut.

“Kita sementara mengupayakan laboratorium yang dapat mendeteksi varian-varian baru. Ini sementara lagi diupayakan di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Makassar di Daya,” kata Hadijah, Sabtu (19/6/2021).

Laboratorium di RSUD Daya diklaim akan menjadi yang pertama mendeteksi varian baru untuk wilayah Makassar. Pasalnya selama ini deteksi varian baru hanya dilakukan di Litbangkes Jakarta.

Kini, laboratorium itu sementara diperbaiki mulai dari ruangan hingga peralatannya.

“Pak Wali ini benar-benar memperhatikan karena beliau memang menyampaikan bahwa harus sekarang selesaikan itu laboratorium yang di Rumah Sakit Daya, kemudian kita dapat memeriksa varian-varian baru dari Covid-19,” kata Hadijah.

Hadijah belum bisa memastikan kapan laboratorium itu akan beroperasi. Namun semakin cepat laboratorium tersebut dikerja, semakin cepat pula laboratorium itu akan dioperasikan.

Apalagi, kata dia, saat ini juga ada beberapa spesimen dari pekerja proyek apartemen yang dikirimkan ke Jakarta karena dicurigai sebagai varian baru.

“Kalau bisa sekarang kenapa nggak. Tapi sekarang sementara dikerja. Mudah-mudahan bisa selesai satu atau dua minggu ini,” katanya.(*)

Penulis : Herwin Bahar

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal29 Juli 2021 16:01
Saksi Sebut NA Tak Terlibat di Bantuan Dana CSR Masjid
"Selesai peletakan batu pertama, Saya makan siang bersama. Pak Petrus sampaikan bahwa dia sumbangkan Rp100 juta untuk masjid, Saya spontan bilang saya...
News29 Juli 2021 13:54
Gerakan Peduli PKL, Ditlantas Polda Sulsel Borong Dagangan dengan Harga 10 Kali Lipat
Aksi kepedulian ini di motori Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sulsel AKBP M Yusuf Usman setelah mendapat instruksi langsung dari Dirlantas Polda Sul...
News29 Juli 2021 11:28
Mantap! Rahmat Erwin Abdullah Lifter Asal Makassar Ukir Rekor di Olimpiade Tokyo 2020
TOKYO– Lifter Indonesia asal Makassar, Rahmat Erwin Abdullah menorehkan pencapaian yang membanggakan, ia berhasil mengukir rekor di Olimpiade To...
News28 Juli 2021 23:39
Fadel Muhammad Tauphan Mantapkan Niat Jadi Ketua HIPMI Makassar
"Jabatan ketua bukanlah satu-satunya alasan saya maju di bursa pemilihan ini. Akan tetapi, ini jalan kami untuk berjuang menuangkan ide dan gagasan ka...