Logo Lintasterkini

JEC-Orbita @ Makassar Gelar Operasi Katarak Gratis

Muh Syukri
Muh Syukri

Minggu, 21 Februari 2021 12:39

Operasi Katarak yang dilaksanakan JEC-Orbita @ Makassar
Operasi Katarak yang dilaksanakan JEC-Orbita @ Makassar

MAKASSAR – Memperingati ulang tahunnya yang ke-20 hari ini, JEC-Orbita @ Makassar kembali memberikan tindakan operasi katarak secara cuma-cuma kepada kalangan membutuhkan. Kegiatan juga bertujuan menguatkan kesadaran masyarakat mengenai masih mengkhawatirkannya situasi katarak di Indonesia, termasuk di Sulawesi Selatan.

Tindakan operasi katarak menjadi solusi atas kondisi tersebut, termasuk di tengah pandemi COVID-19 – asalkan pelaksanaannya berlandas protokol kesehatan yang ketat dan tegas.

“Kiprah dua dekade JEC-Orbita @ Makassar ingin kami syukuri lewat selebrasi yang santun dan berdampak langsung kepada masyarakat. Karenanya, kami menggunakan momentum ini untuk melanjutkan komitmen JEC-Orbita @ Makassar membantu menurunkan risiko gangguan penglihatan dan kebutaan di Indonesia, yakni lewat pemberian operasi katarak gratis,” ujar Dr. dr. Habibah S. Muhiddin, Sp.M(K) selaku Direktur JEC-Orbita @ Makassar.

“Kami meyakini dengan memiliki mata yang sehat, maka kualitas dan produktivitas hidup yang optimal dapat tercapai. Tak terkecuali bagi para penderita katarak di Sulawesi Selatan. Mereka berhak mendapatkan mata sehat kembali, meski di tengah pandemi COVID-19 – melalui tindakan operasi katarak yang berlandas protokol kesehatan yang ketat dan tegas,” lanjutnya.

Kegiatan operasi katarak di Orbita Makassar

Aksi operasi gratis merupakan bagian dari inisiatif sosial Bakti Katarak, yang telah JEC-Orbita @ Makassar jalankan sejak 2001, dengan total penerima tindakan mencapai sekitar 600 orang dari berbagai wilayah Makassar dan Sulawesi Selatan. Beberapa tahun terakhir, jumlah penderita katarak di provinsi ini diperkirakan terus mengalami kenaikan. Catatan JEC-Orbita @ Makassar (2017-2019) menggambarkan adanya rata-rata kenaikan jumlah tindakan operasi katarak yang mencapai 146,5% per tahun. Selama pandemi COVID-19 (periode Januari-Desember 2020) saja, JEC-Orbita @ Makassar telah menangani operasi untuk 3.330 pasien katarak.

Operasi katarak gratis hari ulang tahun JEC-Orbita @ Makassar telah dilangsungkan pada Minggu (21/2) di gedung Klinik Utama Mata JEC-Orbita @ Makassar, Jl. A. P. Pettarani No.186 A-C-D, Rappocini, Makassar, dengan total penerima manfaat sebanyak 20 orang. Pembatasan kuota ini demi menjaga keselamatan para pasien dan petugas kesehatan, mengingat kegiatan berlangsung di tengah pandemi Covid-19.

Kepada para penerima, JEC-Orbita @ Makassar juga melakukan screening dan pemeriksaan praoperasi (seperti pengecekan gula darah dan HBsAG, darah rutin, foto thorax, juga tes swab antigen) serta prosedur pascaoperasi yang komprehensif hingga mereka dinyatakan sembuh sepenuhnya. Dalam menjalankan keseluruhan tahapan tersebut, JEC-Orbita @ Makassar menerapkan social dan physical distancing yang ketat sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Selain itu, peringatan juga ditandai dengan pemberian suvenir bagi pasien dan kegiatan temu wicara kesehatan mata bersama para media.

Sebagai bagian dari jaringan eye care leader, JEC Eye Hospitals and Clinics, JEC-Orbita @ Makassar menjadi sentra kesehatan mata terbesar di Sulawesi Selatan, dan hub strategis untuk kawasan Indonesia bagian timur. JEC-Orbita @ Makassar menyediakan layanan komprehensif berstandar internasional serta didukung dokter ahli mata dan tenaga medis mumpuni yang diperkuat rangkaian teknologi terkini. Standardisasi layanan yang diterapkan JEC Eye Hospitals and Clinics ke seluruh cabangnya, termasuk JEC-Orbita @ Makassar, mengacu pada ASEAN Association of Eye Hospital (AAEH) dan World Association of Eye Hospital (WAEH).

Turut menyambut hari jadi JEC-Orbita @ Makassar tahun ini, Dr. Johan A Hutauruk, SpM(K), Presiden Direktur JEC Korporat menyampaikan, pihaknya bangga dan mendukung penuh kontribusi berkelanjutan JEC-Orbita @ Makassar membantu memberantas kebutaan akibat katarak di wilayahnya. ” Terlebih saat pandemi COVID-19. Langkah ini memperkuat bukti kiprah dua puluh tahun JEC-Orbita @ Makassar kepada masyarakat Indonesia tak berhenti, tetapi akan terus berkesinambungan hingga dekade-dekade mendatang,” ujarnya. (*)

 Komentar

 Terbaru

TPP 19 OPD di Makassar Belum Cair, Termasuk Satpol PP, ini Alasannya
News26 Februari 2021 21:03
TPP 19 OPD di Makassar Belum Cair, Termasuk Satpol PP, ini Alasannya
Soal gaji ratusan pegawai kontrak lingkup Satpol PP, Rahmat menyebut, jika persediaan anggarannya sudah ada....
Arqam Azikin: DP Harus Evaluasi Kinerja dan Keuangan di Era Pj Wali Kota
News26 Februari 2021 19:04
Arqam Azikin: DP Harus Evaluasi Kinerja dan Keuangan di Era Pj Wali Kota
Selain itu, Arqam yang akrab disapa "Kaks" ini juga bilang, agar Danny-Fatma segera melakukan konsolidasi internal....
BPKA Makassar Harap Pejabat Kuasai Kendaraan Dinas Kooperatif
News26 Februari 2021 18:20
BPKA Makassar Harap Pejabat Kuasai Kendaraan Dinas Kooperatif
Dalam dua hari penertiban ini dilaksanakan, telah ditertibkan sebanyak 11 unit roda 4 (mobil)....
Danny Pomanto: Percepatan Kata Kunci Pembangunan
News26 Februari 2021 16:51
Danny Pomanto: Percepatan Kata Kunci Pembangunan
Dia lalu menegaskan akan segera memperbaiki tata kelola birokrasi untuk menciptakan pemerintahan yang bersih....