Logo Lintasterkini

Capaian Kapasitas Testing Lampaui Target WHO

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Kamis, 21 Januari 2021 23:48

Testing Covid-19.
Testing Covid-19.

JAKARTA — Kapasitas testing (pemeriksaan) Covid-19 per 10 Januari 2021, jumlah orang yang diperiksa mingguan sudah melebih standar capaian yang direkomendasikan World Health Organization (WHO). Jumlah testing ditargetkan 267 ribu orang per minggu atau 38 ribu orang per harinya.

Untuk Indonesia sendiri, jumlah pemeriksaan mingguan sudah mencapai angka 290.764 orang, atau persentasenya sebesar 107,69%. Pelaksanaan testing secara massif ini juga menjadi salah satu pemicu terdeteksinya banyak kasus positif baru.

“Banyaknya testing yang kita lakukan ini yang menyebabkan angka kasus positifnya meningkat cukup tajam, beberapa minggu terakhir. Namun, secara bersamaan ini menandakan tingkat penularan masih tinggi di masyarakat,” ungkap Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito di Gedung BNPB, Selasa (19/1/2021).

Angka testing yang sudah melebihi standar WHO, harusnya dijadikan bahan evaluasi kembali secara nasional. Pasalnya, dengan angka testing yang tinggi ini terlihat dalam grafik tidak merata secara nasional.

Terlihat bahwa ada beberapa daerah yang angka testingnya berkali-kali lipat melebihi target WHO. Namun, pada beberapa daerah lainnya, angka testing-nya masih jauh dari target WHO.

Untuk itu setiap daerah dapat menjadikan pencapaian angka testing ini sebagai acuan dalam meningkatkan pemeriksaan di daerahnya masing-masing. Wiku melanjutkan, kedepannya, kesuksesan upaya testing ini, memiliki indikator yang lebih maju, yaitu pemerataan, sekaligus memperkuat pemeriksaan pada kontak erat.

Hal ini, bertujuan agar tepat menjaring populasi yang berpotensi terpapar dengan pendeteksian dini. Dengan demikian, akan dapat dilakukan penanganan sesegera mungkin.

“Untuk itu kami meminta capaian testing dan tracing (penelusuran kontak) juga menjadi penting untuk ditingkatkan. Karena keberhasilan tracing, akan menentukan keberhasilan upaya testing dan treatment (perawatan) juga,” pungkasnya. (*)

 Komentar

 Terbaru

LPPM ITB Kalla Dorong Komitmen Kolaborasi Riset Dosen Pemula
Dunia Kampus08 Maret 2021 20:01
LPPM ITB Kalla Dorong Komitmen Kolaborasi Riset Dosen Pemula
Untuk itu, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ITB Kalla menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kapasitas Penelitian bagi Dosen Pemula ...
Dukung Ojol Day, Dirut Bantah Tarif Parkir Rp150 Ribu
News08 Maret 2021 19:58
Dukung Ojol Day, Dirut Bantah Tarif Parkir Rp150 Ribu
Sebagai pihak terkait, Haji Ilo mengaku telah berkomunikasi dengan Danny Pomanto. Membahas kesiapan regulasi pelaksanaannya....
Wali Kota Makassar Siap Berkantor Gunakan Jasa “Ojol Day” Tiap Selasa
News08 Maret 2021 17:23
Wali Kota Makassar Siap Berkantor Gunakan Jasa “Ojol Day” Tiap Selasa
Saat ini Danny Pomanto masih terus mengkaji secara teknis regulasi untuk menerapkan Ojol Day....
Kuasai Ribuan Obat Daftar “G”, Buruh Bangunan Dibekuk di Atap Rumah
Hukum & Kriminal08 Maret 2021 16:55
Kuasai Ribuan Obat Daftar “G”, Buruh Bangunan Dibekuk di Atap Rumah
Turut disita uang tunai Rp250 ribu di dalam laci lemari. Diduga merupakan hasil penjualan barang haram tersebut....