Logo Lintasterkini

Utut Adianto : Asian Games 2018 Momentum Indonesia jadi Negara Maju

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Selasa, 22 Mei 2018 02:23

Menpora Iman Nahrawi menghadiri diskusi persiapam akhir Asian Games 2018 di Indonesia.
Menpora Iman Nahrawi menghadiri diskusi persiapam akhir Asian Games 2018 di Indonesia.

JAKARTA – Persiapan Asian Games 2018 sudah mendekati babak akhir. Dalam diskusi terbuka dengan media dan para penggiat dan peminat olahraga di Kantor Staf Presiden, Gedung Bina Graha, Jakarta, Senin, (21/5/2018), Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengatakan, setiap saat dirinya memonitor perkembangan atlet yang akan bertanding.

“Kadang-kadang dengan datang secara tiba-tiba dan mendadak ke tempat pelatihan atlet. Pemerintah sekarang langsung mendistribusikan anggaran pembinaan langsung ke induk cabang olahraga,” ungkap Menpora.

Hadir juga dalam diskusi terbuka tersebut, dua atlet putri Nasional, Berliana Marsheilla dan Aprilia Manganang. Mereka berharap dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia mulai dari persiapan sampai dengan saat pertandingan nanti.

Sementara itu, Utut Adianto, Wakil Ketua DPR yang juga mantan atlet catur bergelar Grandmaster menjelaskan, kepedulian dan kesiapan Indonesia dalam Asian Games kali ini menunjukkan keberpihakan Pemerintah terhadap dunia olahraga. Itu terlihat dari alokasi anggaran yang diberikan Pemerintah untuk penyelenggaran Asian Games.

“Yang paling besar, anggaran digunakan untuk penyiapan infrastruktur,” kata Utut.

Utut menambahkan, kita semua harus membangkitkan semangat bahwa Asian Games 2018 ini adalah momentum yang membanggakan sebagai sebuah bangsa. Dengan infrastruktur yang disiapkan, Indonesia bisa sejajar dengan bangsa-bangsa maju yang lain.

“Kita lihat berbagai sarana yang disiapkan dan direnovasi. Kalau tidak ada Asian Games ini, manamungkin kita punya fasilitas olahraga yang begini hebat,” ujar Utut.

Tantangan kedepan, menurut Utut adalah bagaimana mengembangkan olahraga ini menjadi industri yang besar. Menurut dia, Indonesia mempunyai potensi untuk bergerak kesana, sehingga dapat menumbuhkan perekonomian Nasional.

Sementara itu, Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan, Eko Sulistyo menjelaskan, menjelang pesta besar Asian Games, perlu menggali kembali peran olahraga dalam konteks memperkuat semangat kebangsaan yang pernah digagas founding father Indonesia, Presiden Soekarno. Kata dia, Soekarno mencari ruang di luar politik untuk menyatukan bangsanya tanpa membedakan ideologi, politik dan kelas sosial.

“Ruang kebangsaan itu ditemukan dalam olahraga,” katanya.

Kini revolusi mental juga menjadi salah satu program yang dicanangkan Presiden Jokowi untuk memajukan dan menyejahterakan bangsa. Itulah sebabnya Presiden Jokowi sangat menginginkan Asian Games menjadi ajang olahraga besar yang didukung oleh semua elemen bangsa.

“Dengan prestasi olahraga, Bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang mulia, bangsa yang tegak berdiri sejajar dengan bangsa-bangsa maju lainnya. Karena itu, olahraga tidak dapat dipisahkan dengan tujuan menjunjung tinggi nama dan kehormatan bangsa dan negara,” tandasnya. (*/B)

Penulis : Slamet

 Komentar

 Terbaru

Bersama Melawan Covid-1930 Juli 2021 00:02
Sinergitas dengan Kampus, Kapolrestabes Makassar Ajak Mahasiswa Vaksin
Witnu juga menambahkan bahwa semoga vaksin yang disalurkan untuk mahasiswa STMIK Handayani akan mencover sehingga tidak mudah untuk terpapar pandemi c...
Hukum & Kriminal29 Juli 2021 23:48
Polda Sulsel Akhirnya Tetapkan Tersangka Kasus Dugaan Korupsi RS Batua Makassar
MAKASSAR– Kasus dugaan korupsi proyek RS Batua Makassar terus berlanjut dalam penyelidikan polisi. Kali ini, Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel ki...
News29 Juli 2021 23:09
Plt Gubernur Apresiasi Kakek 67 Tahun di Makassar yang Bersepeda Belasan Kilo demi Vaksinasi
MAKASSAR– Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menemui seorang kakek yang rela bersepeda untuk mendapatkan vaksin. Perjuangannya diapres...
News29 Juli 2021 22:53
Wali Kota Makassar Bakal Naikkan Insentif Satgas Pengangkut Jenazah Corona
MAKASSAR– Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan (Danny) Pomanto akan menaikkan insentif tim satgas pengangkut jenazah covid-19. Tingginya kasus kemati...