Logo Lintasterkini

Imam Musakkar Ingatkan Warga Cegah Sedini Mungkin Bahaya Kebakaran

Muh Syukri
Muh Syukri

Senin, 22 Mei 2023 21:23

Imam Musakkar
Imam Musakkar

MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar, Imam Musakkar, mengajak masyarakat untuk sedini mungkin lebih mengetahui bahaya dan proses terjadinya kebakaran di sekitar lingkungan.

Hal itu disampaikan Imam saat melakukan sosialisasi penyebarluasan Perda nomor 1 tahun 2022 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran di Hotel MaxOne Makassar, Jl Taman Makam Pahlawan, Senin (22/5/2023).

Imam menyampaikan, tujuan perda tersebut dilahirkan DPRD Makassar bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar untuk memudahkan masyarakat lebih mengetahui lagi cara pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

“makanya sebagai masyarakat harus mengetahui apa saja yang harus dilakukan jika terjadi api kecil baik di dalam rumah maupun di lingkungan sekitar, artinya bagaimana caranya mengevakuasi dini,” ujarnya.

Legislator PKB Makassar ini mencontohkan peristiwa beberapa Minggu lalu terbakarnya mall trans studio Makassar, dari situlah masyarakat harus mengambil pelajaran bagaimana dari api kecil menjadi bencana besar.

“Menurut informasi dari Damkar karena memang tempat di trans studio itu belum layak untuk grand opening tapi dipaksakan. Nah terjadilah peristiwa yang hanya dari api kecil sehingga menyebar menjadi api besar bahkan merembes ke sekitarnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar, I Nyoman Arya Purnabawa memaparkan bahwa secara teknis dalam mencegah terjadinya kebakaran yang besar di sebuah objek kebakaran memang perlu tindakan profesional.

“Kebakaran juga terbagi dalam beberapa kelas, misalnya bahan lunak seperti kayu, kertas, plastik dan lainnya. kemudian, ada bahan bakar. selanjutnya terjadi karena arus listrik, sedangkan yang terakhir terjadi karena logam mudah terbakar,” paparnya.

I Nyoman menjelaskan bahwa ada beberapa bahan yang bisa digunakan dalam mencegah kebakaran, bisa memakai jenis apar atau pemadam gas, bisa juga serbuk atau pasir.

“Makanya untuk mencegah kebakaran, masyarakat harus punya atau paling tidak menyediakan alat-alat pemadam kebakaran di rumah, badan usaha atau tempat umum lainnya,” jelasnya.

“Jadi kita sudah melakukan edukasi mulai dari anak TK, sekolah-sekolah, para RT RW dan masyarakat pada umumnya tentang bagaimana cara memadamkan api ketika terjadi kebakaran mulai dari hal kecil dulu,” sambungnya.

Ditempat sama, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Makassar, Ahmad Ismunandar menyampaikan di BPBD Makassar adalah sportif yang harus diutamakan bagi satgas. tugas BPBD adalah sebagai SKPD pendukung dalam assessment ketika terjadi bencana kebakaran.

“Karena keadaan darurat di masyarakat dapat terjadi kapan saja, makanya sebagai pendukung dari pemadam kebakaran kita mendata dan mengevaluasi korban bencana kebakaran untuk diungsikan ke tempat aman,” ungkapnya.

Upaya yang dilakukan BPBD Makassar juga, kata Ismunandar, adalah kebutuhan masyarakat ketika setelah terjadinya bencana di tempat mengungsi, baik itu kebutuhan dapur, pakaian dan tempat istirahat yang layak.

“Makanya kesiapsiagaan yang kita lakukan ketika ada bencana kebakaran bekerjasama dengan beberapa OPD, seperti Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, dan satuan tugas yang terlibat langsung membantu masyarakat,” pungkasnya.

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis15 Juni 2024 23:05
Pembukaan Kalla Toyota Expo, Pengunjung Membeludak Ingin Melihat Rangga
MAKASSAR – Toyota Expo by Kalla Toyota resmi dibuka. Pameran otomotif kali ini hadir dengan tema Rangga, Ekspresikan Dirimu. Event kali ini akan...
Ekonomi & Bisnis15 Juni 2024 22:57
HUT ke-54 Astra Motor Manjakan Konsumen dengan Promo Menarik
JAKARTA – Astra Motor selaku Main Dealer motor Honda berikan berbagai promosi menarik bagi konsumen setia pada perayaan hari ulang tahun (HUT) k...
Hukum & Kriminal15 Juni 2024 22:53
Kelanjutan Kasus Dugaan Pencabulan Caleg Terpilih Di Pinrang Menunggu Hasil Gelar Perkara
PINRANG — kasus dugaan pencabulan yang menyeret KA, seorang Caleg Terpilih di Kabupaten Pinrang masih terus berlanjut dan didalami penyidik Unit...
News15 Juni 2024 20:04
Lebaran Iduladha, Dishub Makassar Siapkan Rekayasa Lalu Lintas dan Ratusan Personel
MAKASSAR – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar proaktif dalam persiapan personel dan rekayasa lalu lintas dalam menghadapi perayaan Lebaran...