Logo Lintasterkini

Jual Handphone Curian di Facebook, Pakistan Diringkus Polisi

Maulana Karim
Maulana Karim

Minggu, 20 Juni 2021 21:46

Polsek Tamalanrea Kota Makassar Ringkus Pelaku Pencurian. (Istimewa).
Polsek Tamalanrea Kota Makassar Ringkus Pelaku Pencurian. (Istimewa).

MAKASSAR– Sepak terjang Rahim Sada alias Pakistan di dunia pencurian berakhir di tangan polisi.

Pria 29 tahun itu akhirnya ditangkap Tim Opsnal Polsek Tamalanrea, Makassar usai melakukan aksi pencurian ponsel di salah satu warung makan di BTN Hamzi No 16 A Tamalanrea.

Kapolsek Tamalanrea AKP Muhammadi Mukhtari mengatakan, Pakistan merupakan Warga Jl Abu Bakar Lambogo, Kelurahan Barabaraya Kota Makassar, yang melakukan aksi pencurian ponsel di salah satu warung makan di Kecamatan Tamalanrea.

“Pelaku melakukan pencurian di salah satu warung makan di Tamalanrea dengan berpura-pura memesan ayam geprek di warung milik bernama Anugrah. Kemudian, saat pesannya disiapkan, pelaku (Pakistan) pun mengambil ponsel milik korban yang ditaruh di atas meja, lalu kabur,” kata Muhammad Mukhtari dikonfirmasi via WhatsApp, Ahad (20/6/2021) sore.

Usai kejadian itu, korban pun akhirnya melaporkan kejadian itu ke Polsek Tamalanrea pada Kamis kemarin.

Tim Opsnal Polsek Tamalanrea yang dipimpin Ipda Muh Iqbal Koeman berhasil melacak keberadaan ponsel Anugrah.

Saat diselidiki, lanjut Mukhtari, ternyata ponsel yang dicuri Pakistan itu, rupanya telah di jual ke lelaki LB dan IS malalui transaksi jual beli online di salah satu akun facebook.

“Pengakuan yang pembeli yang berinisial LB dan IS, dia mendapatkan hasil kejahatan itu dengan cara dibeli melalui media sosial facebook dengan Akun Tasyarohmani,” katanya.

Dari hasil penelusuran itu, hingga akhirnya Pakistan ditangkap di Jl Batua Raya, Makassar. Dari penangkapan, polisi menyita satu unit motor Yamaha Fino cokelat yang digunakan Pakistan beraksi dan satu unit ponsel android curian Pakistan yang merupakan milik Anugra.

Kepada polisi, Pakistan rupanya telah beberapa kali melakukan aksi pencurian di wilayah hukum Polsek Tamalanrea.

Mulai dari melakukan pencurian dengan modus mengambil barang dari mobil yang sedang parkir dengan wilayah operasi sepanjang Jl Perintis Kemedekaan serta Jalan Poros Tamalanrea Raya.

Melakukan pencurian satu buah tas berisikan satu unit laptop di Jl Perintis Kemerdekaan di Toko CAT samping Kampus UIM Makassar, pada bulan Oktober 2020 dengan modus mengambil barang dari dalam mobil yang sedang parkir.

Kemudian, melakukan pencurian satu unit ponsel merek Oppo A37 di Jl Perintis Kemerdekaan dengan modus mengambil dari dalam mobil parkir pada tahun 2020.

“Uang hasil penjualan handphone tersebut senilai Rp 1,3 juta telah di gunakan pelaku (Pakistan) untuk keperluan sehari hari,” terang AKP Muhammadi Mukhtari.

Atas perbuatannya, kini Pakistan diamankan di Mapolsek Tamalanrea. Ia dijerat pasal 363 KUHPidana dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara. (*)

Penulis : Mul

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal25 Juli 2021 21:23
Tak Diberi Uang Saat Mau Gadai Barang, Penjual Ikan di Pinrang Tikam Korbannya Pakai Badik
PINRANG– Seorang pria berinisial NA 34 tahun di Kabupaten Pinrang diringkus polisi usai melakukan penganiayaan dengan menikam korbannya mengguna...
Hukum & Kriminal25 Juli 2021 20:12
Gara-gara Tersinggung, Dua Pria di Pinrang Aniaya Tiga Pemuda Pakai Celurit
PINRANG– Dua pria di Kabupaten Pinrang diamankan jajaran Resmob Satreskrim Polres Pinrang lantaran telah melakukan pengeroyokan. Kedua pria itu ...
Hukum & Kriminal25 Juli 2021 16:24
Kenalan Lewat Game Online, Pemuda Sidrap Setubuhi dan Bawa Lari Gadis di Bawah Umur
MAKASSAR– Unit Jatanras Kepolisian Resor Kota Besar Makassar berhasil mengamankan seorang pemuda yang melarikan anak di bawah umur. Pelaku adala...
News25 Juli 2021 13:27
Besok, Makassar Sudah Terapkan PPKM Level IV, Apa Saja yang Dibatasi?
Dalam rapat tersebut terungkap penerapan PPKM level IV juga akan diberlakukan di Sulawesi Selatan ( Sulsel ). Untuk di Makassar, pemberlakuan dilaksan...