Logo Lintasterkini

Warga Iran Meninggal 2 Hari Setelah Diinterogasi di Bandara AS

Muh Syukri
Muh Syukri

Kamis, 20 Desember 2012 18:35

Warga Iran Meninggal 2 Hari Setelah Diinterogasi di Bandara AS

WASHINGTON – Seorang warga negara Iran telah meninggal di Amerika Serikat, dua hari setelah dirinya diinterogasi selama 5 jam di Bandara Internasional Washington Dulles, AS. Pria bernama Daryoush Sarreshteh tersebut meninggal pada usia 73 tahun.

Pria Iran itu beserta istrinya tiba di bandara Dulles pada 6 November lalu sekembalinya mereka dari Tabriz, Iran untuk menemui putri dan cucu mereka. Istri Sarreshteh merupakan warga negara AS dan Sarreshteh sendiri pemegang kartu hijau (green card), namun dia tak pernah berada di AS dalam tiga tahun terakhir.

Hal inilah yang menimbulkan kecurigaan petugas Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan di bandara sehingga menginterogasi pasangan tersebut secara intens.

Menurut istri Sarreshteh, selama interogasi tersebut, banyak teriakan dan intimidasi dalam bahasa Inggris. Interogasi tersebut berlangsung lebih dari lima jam. Demikian seperti diberitakan Washington Post, Kamis (20/12/2012).

Menurut sang istri, begitu selesai diinterogasi, suaminya tampak pucat dan ketakutan. Dua hari kemudian dia mengalami serangan jantung dan meninggal pada 8 November lalu.

Keluarga Sarreshteh beranggapan, interogasi panjang dan kasar yang dilakukan para petugas telah menyebabkan kematiannya “dikarenakan lima jam stres.”

Keluarga Sarreshteh kini tengah mempertimbangkan untuk mengajukan gugatan terhadap Bea Cukai. “Ini pada dasarnya merupakan penahanan yang tidak sah,” tutur pengacara keluarga Sarreshteh, Demetrios Pikrallidas.

“Tak ada alasan untuk menahannya selama lima jam,” imbuhnya.

Pihak Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan di Dulles membantah telah memperlakukan pasangan tersebut dengan tidak semestinya. Ditegaskan bahwa interogasi tersebut sifatnya adalah rutin.

(ita/nrl)

 Komentar

 Terbaru

News30 September 2022 15:09
Serangan Hoaks Makin Masif, AMSI Gelar Training Prebunking di Manado
MANADO – Serangan hoaks selalu masih setiap menjelang Pemilihan Umum, khusus Pemilihan Presiden atau Pilpres. Mengantisipasi serangan Hoaks yan...
Kuliner30 September 2022 13:22
Kuliner Baru di Makassar, Warung Ayam Krispy Lemmak
MAKASSAR – Banyak cara untuk menikmati suasana hati dengan senang, salah satunya, bisa mencoba kuliner baru. Kuliner ini biasa di temui, namun m...
News30 September 2022 09:36
Inovasi Terbaru, Program Menu Hemat On The Go Meals GoFood
MAKASSAR – Layanan pesan-antar makanan online terkemuka di Asia Tenggara GoFood kembali menghadirkan inovasi terbaru bagi pelanggan melalui prog...
News30 September 2022 08:58
Pemilik Travel yang Fotonya Dipasang di Billboard Lapor Polisi
MAKASSAR – Pemasangan baliho dengan foto pemilik travel atau perusahaan penyelenggara perjalanan tur yang dicari konsumen di Makassar berbuntut ...