Logo Lintasterkini

AKBP Muh Endro, Sang Komandan yang Dikenang Masyarakat Lutra

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Sabtu, 19 November 2016 21:13

Kapolres Luwu Utara, AKBP Muh Endro akan menjabat Wadir Narkoba Polda Banten.
Kapolres Luwu Utara, AKBP Muh Endro akan menjabat Wadir Narkoba Polda Banten.

LUWU UTARA – Kurang lebih menjabat selama 16 bulan, Kapolres Luwu Utara AKBP Muhammad Endro bersiap-siap meninggalkan tempat tugasnya. Di wilayah hukum Luwu Utara (Lutra), nama Endro tidak asing lagi bagi masyarakat di daerah itu.

Bagi masyarakat di Lutra, Endro dikenal sebagai sosok dan jiwa yang mudah berbaur dengan masyarakat dari berbagai elemen dan kasta sekalipun. Ia dikenal dan dikenal oleh masyarakat karena pada dirinya ikhlas bekerja dan berbuat yang terbaik bagi masyarakat di Luwu Utara.

Sang Kapolres Lutra ini sesuai telegram Kapolri yang dirilis tertanggal 17 Nopember 2016 menugaskan AKBP Muh Endro menduduki posisi baru sebagai Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Banten. Adanya Telegram Kapolri ini, membuat dengan ikhlas Endro bersiap-siap mengemas barang-barangnya, meninggalkan wilayah tugasnya sebagai daerah yang sarat konflik, namun di bawah kendalinya sebagai Kapolres Lutra, dia mampu meredam konflik masyarakat menjadi kehidupan yang aman, damai dan tentram.

Sebagai bukti kecintaan masyarakat terhadap sosok Endro dapat dilihat berbagai respon, tanggapan dan komentar masyarakat Luwu Utara di laman resmi Facebook milik Perwira Polisi berpangkat dua melati di pundaknya ini. Salah satu masyarakat memberi tanggapan atau komentar di laman Facebook Muh Endro yang mengatakan “Selamat bertugas di tempat yang baru, dan sukses selalu, kami masyarakat Luwu Utara mengucapkan banyak terima kasih telah berhasil mengamankan Luwu Utara dari bentrokan”.

Status lain juga dari segenap pengurus DPD II KNPI Luwu Utara. Status yang ditulis seperti ini, “Segenap Jajaran Pengurus DPD II KNPI Luwu Utara mengucapkan selamat dan Sukses kepada sang Komandan AKBP Muhammad Endro atas jabatan baru di Polda Propinsi Banten sebagai Wadir Resnarkoba. Dalam Catatan kami, sejak menjabat sebagai Kapolres Luwu Utara selama kurun waktu 16 bulan lamanya, sosok yang bersahabat, santai nan tegas ini telah berhasil merubah daerah yang sarat konflik, bunyi letusan Papporo di beberapa tempat menjadi daerah yang relatif aman, nyaman dan kondusif. kalau mau jujur, Luwu Utara saat ini masih membutuhkan keberadaan sang komandan yang telah banyak berbuat untuk daerah dari sisi Kamtibmas. Bahkan telah mampu mempersatukan para pemuda di daerah konflik dengan berbagai ajang kreatifitas pemuda. Namun di sisi lain, beliau adalah abdi negara yang memiliki jenjang karir dalam Institusi Kepolisian. Oleh karena itu, Harapan Pemuda kepada Kapolda Sulsel, semoga dalam mutasi pejabat di jajaran Polda Sulsel, agar menempatkan Kapolres Luwu Utara yang baru seperti sosok Muhammad Endro yang telah menjadi sahabat para pemuda Luwu Utara. Selamat menjalankan tugas baru komandan-ku, jangan lupakan kami, terima kasih atas bakti dan karyamu di daerah kami, doa kami senantiasa menyertai derap langkah Sang Komandan-ku”.

Beragam pujian, sanjungan atas sikap tegasnya, namun memasyarakat, Endro pun hanya tersenyum menanggapinya. Menurut dia, kehidupan yang aman, damai, kondusif di Kabupaten Luwu Utara tentu bukan hanya karena diri Endro semata. Namun semua itu dapat tercapai, karena dukungan seluruh komponen masyarakat, yang saling bahu-membahu, bermitra dengan aparat kepolisian, sehingga tercipta kehidupan yang aman dan tentram.

“Saya hanya berpesan kepada seluruh masyarakat di Luwu Utara ini, tetaplah hidup rukun damai, jagalah kondisi Kamtibmas agar tercipta dan dapat dipertahankan kehidupan masyarakat Luwu Utara yang aman, tentram, damai, kondusif dan tidak ada lagi konflik-konflik yang terjadi. Kita semua ini adalah satu keluarga besar, yang harus saling menjaga dan mengingatkan satu sama lainnya, jaga kerukunan yang sudah terbangun baik,” pesan Endro. (*)

 Komentar

 Terbaru

Jadi Tahanan KPK, Nurdin Abdullah : Saya Ikhlas
Hukum & Kriminal28 Februari 2021 08:50
Jadi Tahanan KPK, Nurdin Abdullah : Saya Ikhlas
Nurdin sempat mengatakan bahwa dirinya tidak tahu apa-apa dalam kasus tersebut. "Saya tidak tau kalau staf saya lakukan transaksi," tambahnya....
KPK Ungkap Suap untuk Nurdin Abdullah dari Anggu Lewat Edy Rahmat
Hukum & Kriminal28 Februari 2021 08:37
KPK Ungkap Suap untuk Nurdin Abdullah dari Anggu Lewat Edy Rahmat
"AS (Anggu) telah lama kenal baik dengan NA (Nurdin Abdullah) berkeinginan mendapatkan beberapa proyek pekerjaan infrastruktur di Sulawesi Selatan TA ...
KPK Tetapkan Gubernur Sulsel Tersangka Kasus Suap
Hukum & Kriminal28 Februari 2021 02:39
KPK Tetapkan Gubernur Sulsel Tersangka Kasus Suap
Firli lalu bilang, KPK akan mengusut kasus dugaan korupsi lainnya atas informasi yang diterima dari masyarakat....
Kontraktor yang Terjaring OTT Disebut Dekat dengan Nurdin Abdullah
News28 Februari 2021 01:18
Kontraktor yang Terjaring OTT Disebut Dekat dengan Nurdin Abdullah
Hal itu diungkap Kadir Halid, yang saat itu menjadi Ketua Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket 2019....