Logo Lintasterkini

Aksi Alumni Akabri 95 Mendunia

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Rabu, 22 Juli 2020 17:54

Aksi alumni Akabri 95 mendunia.
Aksi alumni Akabri 95 mendunia.

LINTASTERKINI.COM — Dalam rangka Hari Ulang Tahun Perak (25 tahun) alumni Akabri TNI dan Kepolisian tahun 1995 dilakukan sejumlah kegiatan sosial kemanusiaan. Kegiatan tersebut bahkan serentak di seantero dunia tempat dimana para alumni Akabri 95 tersebut bertugas.

Boleh dikatakan, aksi alumni Akabri 95 ini mendunia. Pasalnya, bukan saja dimeriahkan dalam negeri saja. Namun turut melibatkan seluruh alumni yang tersebar di beberapa negara yang sementara menjalankan tugasnya.

Tak mau ketinggalan dengan rekan-rekannya di dalam negeri, para Atase Pertahanan dan Atase Kepolisian lulusan Akabri 95 juga ikut menggelar acara syukuran dan bhakti sosial di 13 Negara tempat mereka bertugas sepanjang bulan Juli 2020. Negara-negara tersebut antara lain Philipina, Vietnam, Singapura, China, Korsel, Bangladesh, Pakistan, Iran, Saudi Arabia, Perancis, Italia, Spanyol dan Belanda.

Salah seorang Athan yang dihubungi redaksi, Kolonel Pnb Benny Arfan di Singapura mengungkapkan pada tanggal 27 Juli nanti, seluruh Alumni Akabri 95 wajib mensyukuri pengabdian yang telah berjalan 25 tahun kepada bangsa dan negara Republik Indonesia yang dicintai. Tak terkecuali bagi yang sedang bertugas di luar negeri, juga melaksanakan hal yang sama dengan rekan-rekan mereka di dalam negeri.

“Kepedulian kami atas kondisi yang terjadi akibat Pandemi Covid-19, kami bawa mendunia dengan sasaran Warga Negara Indonesia di tempat kami bertugas dan Warga lokal yang membutuhkan bantuan,” ujar Benny Arfan.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan di luar negeri antara lain di Singapura dilaksanakan pembagian bantuan sosial kepada 45 Pekerja Migran Indonesia yang bermasalah dan dilaksanakan acara syukuran bersama di Kantor KBRI.

Di Philipina dilakukan pembagian bantuan sembako kepada murid dan Guru Sekolah Indonesia di Davao (SID). Para siswa ini keturunan WNI yang tidak mampu dan tinggal di pesisir pulau yang berbatasan dengan Indonesia. Mereka tinggal di Asrama dan belajar tanpa dipungut bayaran. Diantara mereka ada yang tidak pernah dikunjungi orang tuanya bertahun-tahun.

Sedangkan, di Hanoi Vietnam, dilaksanakan syukuran dengan para Athan negara sahabat untuk meningkatkan hubungan dan kerja sama. Di China, didistribusikan bantuan sosial berupa sembako kepada 25 warga lokal yang merupakan karyawan honorer di KBRI Beijing.

Di Korea Selatan, diberikan bantuan sosial kepada 60 Pekerja Migran Indonesia dan 10 Mahasiswa/wi serta dilaksanakan acara Syukuran di KBRI Seoul bersama Staf KBRI, Siswa TNI Polri, Pekerja Migran Indonesia, Mahasiswa/wi dan Athan negara sahabat.

[NEXT]

Selanjutnya, di Bangladesh dilaksanakan kegiatan pemberian bantuan sosial kepada kepada warga negara indonesia dan warga lokal di sekitar lokasi KBRI. Dari Iran, dilaksanakan pemberian bantuan sosial berupa 240 paket sembako kepada WNI.

Aksi alumni Akabri 95.

Di Pakistan, dilaksanakan pembagian bantuan sosial berupa 212 paket sembako bagi pelajar, mahasiswa, masyarakat Indonesia dan warga lokal yang membutuhkan bantuan.

