Logo Lintasterkini

Warga Iran Meninggal 2 Hari Setelah Diinterogasi di Bandara AS

Muh Syukri
Muh Syukri

Kamis, 20 Desember 2012 18:35

Warga Iran Meninggal 2 Hari Setelah Diinterogasi di Bandara AS

WASHINGTON – Seorang warga negara Iran telah meninggal di Amerika Serikat, dua hari setelah dirinya diinterogasi selama 5 jam di Bandara Internasional Washington Dulles, AS. Pria bernama Daryoush Sarreshteh tersebut meninggal pada usia 73 tahun.

Pria Iran itu beserta istrinya tiba di bandara Dulles pada 6 November lalu sekembalinya mereka dari Tabriz, Iran untuk menemui putri dan cucu mereka. Istri Sarreshteh merupakan warga negara AS dan Sarreshteh sendiri pemegang kartu hijau (green card), namun dia tak pernah berada di AS dalam tiga tahun terakhir.

Hal inilah yang menimbulkan kecurigaan petugas Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan di bandara sehingga menginterogasi pasangan tersebut secara intens.

Menurut istri Sarreshteh, selama interogasi tersebut, banyak teriakan dan intimidasi dalam bahasa Inggris. Interogasi tersebut berlangsung lebih dari lima jam. Demikian seperti diberitakan Washington Post, Kamis (20/12/2012).

Menurut sang istri, begitu selesai diinterogasi, suaminya tampak pucat dan ketakutan. Dua hari kemudian dia mengalami serangan jantung dan meninggal pada 8 November lalu.

Keluarga Sarreshteh beranggapan, interogasi panjang dan kasar yang dilakukan para petugas telah menyebabkan kematiannya “dikarenakan lima jam stres.”

Keluarga Sarreshteh kini tengah mempertimbangkan untuk mengajukan gugatan terhadap Bea Cukai. “Ini pada dasarnya merupakan penahanan yang tidak sah,” tutur pengacara keluarga Sarreshteh, Demetrios Pikrallidas.

“Tak ada alasan untuk menahannya selama lima jam,” imbuhnya.

Pihak Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan di Dulles membantah telah memperlakukan pasangan tersebut dengan tidak semestinya. Ditegaskan bahwa interogasi tersebut sifatnya adalah rutin.

(ita/nrl)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal24 September 2023 22:32
Dijadikan Terdakwa, Perwakilan Investor Berharap Ada Keadilan
MANADO – Pengadilan Negeri (PN) Manado, saat ini tengah memproses sidang kasus dugaan korupsi PT. Air Manado. Di mana, salah satu terdakwanya, J...
News24 September 2023 19:16
Hari Jadi MaRI Yoga Digelar di Bugis Waterpark Adventure
MAKASSAR – Bugis Waterpark Adventure (BWP) ditunjuk sebagai lokasi diselenggarakannya hari ulang tahun (HUT) MaRI Yoga yang keempat. Kegiatan te...
News24 September 2023 19:13
HUT TNI Ke-78, Personil Polres Sidrap Ikut Aksi Donor Darah
SIDRAP – Personil Polres Sidrap Polda Sulsel mengikuti Bakti Sosial donor darah dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional I...
Kuliner24 September 2023 13:12
Acara Live Cooking di Instagram @thelightmakassar dan @dianfiqhyyy
MAKASSAR – Dalam rangka memberikan pengalaman kuliner yang unik bagi para penggemar masakan, The Light Makassar Hotel menyelenggarakan acara Liv...