Logo Lintasterkini

PPDB Jalur Zonasi Mulai Hari Ini, Disdik Makassar Buka Posko Pengaduan di Setiap Sekolah

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Senin, 21 Juni 2021 13:50

Plt Kepala Dinas Pendidikan Makassar Nielma Palamba melakukan simulasi PPDB di Kantor Disdik Makassar, Sabtu (19/6/2021).
Plt Kepala Dinas Pendidikan Makassar Nielma Palamba melakukan simulasi PPDB di Kantor Disdik Makassar, Sabtu (19/6/2021).

MAKASSAR — Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur zonasi untuk SD dan SMP sudah dimulai, Senin (21/6/2021). Dinas Pendidikan (Disdik) Makassar membuka posko pengaduan.

Posko pengaduan ini untuk membantu wali calon peserta didik yang mempunyai masalah administrasi kependudukan ketika melakukan pendaftaran. Selain itu, untuk menghindari terjadinya penumpukan keluhan di sekolah dalam masa pandemi Covid-19.

“Semua sekolah sudah punya tim PPDB, di Dinas Pendidikan juga ada,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan Nielma Palamba, Senin (21/6/2021).

Nielma mengatakan sudah menyampaikan hal itu ke seluruh kepala sekolah. Menurutnya, langkah tersebut untuk mencegah terjadinya kerumunan di sekolah hingga aksi demonstrasi seperti tahun lalu.

“Kita sudah sampaikan saat rapat dengan Komisi D dan kepala sekolah. Kita sudah antisipasi agar tak terulang tahun ini,” ujar Nielma.

Nielma pun meminta wali murid memanfaatkan PPDB secara daring dengan maksimal. Seperti menyiapkan seluruh dokumen atau berkas kependudukan yang dibutuhkan saat melakukan pendaftaran.

Hal itu untuk mengurangi terjadinya interaksi langsung yang bisa memicu penularan Covid-19. Lantaran masih pandemi, Nielma meminta wali murid untuk tetap tertib dan memahami situasi yang ada saat ini.

“Kita sudah antisipasi orang tua tidak boleh ke sekolah, apa gunanya ada (pendaftaran) online? Kita sudah antisipasi supaya tidak ada interaksi,” tuturnya.

Di sisi lain, Nielma menyebut telah menyiapkan tim operator yang akan bertugas 24 jam selama proses PPDB berlangsung.

“Jadi, beberapa hari ini kita tidak ada libur. Termasuk proses PPDB berjalan. Kita bekerja 24 jam untuk melayani calon murid dan siswa baru kita yang ingin mendaftar,” tuturnya.

Ia mencatat, untuk tahun ini jumlah siswa TK yang lulus dan lanjut ke SD sebanyak 17528. Sementara yang akan diterima masuk sekolah negeri sebanyak 17466.

Sementara siswa SD yang bakal masuk ke SMP sebanyak 22.094, sementara yang akan masuk ke sekolah negeri sebanyak 12.608.(*)

 Komentar

 Terbaru

Nasional27 Juli 2021 12:45
Mendagri : Jika Kepala Daerah Turun Langsung salurkan Bansos, Masyarakat Jadi Lebih Tenang
"Daerah memiliki kapasitas untuk itu dan daerah memiliki tanggung jawab juga untuk itu, tidak hanya pemerintah pusat. Kenapa? Karena ada anggaran," uj...
Bersama Melawan Covid-1927 Juli 2021 12:03
Vaksinasi Lintas Agama Digelar Muhammadiyah dan Polda Sulsel
Vaksinasi ini menargetkan sebanyak 2.500 warga disuntik dan berdasarkan data dari pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, vaksinasi di Sulsel baru menca...
Hukum & Kriminal27 Juli 2021 11:26
Mengaku Digilir di Hotel, Wanita di Makassar Polisikan 2 Oknum Pegawai Bank BUMN
MAKASSAR– Sungguh malang nasib yang dialami seorang wanita berinisial N di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Wanita 22 tahun itu diduga ...
Hukum & Kriminal26 Juli 2021 23:52
Dalam Sepekan, Satuan ResNarkoba Polres Pinrang Ungkap Empat Kasus
PINRANG – Dalam sepekan, Satuan ResNarkoba Polres Pinrang berhasil mengungkap 4 kasus penyalahgunaan narkoba di wilayahnya. Dari pengungkapan te...