Logo Lintasterkini

UMKM di 12 Kota Dapat Pelatihan Digital dari Telkomsel

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Rabu, 19 Agustus 2020 13:59

Webinar UMKM Movement.
Webinar UMKM Movement.

JAKARTA–Telkomsel secara berkelanjutan dan konsisten terus membangun ekosistem digital yang inklusif dengan mempercepat adopsi teknologi dalam ekosistem ekonomi digital melalui pengembangan bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Hal itu diungkapkan Direktur Sales Telkomsel Ririn Widaryani kemarin.

Dia mengatakan, langkah nyata yang diambil Telkomsel guna mewujudkan visi dan komitmen tersebut dengan menyelenggarakan inisiatif berskala nasional dalam bentuk program UMKM Movement. Kegiatan itu digelar pada 12 Agustus 2020, bertepatan dengan Hari UMKM Nasional.

Program yang dikemas dalam kegiatan Webinar ini diselenggarakan serentak di 12 kota, yaitu Pekanbaru, Lampung, Medan, Bandung, Cirebon, Surabaya, Yogyakarta, Balikpapan, Banjarmasin, Malang, Makassar, dan Manado. Tujuannya untuk merangkul para pelaku UMKM agar dapat bangkit dengan meningkatkan produktivitas serta memperluas pasar secara digital, terutama di masa penuh tantangan saat ini.

Ririn menyampaikan, mengambil peran sebagai connectivity enabler, Telkomsel telah menggelar infrastruktur jaringan berteknologi terdepan yang mampu menjangkau 95% wilayah populasi Indonesia. Tercatat lebih dari 228.000 BTS Telkomsel mampu menjangkau lebih dari 95% wilayah Indonesia, dan sebagian besar dari total BTS tersebut terkoneksi jaringan broadband berteknolgi terdepan, 4G LTE.

“Telkomsel siap menghadirkan koneksi berkualitas untuk mendukung transformasi digital sektor bisnis terutama UMKM di berbagi segmen,” ucap Ririn, dalam Siaran Pers, Selasa (18/8/2020).

Pada program webinar UMKM Movement, Telkomsel menghadirkan keunggulan layanan solusi digital 99% Usahaku, yakni sebuah solusi inovatif yang merangkul UMKM untuk go digital dan mampu menjadi ujung tombak dalam menumbuhkan ekonomi nasional secara berkelanjutan.

Platform ini didesain khusus bagi para pelaku usaha kecil maupun menengah, agar mereka bisa meningkatkan kemampuan dan insight bisnis, memperluas koneksi, dan memberikan akses terhadap berbagai solusi digital yang pada akhirnya dapat membantu pelaku UKM untuk meningkatkan produktivitas bisnisnya.

Dalam platform tersebut, Telkomsel juga berkolaborasi dengan pemerintah dan mitra strategis, yang meliputi Kementerian Koperasi dan UKM, LinkAja, Bank Mandiri, dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal. Kata dia, 99% Usahaku menyediakan one stop digital platform yang menghadirkan ragam konten pembelajaran, mulai dari digital learning, artikel informasi bisnis, hingga cerita sukses para pelaku UMKM. Selain itu, 99% Usahaku akan menghubungkan para pelaku UMKM satu sama lain melalui fitur forum diskusi.

Melalui layanan 99% Usahaku, para pelaku UMKM juga bisa menikmati ragam solusi layanan UMKM dari Telkomsel myBusiness, unit usaha Telkomsel yang secara khusus dihadirkan untuk menyediakan solusi enterprise bagi berbagai tingkat bisnis, mulai dari UMKM, korporasi skala menengah dan besar, hingga institusi pemerintahan.

Ririn menjelaskan, berbekal konektivitas terbaik yang dapat diakses oleh para pelaku UMKM di berbagai penjuru negeri, Telkomsel membantu memperkuat ekosistem digital dalam aktivitas bisnis UMKM sehingga dapat mendukung peningkatan efisiensi dan produktivitas.

Program UMKM Movement juga diharapkan menjadi momentum bagi perusahaan bersama para pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk berkolaborasi memperkuat implementasi teknologi digital dalam meningkatkan daya jual sektor UMKM di Tanah Air agar bisa bersaing sejajar dengan ragam produk dari mancanegara.

Para pelaku UMKM pun bisa mendapatkan konten pembelajaran (digital learning, artikel informasi bisnis, cerita sukses, para pelaku UMKM), fitur forum diskusi antar pelaku UMKM, dan ragam solusi layanan bisnis yang disediakan di dalam platform 99% Usahaku. Telkomsel melalui 99% Usahaku kedepannya juga telah menyiapkan sejumlah upaya berkelanjutan dalam mendorong adopsi teknologi dan ekonomi digital di sektor UMKM Tanah Air.

“Ke depan, Telkomsel melalui 99% Usahaku akan terus bergerak maju mengakselerasikan ekosistem digital di dalam UMKM secara menyeluruh dan berkelanjutan,” tegas Ririn. (*)

 

 Komentar

 Terbaru

Jokowi Berpesan Agar Kualitas UMKM di Sulsel Ditingkatkan
Pemerintahan18 Januari 2021 18:55
Jokowi Berpesan Agar Kualitas UMKM di Sulsel Ditingkatkan
MAKASSAR – Di kantor Gubernur Sulsel, Makassar, kerjasama kemitraan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMD...
Wujudkan Pelayanan Prima, Mengurangi Mobilitas, Polres Pangkep Lakukan Ini
News18 Januari 2021 17:27
Wujudkan Pelayanan Prima, Mengurangi Mobilitas, Polres Pangkep Lakukan Ini
Bhabinkamtibmas yang datang mengantar langsung kerumah warga binaanya itu gratis, jadi bagi warganya yang bermohon untuk buat Surat Keterangan Kehilan...
Kali Kedua, Pj Wali Kota Makassar Lantik Pejabat di Masa Pandemi
Pemerintahan18 Januari 2021 17:04
Kali Kedua, Pj Wali Kota Makassar Lantik Pejabat di Masa Pandemi
Pj Wali Kota Makassar Lantik Pejabat di Masa Pandemi...
AMSI-Parekraf Peduli Gelar Konser Amal For Sulbar
News18 Januari 2021 16:55
AMSI-Parekraf Peduli Gelar Konser Amal For Sulbar
Konser amal yang akan dilaksanakan secara virtual ini akan live konser di akun Youtube Fakultas Teknik Industri Universitas Muslim Indonesia (FTI UMI)...