Logo Lintasterkini

OJK Siapkan Aturan Khusus Financial Technology

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Sabtu, 19 November 2016 09:04

Fintech.
Fintech.

JAKARTA – Anggota Dewan Komisioner bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Kusumaningtuti S Soetiono mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan peraturan khusus terkait dengan Financial Technology (Fintech) yang bisa lintas departemen atau lembaga terkait dengan terus menyesuaikan dan memperhatikan aspek-aspek perlindungan konsumen. Hal ini digunakan untuk menjaga antusiasme agar tetap berjalan dan bisa menjawab akses keuangan yang ada di daerah-daerah terpencil dengan adanya teknologi.

Kusumaningtuti, Jumat (18/11/2016) mengatakan, dalam menyusun aturan, pihaknya sangat berhati-hati karena antusiasmenya sangat banyak. Sebagai regulator kita terus perhatikan kepentingan konsumen yang beragam, Selain itu juga aspek-aspek perlindungan konsumen kita masukan di dalam peraturan tersebut, sehingga mereka tetap harus memperhatikan hak dan kewajiban konsumen pengguna.

“Kita ingin tetap tumbuh, agar terjadi terobosan agar akses keuangan yang ditargetkan bisa menjangkau daerah terpencil, pulau terluar dan daerah tidak terjangkau bisa terjawab dengan menggunakan Fintech,” katanya.

Menurutnya, perkembangan Financial Teknologi isangat pesat, bukan hanya di Indonesia akan tetapi di seluruh dunia. Ia menyebutkan, data transaksi di Indonesia yang menggunakan teknologi di tahun 2015 mencapai 590 Miliar Dolar US.

“Hal itu menunjukan jumlah peningkatan sebesar 10 persen dibanding tahun 2014, Saya kira ini akan terus meningkat baik di tahun ini dan tahun depanya lagi,” tambah Kusumaningtuti.

Ia menyebutkan, alasan kenapa transaksi penggunaan teknologi tersebut meningkat, karena terjadi kemudahan akses keuangan.

“Yang sebelumnya ada pesyaratan yang kompleks di fasilitas konvesional, itu bisa ditanggulangi dengan kecanggihan teknologi. Hal ini tentu merupakan sebuah kemajuan di dalam Financial teknologi itu sendiri,” ujarnya. (*)

 Komentar

 Terbaru

Sebelum Memperkosa, Pria di Pinrang Ancam Akan Bunuh Korbannya
Hukum & Kriminal21 April 2021 03:00
Sebelum Memperkosa, Pria di Pinrang Ancam Akan Bunuh Korbannya
"Kejadiannya pada 18 Maret 2021, di Sulili Barat Paleteang," ungkapnya melalui keterangan resminya....
Pengurus KPMP Cabang Tiroang Pinrang Resmi Dilantik
Dunia Kampus21 April 2021 02:08
Pengurus KPMP Cabang Tiroang Pinrang Resmi Dilantik
Ketua Umum PP KPMP, Abdullah Pocing berharap, jika pengurus cabang Tiroang yang telah dilantik dapat mengemban amanah organisasi dengan penuh tanggung...
Polres Soppeng Gelar Patroli Blue Light Sasar Balapan Liar
News21 April 2021 01:21
Polres Soppeng Gelar Patroli Blue Light Sasar Balapan Liar
Ada pun tujuan patroli ini, untuk menciptakan Kamseltibcar Lantas. Serta demi memberi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pengguna jalan....
Dana Kelurahan di Makassar Direfocusing ke Penanganan Covid-19
Bersama Melawan Covid-1920 April 2021 22:53
Dana Kelurahan di Makassar Direfocusing ke Penanganan Covid-19
Hal tersebut disampaikan Plt Kepala BPKA Makassar, Helmi Budiman kepada awak media, Selasa (20/04/2021)....