Logo Lintasterkini

Hemat Uang dan Penuhi Kebutuhan Gizi dengan Masak Sendiri di Kos-kosan

Redaksi
Redaksi

Selasa, 21 Maret 2023 10:32

Ilustrasi.
Ilustrasi.

LintasTerkini.com – Makanan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi bagi setiap orang, terutama bagi mahasiswa kos-kosan yang membutuhkan asupan gizi yang cukup untuk menunjang aktivitas akademiknya. Namun, bagi sebagian mahasiswa kos-kosan, memasak bisa menjadi tantangan tersendiri karena terbatasnya waktu dan peralatan yang tersedia.

Oleh karena itu, menu makanan anak kos-kosan haruslah praktis, mudah dibuat, sehat, dan terjangkau. Beberapa menu yang bisa menjadi pilihan, antara lain nasi goreng, mi instan dengan telur ceplok, bubur ayam, sandwich, dan sayur bening.

1. Nasi Goreng
Nasi goreng adalah salah satu menu yang mudah dibuat dan lezat. Cukup menggunakan nasi yang telah disimpan semalam, ditambah dengan bumbu nasi goreng yang bisa dibeli di pasar atau supermarket terdekat, dan sayuran seperti wortel dan kacang polong, nasi goreng sudah siap disantap. Tambahkan telur ceplok atau ayam goreng untuk tambahan protein.

2. Mi Instan
Mi instan dengan telur ceplok juga bisa menjadi pilihan menu yang mudah dibuat dan lezat. Mi instan disajikan dengan telur ceplok yang dimasak dengan cara diorak-arik atau dijadikan omelet. Tambahkan sayuran seperti sawi hijau atau kol untuk lebih sehat.

3. Bubur Ayam
Bubur ayam adalah menu yang cocok untuk sarapan atau makan malam. Bubur ayam terbuat dari beras yang dimasak dengan kaldu ayam dan daging ayam yang dipotong kecil-kecil. Tambahkan irisan daun bawang dan bawang goreng untuk tambahan rasa.

4. Sandwich
Sandwich juga bisa menjadi pilihan menu yang praktis dan sehat. Gunakan roti gandum sebagai alasannya, kemudian beri isian seperti selai kacang atau keju, irisan tomat dan timun, dan potongan daging ayam atau telur rebus.

5. Sayur Bening
Sayur bening juga bisa menjadi menu pelengkap yang sehat dan mudah dibuat. Sayur bening terbuat dari sayuran seperti bayam, wortel, dan jagung yang dimasak dengan kaldu ayam atau ikan. Tambahkan bawang putih untuk rasa yang lebih enak.

Dengan memilih menu makanan anak kos-kosan yang praktis, mudah dibuat, sehat, dan terjangkau, mahasiswa kos-kosan dapat memenuhi kebutuhan gizi mereka tanpa perlu membuang banyak waktu atau uang. Selain itu, dengan memasak sendiri, mereka juga dapat menghemat pengeluaran dan mengurangi ketergantungan pada makanan cepat saji yang kurang sehat.

 Komentar

 Terbaru

Pemerintahan28 Mei 2024 23:51
Pemkab Banggai Kagumi Inovasi Smart City di War Room Makassar
MAKASSAR – Bupati Kabupaten Banggai, Amirudin Tamoreka, melakukan kunjungan ke War Room Pemerintah Kota Makassar untuk mempelajari penerapan kon...
News28 Mei 2024 20:17
Inspektorat Daerah Makassar Tampilkan 4 Inovasi Pengawasan di Expo Pengawasan Intern Tahun 2024
MAKASSAR – Inspektorat Daerah Kota Makassar mengikuti Expo Pengawasan Intern 2024 di Jakarta. Makassar menjadi salah satu dari 30 Pemerintah Pro...
Gaya Hidup28 Mei 2024 16:00
Bugis Waterpark Adventure Kembali Gelar Kompetisi Zumba, Pesertanya Tembus Ribuan Orang
MAKASSAR – Ribuan orang mengikuti kompetisi zumba yang terselenggarakan pada Minggu, 26 Mei 2024. Kompetisi ini digelar di Main Foodcourt Bugis ...
News28 Mei 2024 14:25
KBO Satnarkoba Polres Sidrap Beri Penyuluhan Hukum Tentang Narkoba ke Masyarakat Sereang
SIDRAP – Kaur Bin Ops (KBO) Satnarkoba Polres Sidrap IPDA Amdaryono Saputra, SH memberikan Penyuluhan Hukum tentang Narkoba kepada masyarakat di...