Logo Lintasterkini

Presiden Jokowi Resmikan MNP, Dorong Efisiensi Logistik Indonesia

Redaksi
Redaksi

Kamis, 22 Februari 2024 12:10

(Foto: BPMI Setpres)
(Foto: BPMI Setpres)

MAKASSAR – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Makassar New Port (MNP) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (22/2/2024).

Jokowi berharap kehadiran pelabuhan dengan nilai investasi Rp5,4 triliun ini dapat meningkatkan nilai efisiensi bagi biaya logistik di tanah air.

“Ini akan menjadi pelabuhan besar di Indonesia bagian timur yang kita harapkan bisa mengefisiensikan biaya-biaya logistik yang ada di Tanah Air kita,” ujarnya.

Jokowi mengingatkan persaingan antarnegara saat ini sangat ketat, baik produk-produk hasil dalam negeri maupun negara lain. Oleh karena itu, dia menekankan pentingnya efisiensi untuk memenangkan persaingan antarnegara.

“Siapa yang memiliki efisiensi yang baik, itulah yang memenangkan pertandingan, itulah yang akan memenangkan persaingan,” ungkapnya.

Jokowi menyebut biaya logistik di Indonesia masih berada di angka 24 persen pada 10 tahun yang lalu. Hal itu dikarenakan lokasi antara pelabuhan, kawasan industri, hingga pabrik-pabrik yang tidak saling terintegrasi sehingga biaya logistik menjadi tidak efisien.

Dia pun mengapresiasi biaya logistik di Indonesia yang saat ini sudah turun ke angka 14 persen. Meski masih lebih tinggi dibanding dengan negara lain, Presiden meyakini kehadiran MNP akan membantu menurunkan biaya logistik di tanah air.

“Makassar New Port ini adalah terbesar setelah Tanjung Priok. Kedalamannya 16 meter, juga termasuk pelabuhan terdalam yang sangat baik untuk bersandarnya kapal-kapal besar untuk mengangkut kontainer,” ucap Presiden.

Selain biaya logistik, Jokowi juga mengapresiasi dwelling time yang turun dari yang semula tujuh hari menjadi dibawah tiga hari. Terkait kapasitas, Makassar New Port juga memiliki kapasitas hingga 2,5 juta TEUs sehingga diharapkan dapat bersaing dengan pelabuhan-pelabuhan besar di negara lain.

“Inilah kekuatan, potensi yang terus kita perbaiki sehingga competitiveness kita, daya saing kita menjadi lebih baik dari negara-negara lain,” tuturnya.

 Komentar

 Terbaru

News04 Mei 2024 22:55
Piutang PBB Tembus Ratusan Juta, BPKPD Pinrang Lakukan Verifikasi dan Validasi Data
Piutang PBB-P2 Pinrang,Ratusan Juta Rupiah,BPKPD Pinrang,Verifikasi dan Validasi Data PINRANG — Piutang Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Pe...
News04 Mei 2024 22:36
Dikomersilkan, Ternyata Segini Harga Sewa Aula Masjid Agung Al Munawwir Pinrang
PINRANG — Persoalan biaya sewa Aula Masjid Agung Al Munawwir Kabupaten Pinrang yang selama ini dikomersilkan untuk kegiatan masyarakat umum sepe...
News04 Mei 2024 17:05
Pj Gubernur Sulsel Kunjungi Titik Banjir Terparah di Luwu, Beri Bantuan-Sampaikan Dukungan Moral
LUWU – Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, mengunjungi Kabupaten Luwu yang dilanda bencana banjir dan tanah longsor. Didampingi Pj Bupati Lu...
News04 Mei 2024 15:40
Pj Gubernur Sulsel Pastikan Evakuasi dan Distribusi Bantuan Wilayah Terisolir Banjir Luwu
LUWU – Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, bersama Bupati dan Kapolres Luwu serta unsur pemerintah bergerak cepat meninjau kondisi terkini d...