Logo Lintasterkini

Pembukaan Asian Games 2018, Jokowi : Bukti Kebesaran Asia dan Indonesia

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Minggu, 19 Agustus 2018 09:54

Kemegahan pembukaan Asian Games 2018.
Kemegahan pembukaan Asian Games 2018.

JAKARTA – Seremoni pembukaan (opening ceremony) perhalatan pesta olahraga akbar negara-negara Asia (Asian Games) 2018 yang diselenggarakan di Jakarta-Palembang, Indonesia sangat spektakuler. Negara-negara yang berada di Benua Asia yang ikut ambil bagian dalam moment olahraga se-Asian ini sangat memuji kesuksesan pembukaan yang dilakukan oleh Indonesia.

Pencapaian kesuksesan Indonesia melaksanakan pesta olahraga Asian Games 2018 ini, menunjukkan kebesaran Asia dan Indonesia pada khususnya. Sebagaimana dirilis Liputan6.com bahwa perhelatan Asian Games 2018 resmi dibuka Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

“Melalui Asian Games, Indonesia telah membuktikan kebesaran Asian Games ini,” kata Jokowi.

Jokowi meresmikan pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8/2018). Dalam buku panduan pembukaan Asian Games 2018, pria berusia 57 tahun itu menyebut, menjadi tuan rumah Asian Games merupakan sebuah kebanggaan buat Indonesia.

Adanya Asian Games, kata Jokowi, Indonesia berhasil membuktikan bahwa tali persaudaraan antar negara sesama Asia sangat kuat. Tak hanya itu, Indonesia juga bisa menunjukkan kepada dunia mengenai keberagaman budaya.

Dikatakan Presiden Jokowi, kita menyaksikan sebuah ekspresi seni budaya Indonesia. Kita mendengarkan indah dan merdunya alunan musik penyemangat jiwa. Kita menjadi saksi persaudaraan diantara negara-negara Asia.

Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana Joko Widodo.

“Kita mampu menunjukkan kebesaran Asia dan kebesaran Indonesia sendiri sebagai salah satu pemimpin Asia. Pergelaran Asian Games 2018 di Indonesia tahun ini adalah sungguh pergelaran kebesaran Asia, menggelorakan energi Asia dan membuktikan kiprah Indonesia dalam Abad Asia,” kata Jokowi.

Bertepatan dengan HUT RI

Gelaran Asian Games 2018 bertepatan dengan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73. Sehari sebelum seremoni pembukaan Asian Games ini, Jumat (17/8/2018), Indonesia merayakan hari jadinya yang ke-73 tahun. Tentunya, kata Jokowi, para atlet bakal kian bersemangat bersaing di Asian Games demi memberikan kado berupa medali emas untuk kado ulang tahun Indonesia.

“Kita berdoa semoga 931 orang atlet Indonesia yang didukung 400 orang officiaI, mampu meraih prestasi terbaik dan meraih medali emas sebanyak mungkin,” ucapnya.

Di Asian Games 2018, Indonesia menargetkan masuk 10 besar Asia. Kontingen Indonesia ditargetkan meraih medali emas sebanyak 16 hingga 22. Target itu jadi peningkatan dibandingkan pencapaian di Asian Games 2014. Saat itu, Indonesia finis di posisi ke-17 dengan raihan 4 emas, 5 perak, dan 11 perunggu.

[NEXT]

Indonesia Banjir Pujian

Pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (18/8/2018), banjir pujian. Siapa sangka acara spektakuler tersebut hanya dipersiapkan selama satu tahun.

Parade kontingen Indonesia.

Creative Director Opening Ceremony Asian Games 2018, Wishnutama sebagaimana dirilis Bola.com mengatakan upacara pembukaan tersebut merupakan puncak dari sebuah proses panjang dan tak mudah. Bahkan, secara logika sulit mempersiapkan pertunjukkan akbar dalam waktu relatih singkat.

Wishnutama mengatakan pembukaan Asian Games 2018 hanya dipersiapkan selama setahun, mulai konsep awal hingga latihan-latihan intensif.

“Secara logika entertainmen tidak masuk akal. Kami baru mempersiapkan semuanya sejak satu tahun lalu. Ketika bertemu Duta Besar Inggris untuk Indonesia, dia bilang tidak mungkin (mempersiapkan pembukaan Asian Games hanya dalam setahun),” kata Wishnutama dalam konferensi pers di Main Press Center Asian Games 2018.

“Bahkan Inggris yang sudah berpengalaman dengan entertaimen, butuh 10 tahun untuk persiapan Olimpiade London),” tambah Wishnutama lagi.

Wishnutama mengaku secara logika tak masuk akal mewujudkan semuanya dalam waktu relatih singkat. Namun, misi sulit tersebut berhasil terwujud berkat semangat dan kerja keras semua pihak yang terlibat.

“Semua yang terlibat bisa dibilang melakukan kerja bakti. Hingga semua ini bisa terwujud,” kata dia.

Sementara itu, Francis Wanadi selaku Deputi 2 Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 menambahkan, proses mempersiapkan acara pembukaan hanya setahun, kemudia mengerucut enam bulan untuk mematangkan konsep dan lain-lain. Setelah itu, dalam empat bulan terakhir seluruh pengisi acara berlatih dengan keras.

“Semua ini berkat komitmen luar biasa dari semuanya. Berlatih siang dan malam tanpa lelah,” kata Francis.

Acara pembukaan berlangsung meriah dan megah, dengan melibatkan beragam atraksi dan desaing panggung yang mewah.
Pembukaan diawali dengan aksi Presiden RI Joko Widodo naik sepeda motor menuju kawasan SUGBK. Kemudian, ribuan penari saman beraksi dengan koreografi yang epic.

Parade atlet juga berlangsung meriah dengan latar belakang panggung tiga dimensi berbentuk gunung. Tarian kolosal dan penampilan musisi Tanah Air juga menghipnotis penonton dalam acara pembukaan tersebut. Ditambah lagi, saat Via Vallen yang menyanyikan lagu Meraih Bintang, Presiden Jokowi ikut berjoget dan membuat penonton menjadi heboh. (*)

 Komentar

 Terbaru

Peduli Unismuh Fokus Pemulihan Psikososial Anak Usia Sekolah di Sulbar
Dunia Kampus26 Januari 2021 22:32
Peduli Unismuh Fokus Pemulihan Psikososial Anak Usia Sekolah di Sulbar
"Saat konsultasi, Pak Rektor mengingatkan untuk saling membantu sesama manusia, penghuni jagat raya ini. Beliau mengingatkan betapa pentingnya saling ...
Pemkot Makassar Rumahkan Ratusan Honorer
News26 Januari 2021 22:24
Pemkot Makassar Rumahkan Ratusan Honorer
"Hasil evaluasi kinerja tenaga kontrak sudah diusul oleh masing-masing SKPD untuk tidak diperpanjang. Selanjutnya menjadi kewenangan kami (BKPSDM) unt...
Positif Covid-19, Humas IDI Makassar Minta Dukungan Doa
Bersama Melawan Covid-1926 Januari 2021 22:23
Positif Covid-19, Humas IDI Makassar Minta Dukungan Doa
Dokter Wachyudi dirawat di RS Awal Bross sejak Minggu lalu....
Kepala BKPSDMD Makassar Sebut ada Pejabat akan Pindah ke Pempov
Pemerintahan26 Januari 2021 21:41
Kepala BKPSDMD Makassar Sebut ada Pejabat akan Pindah ke Pempov
Nama pejabat itu dirahasiakan. Sebab masih menunggu persetujuan dari Wali Kota Makassar....