Logo Lintasterkini

Simak Cara Pakai Minyak Rambut yang Benar untuk Laki-laki

Fakra
Fakra

Senin, 20 Mei 2024 13:36

Minyak rambut punya banyak manfaat baik bagi laki-laki maupun perempuan.(Foto:ist)
Minyak rambut punya banyak manfaat baik bagi laki-laki maupun perempuan.(Foto:ist)

MAKASSAR – Minyak rambut punya banyak manfaat baik bagi laki-laki maupun perempuan. Sayangnya, masih banyak laki-laki yang belum rutin merawat rambut menggunakan minyak rambut.

Padahal, rambut berperan penting pada penampilan laki-laki. Meskipun tampil dengan outfit terbaik, namun rambut yang tidak terawat akan mengacaukan penampilanmu

Adapun manfaat minyak rambut untuk laki-laki antara lain, kondisioner alami rambut, menenangkan rambut dan kulit kepala, melawan infeksi jamur dan bakteri, mencegah ketombe, dan memberikan kilau alami rambut.

Tak asal oles, kamu harus mengetahui cara pakai minyak rambut yang benar untuk laki-laki. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini dari Healthline dan Times of India.

Pada dasarnya, tidak ada perbedaan cara pakai minyak rambut untuk laki-laki dan perempuan, seperti dikutip dari Times of India. Namun, beberapa perempuan mungkin butuh perawatan lebih ekstra karena memiliki rambut panjang.  Berikut cara pakai minyak rambut yang benar untuk laki-laki seperti dilansir dari Healthline.

1. Oleskan minyak rambut pada rambut dan kulit kepala secara merata

2. Pijat dengan ujung jari menggunakan gerakan memutar

3. Tutupi rambut dengan handuk, dan biarkan semalaman. Jika tidak memungkinkan untuk mendiamkan rambut semalaman, kamu bisa menggunakan minyak rambut satu jam sebelum keramas dan bungkus kepala dengan handuk hangat.

Langkah ini dapat membantu mengekstrak nutrisi dari minyak rambut dalam jangka waktu singkat.

4. Keesokan harinya, keramas rambut menggunakan sampo, dan bilas sampai bersih.

Namun demikian, ada pendapat berbeda mengenai durasi menggunakan minyak rambut. Melansir dari Times of India, pemakaian minyak rambut disarankan hanya selama satu sampai dua jam untuk sekali perawatan.

Sebab, membiarkan minyak rambut lebih lama dari dua jam berisiko menimbulkan jerawat pada kulit kepala.

Selain itu, minyak rambut akan meresap ke pori-pori kulit jika didiamkan lebih dari dua jam.  Sementara, pilihan kandungan minyak rambut dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi rambut. Sebab, setiap kandungan minyak rambut punya khasiat berbeda-beda.

Jadi, sebaiknya kamu melakukan uji reaksi kulit atau patch test sebelum memakai minyak rambut. Beberapa kandungan minyak rambut yang aman dipakai antara lain, minyak kelapa, wijen, kelor, almond, moringa, dan minyak zaitun.

Lantas, kapan waktu memakai minyak rambut yang tepat? Ada persamaan pendapat dari sejumlah ahli mengenai jadwal pemakaian minyak rambut.  Melansir dari Healthline, Pelatih Kesehatan di Klinik Ayurveda, Dr. Varalakshmi Yanamandra, merekomendasikan pemakaian minyak rambut minimal dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

Idealnya, minyak rambut dioleskan pada malam lalu didiamkan semalaman, kemudian bilas hingga bersih di pagi hari.

Serupa, Dermatologist Dr. Kiran Lohia juga menyampaikan hal serupa dalam Times of India. Kiran menganjurkan pemakaian minyak rambut minimal satu hingga dua kali dalam sepekan, baik untuk laki-laki maupun perempuan.

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis15 Juli 2024 18:40
Ekspansi ke IKN, Kalla Beton Turut Berkontribusi Dalam Pembangunan Infrastruktur
PENAJAM – Kalla Beton terus melakukan ekspansi bisnis di berbagai wilayah. Selain di wilayah Sulawesi, kini perusahaan manufaktur milik KALLA in...
Pemerintahan15 Juli 2024 17:21
Pembangunan Gedung Makassar Government Center Siap Dilanjutkan ke Tahap Kedua
MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan pembangunan gedung Makassar Government Center atau MGC siap dilanjutkan ke tahap ke...
Pemerintahan15 Juli 2024 13:52
Dorong Kreatifitas Program Kerja Remaja Masjid, Kesra Makassar Beri Pelatihan
MAKASSAR – Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Makassar memberi pelatihan kepada 1.500 remaja masjid di Kota Makassa...
Pemerintahan15 Juli 2024 11:11
Sukses Terselenggara, Event Beautiful Malino 2024 Berhasil Tarik Minat Pengunjung
GOWA – Pelaksanaan Beautiful Malino 2024 yang digelar sejak tanggal 12-14 Juli 2024 berjalan lancar dan meriah. Kegiatan yang dipusatkan di Huta...