Logo Lintasterkini

Distaru Makassar Ajukan Pembahasan Lintas OPD Bangunan Serbaguna di Jalan Boulevard

Redaksi
Redaksi

Selasa, 21 Maret 2023 14:47

Kepala Distaru Makassar, Fahyuddin.
Kepala Distaru Makassar, Fahyuddin.

MAKASSAR – Dinas Penataan Ruang (Distaru) Kota Makassar telah mengajukan rencana pembahasan tingkat lanjut terhadap bangunan Sserbaguna di Jalan Boulevard.

Pembahasan akan dilakukan bersama lintas organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dengan bangunan yang ada di Kelurahan Masale itu.

Hal ini juga sebagai upaya respons Distaru Makassar atas aksi demonstrasi Lembaga Anti Korupsi Nasional (LAKIN) belum lama ini.

Kepala Distaru Makassar, Fahyuddin, mengatakan upaya penertiban akan dijalankan sebagaimana aturan dan prosedur operasional standar (POS).

Aturan itu, kata dia, merujuk pada Peraturan Wali Kota (Perwali) Makassar Nomor 25 Tahun 2014. Pada Bab V Pasal 9 dalam Perwali itu terkait teknis pembongkaran bangunan harus melibatkan OPD/instansi lain yang dianggap perlu.

“Jadi, sebelum dilakukan pembongkaran mesti kami bahas di tingkat kota,” kata Fahyuddin, Senin (20/3/2023).

Pihaknya, kata dia, sudah mengajukan penyampaian pemberitahuan itu ke tingkat kota. “Kami sudah mengajukan surat pembahasan pembangunan tersebut di tingkat kota (koordinasi lintas OPD). Saat ini kami sedang menjadwalkan untuk pembahasan pelanggaran administrasi dan teknis pada bangunan tersebut,” jelasnya.

Sejauh ini, lanjut dia, banyak upaya yang telah dilakukan timnya, di antaranya melayangkan surat pemberhentian aktivitas pembangunan di lokasi sebelumnya karena pelaksanaannya tidak sesuai dokumen Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Selain itu, teguran pertama dan kedua serta penyegelan pada bangunan tersebut saat belum terbitnya IMB pada tahun lalu.

 Komentar

 Terbaru

News25 Mei 2024 22:36
SAR Gabungan Evakuasi Pendaki Hipotermia di Gunung Bawakaraeng
MAKASSAR – Satu dari empat orang yang tengah mendaki gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa telah dievakuasi pada Sabtu (25/5) oleh tim sar gabungan...
News25 Mei 2024 21:50
Personel Sat Lantas Polres Sidrap Beri Teguran ke Pengendara yang Tidak Tertib Berlalu Lintas dengan Humanis
SIDRAP – Personel Satuan Lalu Lintas Polres Sidrap memberikan teguran dengan cara humanis saat mendapati pengemudi mobil yang melanggar aturan l...
News25 Mei 2024 10:10
KJS Gelar Workshop dan Apresiasi Jurnalis
MAKASSAR – Komunitas Jurnalis Sulsel (KJS) kembali menggelar “Workshop dan Apresiasi Jurnalis” minggu 26 Mei 2024. Dalam kegiatan in...
News25 Mei 2024 08:15
Pj Gubernur Zudan Dukung Festival Anak Sholeh Indonesia di Bantaeng
MAKASSAR – Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) XII Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan tema Santri Hebat: Hebat Prestasi, Hebat Mengaji, dan Bera...