Mahasiswa Fakultas Pertanian UIM Studi Banding di Pulau Jawa

Mahasiswa Fakultas Pertanian UIM Studi Banding di Pulau Jawa

JAKARTA – Mahasiswa Program Studi Agribisnis dan Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Islam Makassar (UIM) melakukan studi banding di beberapa daerah yang ada di pulau Jawa pada tanggal 15—20 September 2017.

Studi banding yang mengangkat tema “Membangkitkan Semangat dalam Meningkatkan Inovasi, Kualitas, Integritas dan Wawasan Mahasiswa” berlangsung di Jogyakarta, Bandung, Bogor dan Jakarta.

Ketua Program Studi Agribisnis UIM, Dr. Andi Kasirang T Baso mengungkapkan, tujuan utama dari kegiatan ini adalah melakukan pengamatan terhadap situasi kampus dan lokasi yang dikunjungi untuk selanjutnya menjadi contoh dan bahan acuan untuk perbaikan kedepan. Ia berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan kreativitas, semangat mahasiswa dalam bidang profesinya dan berwirausaha.

“Selain itu, tujuan studi banding tersebut adalah memberikan motivasi pada mahasiswa untuk meningkatkan kualitas akademiknya,” tutur Ira, yang juga Doktor di Bidang Ilmu Pertanian.

Adapun lokasi yang dikunjungi adalah kampus Institut Pertanian Bogor (IPB), kebun buah Mangunan di Bantul, Candi Borobudur serta mengikuti seminar pemuda dan pertanian berkelanjutan di LIPI.

Selain itu, mahasiswa juga diajak mengunjungi beberapa tempat yang mengelola produk-produk pertanian guna menambah wawasan mahasiswa dalam dunia perindustrian, khususnya industri yang mengelola produk-produk pertanian. (*)