Logo Lintasterkini

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo : Sinergitas TNI-Polri Strategis Jaga NKRI

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Minggu, 19 November 2017 23:13

Panglima TNI, Jenderal TNI gatot Nurmantyo menemui satgas operasi pembebasan sandera di Tembagapura, Mimika, Papua.
Panglima TNI, Jenderal TNI gatot Nurmantyo menemui satgas operasi pembebasan sandera di Tembagapura, Mimika, Papua.

MIMIKA – Keberhasilan pembebasan sandera di Papua adalah bentuk dari kerja sama TNI dan Polri. Hal itu menjadi bukti nyata kekompakan dan kebersamaan TNI dan Polri sangat strategis dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan dilihat dunia sebagai sesuatu yang sangat luar biasa.

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo di hadapan prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Operasi Pembebasan Sandera Papua. Panglima TNI menemui prajuritnya bertempat di Sporthall Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, Minggu (19/11/2017).

Lebih lanjut Gatot Nurmantyo menyampaikan, dalam pembebasan sandera tersebut, informasi sekecil apapun ditampung dan dirumuskan dalam satu kalimat, dibuat petanya sehingga keputusan tepat diambil untuk melaksanakan langkah selanjutnya. Ia menegaskan, tidak mungkin pasukan yang bergerak tanpa informasi yang akurat dan tepat.

“Kami semua bersyukur tidak sampai 12 jam, evakuasi korban sandera bisa dilaksanakan ke Timika,” ujarnya.

Jenderal TNI bintang empat ini melanjutkan, dalam menyikapi kondisi keamanan dalam negeri, TNI dan Polri harus berperan sesuai dengan konteks situasi dalam negeri. Dalam konteks situasi damai Polri paling depan, TNI di depan bila situasi genting darurat militer.

“Kerja sama TNI dan Polri seperti ini yang harus selalu dipertahankan, karena tonggak NKRI ada di TNI dan Polri,” katanya.

Sementara itu dalam hal politik, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyampaikan bahwa TNI dan Polri mempunyai kepentingan yang sama yaitu Politik Negara. Hal itu juga pernah dikatakan Presiden RI Ir. Joko Widodo pada saat di Akpol yang menyampaikan politik Polri sama dengan TNI, adalah politik negara. Politik negara adalah politik yang semuanya dicurahkan untuk keutuhan NKRI.

“Semua kegiatan TNI dan Polri dicurahkan untuk NKRI yaitu kepentingan rakyat. TNI dan Polri harus patuh pada hukum dan taat pada atasan. Atasan tertinggi TNI dan Polri adalah Presiden Republik Indonesia,” tegas Panglima TNI.

Terkait dengan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018, Gatot Nurmantyo kembali mengingatkan agar TNI dan Polri tetap bersikap netral. Hal itu diperlukan karena netralitas TNI dan Polri sangat dibutuhkan pada saat pelaksanaan Pilkada. (*)

 Komentar

 Terbaru

Nasional29 Juli 2021 17:47
Kopel Minta Setop Fasilitas Isoman bagi Anggota DPR
MAKASSAR — Fasilitas Isolasi Mandiri (Isoman) untuk anggota DPR yang terpapar Covid-19 disorot Komite Pemantau Legislatif (Kopel). Terlalu diistimew...
Hukum & Kriminal29 Juli 2021 17:33
Diduga Gegara Dendam, Seorang Warga Maroneng Pinrang Tewas Ditebas Parang
PINRANG –La Saleng, warga Desa Marineng Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang tewas mengenaskan setelah ditebas senjata tajam jenis Parang oleh ...
Hukum & Kriminal29 Juli 2021 16:01
Saksi Sebut NA Tak Terlibat di Bantuan Dana CSR Masjid
"Selesai peletakan batu pertama, Saya makan siang bersama. Pak Petrus sampaikan bahwa dia sumbangkan Rp100 juta untuk masjid, Saya spontan bilang saya...
News29 Juli 2021 13:54
Gerakan Peduli PKL, Ditlantas Polda Sulsel Borong Dagangan dengan Harga 10 Kali Lipat
Aksi kepedulian ini di motori Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sulsel AKBP M Yusuf Usman setelah mendapat instruksi langsung dari Dirlantas Polda Sul...