Logo Lintasterkini

Salat Iduladha Diimbau di Rumah, Danny: Kalau Dianggap Salah, Salahkan Wali Kota

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Senin, 19 Juli 2021 20:50

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.

MAKASSAR — Wali Kota Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengimbau masyarakat untuk melaksanakan salat Iduladha di rumah. Demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Danny—sapaan Moh Ramdhan Pomanto— mengaku khawatir bila salat Id dilakukan di masjid atau lapangan. Sebab dinilai dapat memicu klaster Covid-19.

“Kalau (keputusan) ini dianggap salah, salahkan lah Wali Kota, saya tanggung jawab soal itu. Tapi mudah-mudahan ini bukan kesalahan, tapi ini sebuah kebaikan untuk menjaga keselamatan warga,” kata Danny, Senin (19/7/2021).

Kendati begitu, ia menilai semua umat Islam se-Kota Makassar memahami situasi yang terjadi saat ini. Menurutnya, ibadah kurban ini memerlukan pengorbanan, termasuk keputusan ibadah salat id di rumah saja.

Danny pun mengingatkan jika ada yang memaksa melakukan salat di masjid atau lapangan maka penyelenggara harus siap bertanggung jawab jika ada warga yang positif virus corona.

“Kalau misalnya ada yang menyelenggarakan (salat iduladha), kemudian jadi klaster maka penyelenggaranya harus bertanggung jawab,” ucapnya.

Danny menegaskan pertimbangan kesehatan publik menjadi pijakan dalam membuat kebijakan peribadatan di masa pandemi saat ini.

“Kan gampang diukur itu kalau klaster, misalnya ada suatu masjid di tetap selenggarakan minggu depan ada orang sakit hingga mati maka itu klaster,” pungkasnya.(*)

 Komentar

 Terbaru

Bersama Melawan Covid-1930 Juli 2021 00:02
Sinergitas dengan Kampus, Kapolrestabes Makassar Ajak Mahasiswa Vaksin
Witnu juga menambahkan bahwa semoga vaksin yang disalurkan untuk mahasiswa STMIK Handayani akan mencover sehingga tidak mudah untuk terpapar pandemi c...
Hukum & Kriminal29 Juli 2021 23:48
Polda Sulsel Akhirnya Tetapkan Tersangka Kasus Dugaan Korupsi RS Batua Makassar
MAKASSAR– Kasus dugaan korupsi proyek RS Batua Makassar terus berlanjut dalam penyelidikan polisi. Kali ini, Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel ki...
News29 Juli 2021 23:09
Plt Gubernur Apresiasi Kakek 67 Tahun di Makassar yang Bersepeda Belasan Kilo demi Vaksinasi
MAKASSAR– Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menemui seorang kakek yang rela bersepeda untuk mendapatkan vaksin. Perjuangannya diapres...
News29 Juli 2021 22:53
Wali Kota Makassar Bakal Naikkan Insentif Satgas Pengangkut Jenazah Corona
MAKASSAR– Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan (Danny) Pomanto akan menaikkan insentif tim satgas pengangkut jenazah covid-19. Tingginya kasus kemati...