Kemudian di Saudi Arabia dilaksanakan pembagian paket sembako kepada 146 orang Pekerja Migran Indonesia yang kurang beruntung di penampungan RUHAMA (Rumah Harapan Mandiri) di Kota Riyadh. Di Perancis dilaksanakan anjangsana & pembagian sembako kepada 7 orang mantan pegawai Kantor Athan RI Paris. Dari Italia, dilaksanakan pemberian bingkisan sembako kepada kepada 50 orang ABK dan Pelajar/Mahasiswa serta dilaksanakan acara syukuran di Kantor KBRI.

Dari Spanyol, dilaksanakan acara syukuran bersama Athan negara sahabat guna mempererat hubungan. Di Belanda, dilaksanakan pemberian bantuan sosial berupa 50 paket sembako kepada Pekerja Migran Indonesia & Pegawai Harian Lepas KBRI. Juga diserahkan bantuan logistsik dan alat kesehatan kepada pelajar/mahasiswa Indonesia.

Athan RI di Perancis Kolonel Cpm M. Yusrif Guntur menyampaikan seluruh kegiatan ini yang dilaksanakan para Athan dan Atpol merupakan bagian dari kegiatan besar acara baksos reuni perak Akabri 95.

“Kami membumi dimana pun kami berada dengan peduli pada keadaan masyarakat di sekeliling kami, terutama warga negara Indonesia dan warga lokal yang butuh bantuan. Hal itu dilakukan sebagai panggilan jiwa ditengah-tengah kesibukan menjalankan tugas diplomasi Indonesia di luar Negeri,” kata Yusrif Guntur.

Sekedar informasi, kegiatan reuni perak Akabri 95 Bima Cakti secara serentak akan dilaksanakan mulai tanggal 24 sd 26 Juli 2020 di 22 wilayah di tanah air dan 12 Lokasi di luar negeri. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk donor darah dengan target 5.000 kantong darah.

Kegiatan lainnya yakni pembagian 27.795 paket, pelaksanaan rapid Ttes virus Corona, pembagian masker, pemberian bantuan alat nelayan dan alat selam, pemberian bantuan keramik bagi sekolah dan tempat ibadah, pembuatan sumur artesis, pemberian bakti almamater serta anjangsana dan pemberian tali asih bagi mantan pengasuh dan pegawai Akmil.

Adapun Tema yang diusung adalah “Dengan Semangat 25 Tahun Pengabdian Akabri 1995, Kita Mantapkan Solidaritas dan Sinergitas TNI-Polri Dalam Pengabdian Kepada Masyarakat dan Negara”. (*)

 Komentar

 Terbaru

News13 Juni 2021 12:01
7 Pasangan Remaja Digerebek Polisi Saat Mesum di Kamar Wisma
MAKASSAR– Tujuh pasangan muda mudi diciduk personel Kepolisian Sektor Manggala saat sedang asyik mesum di sebuah wisma di Kota Makassar, pada Sa...
Hukum & Kriminal13 Juni 2021 11:17
Operasi Premanisme, Polisi Tangkap 2 Dua Pemalak Parkir Liar di Sinjai
SINJAI– Operasi Premanisme dan pungli kini gencar dilakukan Kepolisian Resor (Polres) Sinjai di wilayah hukumnya. Giat Operasi Premanisme dan Pu...
Hukum & Kriminal12 Juni 2021 22:16
Polrestabes Makassar Jaring Ratusan Preman yang Kerap Palak Kendaraan
MAKASSAR– Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Makassar menjaring seratus orang preman. Para preman tersebut berkedok sebagai juru parkir l...
News12 Juni 2021 21:38
Polisi Sebut Mayat Hangus di Maros Dibunuh Sebelum Dibakar, Ada Luka Tusuk
MAROS– Polisi mengungkap fakta baru mayat pria hangus di Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel), yang sengaja dibakar hidup-hidup. Korban pun patut di...