Logo Lintasterkini

MK Keluarkan Daftar Perkara Pemilu, Lima Kabupaten di Sulsel Bersengketa

Budi S
Budi S

Kamis, 21 Januari 2021 19:09

Ilustrasi/Istimewa
Ilustrasi/Istimewa

MAKASSAR – Ada lima kabupaten pelaksana Pilkada serentak 2020 di Sulsel yang saat ini masih bersengketa. Itu sesuai daftar perkara Pemilu yang teregistrasi di Mahkamah Konstitusi (MK).

Komisioner KPU Sulsel, Uslimin akui pihaknya telah menerima surat dari KPU pusat. Sekaitan dengan penetapan pasangan calon terpilih pemilihan seretank 2020. Disertai lampiran nama-nama kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada 2020 lalu.

Selain itu, juga ada surat dari MK. Terkait dengan keterangan perkara PHP-Gub/Kab/Kota tahun 2021 yang teregistrasi di MK. Berikut dengan daftar perselisihan hasil Pemilu, lengkap dengan nama paslon pemohon atau penggugat.

“Bukan draft itu, tapi surat resmi,” kata Uslimin saat LINTATERKINI menunjukkan surat itu melalui via pesan singkat WhatsApp, Kamis (21/01/2021) sore tadi.

“Tentu (surat sudah kami terima),” sambungnya.

Saat ditanya kota/kabupaten mana saja yang hasil Pemilunya bersengketa di MK, Uslimin memilih mengarahkan untuk melihat isi surat itu.

“Ada lima yang bersengketa. Itu sudah lama beredar diberita sejak 23 Desember 2020. Bahkan jauh sebelumnya lagi, yakni sejak 12 Desember 2020,” pungkasnya.

Begitu pun dengan jadwal penetapan calon kepala daerah terpilih, Uslimin kembali merujuk ke surat edaran KPU pusat tersebut. Yang kata dia, merupakan kewenangan dari KPU kota/kabupaten untuk memutuskan.

Berdasarkan surat tersebut, kelima kabupaten di Sulsel yang hasil Pilkadanya berperkara di MK, yakni Luwu Utara, Luwu Timur, Barru, Pangkep dan Bulukumba. (*)

 Komentar

 Terbaru

LPPM ITB Kalla Dorong Komitmen Kolaborasi Riset Dosen Pemula
Dunia Kampus08 Maret 2021 20:01
LPPM ITB Kalla Dorong Komitmen Kolaborasi Riset Dosen Pemula
Untuk itu, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ITB Kalla menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kapasitas Penelitian bagi Dosen Pemula ...
Dukung Ojol Day, Dirut Bantah Tarif Parkir Rp150 Ribu
News08 Maret 2021 19:58
Dukung Ojol Day, Dirut Bantah Tarif Parkir Rp150 Ribu
Sebagai pihak terkait, Haji Ilo mengaku telah berkomunikasi dengan Danny Pomanto. Membahas kesiapan regulasi pelaksanaannya....
Wali Kota Makassar Siap Berkantor Gunakan Jasa “Ojol Day” Tiap Selasa
News08 Maret 2021 17:23
Wali Kota Makassar Siap Berkantor Gunakan Jasa “Ojol Day” Tiap Selasa
Saat ini Danny Pomanto masih terus mengkaji secara teknis regulasi untuk menerapkan Ojol Day....
Kuasai Ribuan Obat Daftar “G”, Buruh Bangunan Dibekuk di Atap Rumah
Hukum & Kriminal08 Maret 2021 16:55
Kuasai Ribuan Obat Daftar “G”, Buruh Bangunan Dibekuk di Atap Rumah
Turut disita uang tunai Rp250 ribu di dalam laci lemari. Diduga merupakan hasil penjualan barang haram tersebut....