Logo Lintasterkini

Pelaku Bom ATM Mandiri Diduga Nelayan

Muh Syukri
Muh Syukri

Kamis, 20 September 2012 13:34

Kasat Reskrim Polrestabes Makassar AKBP Himawan memperlihatkan skesta wajah kedua pelaku bom
Kasat Reskrim Polrestabes Makassar AKBP Himawan memperlihatkan skesta wajah kedua pelaku bom

Kasat Reskrim Polrestabes Makassar AKBP Himawan memperlihatkan skesta wajah kedua pelaku bom

MAKASSAR – Aparat Polrestabes Makassar mengaku terus mengejar pelaku bom di ATM Mandiri Jalan Kakatua yang identitasnya sudah dikantongi. Kamis (20/9/2012), pihak kepolisian merilis sketsa wajah dua orang yang diduga pelaku bom.

Kasat Reskrim Polrestabes Makassar AKBP Himawan, kepada wartawan di Mapolrestabes Makassar menjelaskan, kedua pelaku diduga adalah warga Jalan Rajawali Makassar. Rumah keduanya, sambungnya, bahkan telah digerebek namun pelaku belum tertangkap.

“Kami memperkirakan pelaku berusia 30 tahun. Saksi-saksi mengaku pernah melihat mereka di sekitar TKP,” tandas Himawan.

Untuk mengejar pelaku, tandasnya, polisi menyebarkan sketsa wajah atau reka digital yang dilakukan Polda Sulselbar. Sketsa wajah dibuat dengan alat khusus berasal dari Australia.

Dijelaskan lebih lanjut, mereka diduga berprofesi sebagai nelayan. Himawan menjelaskan, sudah ada enam orang saksi yang diperiksa terkait kejadian ini. Hasil labfor Polda Sulsel menunjukkan komposisi bahan peledak berupa amonium nitrat, bensin, dan agel. Agel sengaja dimasukkan karena dapat mempercepat daya ledak bahan-bahan itu.

“Ini kriminal murni, pelakunya amatir. Mereka bertujuan membobol ATM, tapi tidak berhasil. Bahan-bahannya sangat gampang ditemukan di toko alat pertanian, karena amonium nitrat adalah bahan baku pupuk,” tuturnya.

Reka digital dilakukan berdasarkan pula dari rekaman CCTV ATM Bank Mandiri, Jalan Kakatua. Orang pertama adalah yang melakukan penarikan uang. Orang ini beranbut pendek dengan tampilan wajah cukup jelas di CCTV. Sedangkan orang kedua masuk ke ruang ATM beberapa saat setelah orang pertama.

Dia mengenakan tas pinggang berwarna gelap. Dalam rekaman berdurasi kurang dari dua menit itu, lelaki tersebut tampak meletakkan sebuah botol di lantai lalu bergegas keluar. Tak lama berselang, terjadilah ledakan.(reza)

 Komentar

 Terbaru

News27 Mei 2024 18:05
Gelar Hotman 911 di W Super Club Makassar, Hotman Paris Bantu Kasus Hukum di Makassar Secara Gratis
MAKASSAR – Pengacara ternama, Hotman Paris kembali mengadakan layanan bantuan hukum gratis di Makassar, Sulawesi Selatan, melalui program Hotman 911...
News27 Mei 2024 15:01
Ini 11 Jalanan di Enrekang  yang Rusak Parah, Satlantas Polres Enrekang Surati Balai Nasional
MAKASSAR – Pasca banjir dan longsor di Kabupaten Enrekang membuat sejumlah jalanan rusak parah. Tercatat ada 11 titik lokasi jalan yang rusak parah ...
Ekonomi & Bisnis27 Mei 2024 14:17
Segera Beli Tiket POV Festival Hanya di Kallafriends
MAKASSAR – Superapp Kallafriends menjalin kolaborasi sebagai official ticket partner dalam POV (Point of Views) Festival yang sudah membuka pembelia...
Hukum & Kriminal27 Mei 2024 13:37
Oknum Anggota Polda Sulsel Dilaporkan KDRT, Pelapor Terseret Hingga 10 Meter
MAKASSAR – Seorang oknum anggota Polri berinisial Bripda MA, yang bertugas di Satuan Pelayanan Markas (Yanma) Polda Sulsel, dilaporkan oleh istrinya...