Logo Lintasterkini

Kapolda Marah Usai Pengundian Nomor Urut Cagub

Muh Syukri
Muh Syukri

Minggu, 21 Oktober 2012 07:54

Pengundian nomor cagub sulsel
Pengundian nomor cagub sulsel

MAKASSAR – Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol Mudji Waluyo berang ketika massa pendukung pasangan Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu’mang (Sayang), mengamuk usai penetapan nomor urut calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel di salah satu hotel di Makassar, Sabtu. (20/10/2012)

“Tujuan kita semua ingin menciptakan pilkada yang damai tanpa adanya gesekan dan saya harap jangan ada yang memancing dan terprovokasi oleh hal-hal seperti itu,” tegas Kapolda usai mengamankan salah satu koordinator tim pemenangan Sayang, Rahmansyah.

Rahmansyah mengaku pihaknya berang karena melihat salah seorang tim pemenangan Ilham Arif Sirajuddin-Azis Qahhar Muzakkar melakukan orasi menggunakan pengeras suara.

Padahal, sebelumnya sudah ada kesepakatan antara tim pemenangan dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan yakni tidak ada mobilisasi massa dan penggunaan pengeras suara saat pencabutan nomor urut.

“Katanya sudah ada kesepakatan tidak ada pergerakan massa besar-besaran serta tidak ada yang boleh membawa ‘sound system’, tapi yang terjadi mereka melanggar aturan yang telah disepakati. Ini sama saja memicu konflik kalau seperti ini,” kata Rahmansyah.

Ketua KPU Sulsel Jayadi Nas bersama Kapolda Irjen Pol Mudji Waluyo menanggapi reaksi dari tim pemenangan Sayang itu mengaku tidak tahu menahu karena kesepakatan untuk hal-hal seperti itu sudah dilaksanakan.

“Kami tidak tahu kalau ada seperti itu, yang jelas kami hanya menetapkan yang boleh masuk ke ruangan itu mendampingi pasangan calonnya maksimal 50 orang dan untuk yang di luar kami serahkan ke pihak pengamanan kepolisian,” kata Jayadi.

Menurutnya, jika tim pemenangan Sayang merasa keberatan itu bisa dilaporkan ke Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) karena memang itu tugasnya.

Dalam penetapan nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, pasangan Ilham Arief Sirajuddin-Azis Qahhar Muzakkar (IA) yang diusung oleh Partai Demokrat mendapatkan nomor urut 1.

Sedangkan pasangan calon patahana Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu’mang (Sayang) yang disusung Partai Golkar mendapat nomor urut 2.

Sementara pasangan calon yang diusung Partai Gerindra Andi Rudiyanto Asapa-Andi Nawir Pasinring (Garuda-Na) mendapat nomor urut 3. (ant)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal16 Mei 2022 19:19
13 Kawanan Geng Motor di Makassar Dibekuk, Bawa Panah dan Parang
Sebanyak 13 orang yang diduga anggota geng motor di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang diduga hendak melakukan tawuran diciduk aparat Polda Suls...
Hukum & Kriminal16 Mei 2022 18:40
Kasat Narkoba Sebut Arfandi Bandar, Kapolrestabes Makassar Bilang Bukan
MAKASSAR – Hanya berselang beberapa jam aparat Polrestabes Makassar kembali mengklarifikasi terkait pria bernama Muh Arfandi Ardiansyah (18) yan...
Peristiwa16 Mei 2022 18:13
Korban Lakalantas Ditemukan Meninggal di Dalam Got di Ma’rang, Pangkep
PANGKEP– Nasib malamg menimpa Amir, warga asal Desa Tabo-Tabo, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep. Ia ditemukan terbujur kaku dalam got pinggir ja...
News16 Mei 2022 07:49
40 Tahun Wafatnya Hadji Kalla dan Hj. Athirah, Masyarakat Mengenang Berbagai Keteladanan Beliau
Rangkaian acara haul ini diantaranya terdiri dari, khataman Quran, pembacaan Ayat Suci AlQuran, pembacaan surat yasin & tahlil, sambutan keluarga oleh...