Logo Lintasterkini

Vaksin Covid-19 Gratis, Ini 5 Instruksi Presiden Jokowi

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Senin, 21 Desember 2020 14:17

Presiden Joko Widodo, akan menjadi yang pertama disuntik vaksin sinovac.
Presiden Joko Widodo, akan menjadi yang pertama disuntik vaksin sinovac.

JAKARTA — Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan 5 instruksi terbaru untuk mensukseskan program vaksinasi Covid-19 secara nasional. Kabar yang cukup meggembirakan bagi seluruh masyarakat Indonesia ini ia tegaskan saat memberi keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (16/12/2020) lalu.

“Setelah menerima masukan dari masyarakat dan setelah kalkulasi ulang, melakukan penghitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis,” kata Jokowi.

Adapun 5 poin instruksi pentin yang disampaikan Presiden ini yakni:

Pertama, Presiden memerintahkan vaksin Covid-19 diberikan secara gratis, dan masyarakat tidak dikenakan biaya sama sekali.

Kedua, Presiden memerintahkan seluruh jajaran kabinet, kementerian, lembaga dan pemerintah daerah memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021.

Ketiga, Presiden memerintahkan Menteri Keuangan untuk memprioritaskan dan merelokasi anggaran lain terkait ketersediaan dan vaksinasi secara gratis. Dan Presiden menegaskan, tidak ada alasan masyarakat tidak mendapat vaksin.

Keempat, Presiden Joko Widodo akan menjadi yang pertama mendapatkan vaksin Covid-19. Tujuannya, untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman.

Kelima, Presiden meminta masyarakat terus menjalankan disiplin 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Hal itu untuk kebaikan masyarakat itu sendiri.

Diketahui, hingga saat ini pemerintah belum mengumumkan jumlah dosis yang akan disediakan dalam program vaksinasi Covid-19 maupun jenis vaksin yang akan digunakan. Informasi sebelumnya, pemerintah menargetkan akan melakukan vaksinasi kepada sekitar 182 juta penduduk untuk mencapai kekebalan kelompok.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, mengatakan program vaksinasi masih sedang disiapkan oleh pemerintah.

“Mohon menunggu penjelasan yang lebih teknis karena masih dalam tahap finalisasi. Pada prinsipnya aksesibilitas masyarakatlah yang utama,” kata Wiku Adisasmito. (*)

 Komentar

 Terbaru

Temuan Mayat Dalam Karung di Gowa, Diduga Korban Pembunuhan
Hukum & Kriminal07 Maret 2021 16:50
Temuan Mayat Dalam Karung di Gowa, Diduga Korban Pembunuhan
AKP Jufri bilang, jenazah korban kini telah berada di Rumah Sakit Kepolisian Bhayangkara Polda Sulsel untuk diautopsi....
Sejuta Tandatangan Warga Bantaeng Dukung Nurdin Abdullah
News07 Maret 2021 16:04
Sejuta Tandatangan Warga Bantaeng Dukung Nurdin Abdullah
Kendati begitu, aksi dukungan tersebut tetap menuai kontroversi dari warga net. Sebab, gerakan moral di Bantaeng itu viral di media sosial, khususnya ...
Pernah Bersaksi di Hak Angket, Jumras Dipanggil KPK “Kasus Dugaan Suap NA”
Hukum & Kriminal07 Maret 2021 14:48
Pernah Bersaksi di Hak Angket, Jumras Dipanggil KPK “Kasus Dugaan Suap NA”
Jumras, adalah mantan Kepala Biro Pembangunan Sekretariat Provinsi (Setprov) Sulsel. Pernah bersaksi di sidang Hak Angket yang bergulir di DPRD Sulsel...
Penemuan Mayat dalam Karung di Gowa, Polisi Masih Menyelidiki
Hukum & Kriminal07 Maret 2021 11:05
Penemuan Mayat dalam Karung di Gowa, Polisi Masih Menyelidiki
Informasi yang dihimpun, pihak Polsek Bontomarannu mendapatkan informasi warga terkait adanya penemuan mayat. Kapolsek Bontomarannu, Iptu Bahtiar, ber...