Logo Lintasterkini

26.000 Kendaraan Bermotor Sulbar Belum Bayar Pajak

Muh Syukri
Muh Syukri

Kamis, 20 September 2012 07:57

ilustrasi
ilustrasi

ilustrasi

MAMUJU – Tercatat 26.000 kendaraan bermotor baik roda dua, roda empat maupun kendaraan dinas di Sulawesi Barat, hingga sekarang ini belum membayar pajak.

“Berdasarkan data terakhir yang kami miliki tercatat sebanyak 26.000 kendaraan bermotor tidak melakukan pembayaran pajak termasuk kendaraan dinas lingkup pemprov Sulbar,” kata Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Sulbar, H.Mujirin M Yamin di Mamuju, Rabu.

Menurutnya, ada beberapa indikator sehingga masyarakat pengguna kendaraan ini tidak membayar pajak diantaranya karena kendaraan yang digunakan pemiliknya masih berstatus kredit, kendaraan tua dan sebagian karena obyek pajak berada di wilayah terpencil.

“Banyak juga kendaraan baru yang menunggak pajak. Ini terjadi umumnya pada kendaraan roda dua yang diprediksi masih berstatus kredit,”ujarnya.

Karena itu kata dia, pemerintah telah melakukan kebijakan dengan menggaratiskan pembayaran tunggakan pajak.

” Bagi kendaraan yang menunggak pajak tidak perlu risau dan cukup hanya membayar pajak tahun ini. Kebijakan ini dilakukan agar potensi pajak kendaraan ini bisa tercapai sesuai dengan target,”katanya.

Untuk wilayah terpencil kata dia, jajarannya juga akan menempatkan pelayanan pembayaran pajak pada kantor kecamatan.

“Banyak kendaraan roda dua di wilayah terpencil tidak melakukan pembayaran pajak karena jauh dari pelayanan. Makanya, kita akan menempatkan pos-pos pelayanan di wilayah terpencil agar obyek pajak ini melakukan pembayaran guna menopang PAD kita,”kata Mujirin.

Penempatan pos pelayanan pajak di daerah terpencil ini ini kata dia, baru akan efektif berjalan pada awal 2013 mendatang. (ant)

 Komentar

 Terbaru

Pemerintahan28 Mei 2024 23:51
Pemkab Banggai Kagumi Inovasi Smart City di War Room Makassar
MAKASSAR – Bupati Kabupaten Banggai, Amirudin Tamoreka, melakukan kunjungan ke War Room Pemerintah Kota Makassar untuk mempelajari penerapan kon...
News28 Mei 2024 20:17
Inspektorat Daerah Makassar Tampilkan 4 Inovasi Pengawasan di Expo Pengawasan Intern Tahun 2024
MAKASSAR – Inspektorat Daerah Kota Makassar mengikuti Expo Pengawasan Intern 2024 di Jakarta. Makassar menjadi salah satu dari 30 Pemerintah Pro...
Gaya Hidup28 Mei 2024 16:00
Bugis Waterpark Adventure Kembali Gelar Kompetisi Zumba, Pesertanya Tembus Ribuan Orang
MAKASSAR – Ribuan orang mengikuti kompetisi zumba yang terselenggarakan pada Minggu, 26 Mei 2024. Kompetisi ini digelar di Main Foodcourt Bugis ...
News28 Mei 2024 14:25
KBO Satnarkoba Polres Sidrap Beri Penyuluhan Hukum Tentang Narkoba ke Masyarakat Sereang
SIDRAP – Kaur Bin Ops (KBO) Satnarkoba Polres Sidrap IPDA Amdaryono Saputra, SH memberikan Penyuluhan Hukum tentang Narkoba kepada masyarakat di...