Logo Lintasterkini

Inilah Alasan SBY Harus Bersinergi dengan Pemprov DKI Tangani Banjir

Muh Syukri
Muh Syukri

Minggu, 20 Januari 2013 17:37

SBY
SBY

SBY

JAKARTA – Rapat terpadu sebelum SBY melakukan blusukan di bantaran kali Ciliwung yang daerah Kampung Melayu, Jakarta Timur bertujuan untuk melakukan sinergisitas antara pemerintah pusat dengan Pemprov DKI Jakarta untuk menangani banjir yang melanda ibukota.

“Pemerintah memandang penting untuk mencari solusi yang strategis. Bukan tahunan, tetapi harapan kita solusi kali ini paling tidak bisa lebih signifikan mengurangi banjir,” ujar SBY dalam konferensi persnya usai melakukan blusukan (Minggu, 20/1).

Untuk itu, lanjut SBY, diperlukan sinergisitas antara pemerintah pusat dan Pemprov DKI untuk menyelesaikan banjir 2013 ini. Lebih lanjut, SBY alasan mengapa harus ada sinergisitas tersebut.

“Pertama, Jakarta jangan hanya dilihat sebagai salah satu provinsi dari 33 provinsi yang ada di Indonesia. Tapi sebagai pusat dari pemeintahan dan pusat lembaga-lembaga kenegaraan, juga pusat ekonomi dan hubungan internasional,” ujarnya.

Kedua, lanjut SBY, skala dari bencana banjir ini tidak bisa diatasi oleh Pemprov DKI semata.

“Oleh karena itulah, saya pandang perlu untuk mengambil keputusan dan menetapkan kebijakan untuk bersinergi, mana yang kita percayakan dan mesti bisa dilakukan oleh Pemprov DKI dan mana-mana yang diluar kemampuannya,” lanjut SBY.

Lebih lanjut, SBY menyebut bahwa pemerintah pusat akan segera memberikan alokasi dana untuk membantu dan menanggulangi banjir.

“Kemudian anggarannya dialokasikan dari sisi pemerintah pusat,” demikian SBY. (rmol)

 Komentar

 Terbaru

Pemerintahan28 Mei 2024 23:51
Pemkab Banggai Kagumi Inovasi Smart City di War Room Makassar
MAKASSAR – Bupati Kabupaten Banggai, Amirudin Tamoreka, melakukan kunjungan ke War Room Pemerintah Kota Makassar untuk mempelajari penerapan kon...
News28 Mei 2024 20:17
Inspektorat Daerah Makassar Tampilkan 4 Inovasi Pengawasan di Expo Pengawasan Intern Tahun 2024
MAKASSAR – Inspektorat Daerah Kota Makassar mengikuti Expo Pengawasan Intern 2024 di Jakarta. Makassar menjadi salah satu dari 30 Pemerintah Pro...
Gaya Hidup28 Mei 2024 16:00
Bugis Waterpark Adventure Kembali Gelar Kompetisi Zumba, Pesertanya Tembus Ribuan Orang
MAKASSAR – Ribuan orang mengikuti kompetisi zumba yang terselenggarakan pada Minggu, 26 Mei 2024. Kompetisi ini digelar di Main Foodcourt Bugis ...
News28 Mei 2024 14:25
KBO Satnarkoba Polres Sidrap Beri Penyuluhan Hukum Tentang Narkoba ke Masyarakat Sereang
SIDRAP – Kaur Bin Ops (KBO) Satnarkoba Polres Sidrap IPDA Amdaryono Saputra, SH memberikan Penyuluhan Hukum tentang Narkoba kepada masyarakat di...